Definisi

Apa itu cerebral palsy (lumpuh otak)?

Cerebral palsy (CP) atau lumpuh otak adalah kumpulan kondisi yang mempengaruhi otot dan saraf, umum terjadi pada bayi dan anak-anak. Cerebral palsy tidak diturunkan namun muncul pada awal kehidupan. Tiga jenis cerebral palsy adalah spastic (paling banyak), athetoid, dan axatic.

Seberapa umumkah cerebral palsy (lumpuh otak)?

Cerebral palsy adalah kondisi seumur hidup yang tidak memburuk, dan kebanyakan anak dengan cerebral palsy memiliki masa waktu hidup yang normal. Beberapa orang mengalami kondisi ringan dan dapat menjalani hidup dengan normal. Beberapa orang memiliki kecerdasan yang normal walau memiliki cacat fisik. Cerebral palsy umum terjadi pada bayi yang baru lahir dan anak-anak.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala cerebral palsy (lumpuh otak)?

Tanda-tanda dan gejala umum dari cerebral palsy adalah pergerakan lengan dan kaki yang abnormal, gangguan makan pada bayi, pembentukan otot yang buruk, perkembangan dalam berjalan dan berbicara yang lambat, postur tubuh yang abnormal, kejang otot, kaku pada tubuh, koordinasi tubuh yang buruk, serta mata yang juling.  Kondisi cerebral palsy dapat menjadi ringan, sedang, atau parah.

Anak-anak dengan spastic cerebral palsy memiliki kekakuan otot, dengan pergerakan yang kaku, terutama pada kaki, tangan, dan punggung.

Athetoid cerebral palsy mempengaruhi seluruh tubuh, sehingga anak-anak penderitanya akan memiliki masalah dengan keseimbangan dan koordinasi. Mereka memiliki pergerakan yang lambat, tidak terkoordinasi, dan otot yang sedikit terbentuk, membuat sulit untuk duduk dan berjalan tegak.

Kadang, anak-anak dengan cerebral palsy dapat memiliki masalah dalam belajar mendengar, melihat, atau memiliki keterbelakangan mental.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis awal dapat membantu mencegah banyak gejala dan mengendalikan penyakit ini dengan lebih baik. Jika Anda melihat adanya tanda-tanda dan gejala yang disebutkan di atas, atau masalah dengan koordinasi dan fungsi otot pada anak Anda, konsultasikan dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab celebral palsy (lumpuh otak)?

Penyebab lumpuh otak adalah cedera pada bagian otak yang mengendalikan kemampuan menggunakan otot. Cerebral berarti terkait dengan otak. Palsy berarti kelemahan atau masalah pada otot. Penyebab cerebral palsy meliputi:

  • Cedera yang terjadi selama kehamilan, saat persalinan, atau pada awal masa kanak-kanak.
  • Tidak mendapatkan oksigen yang cukup selama atau setelah persalinan
  • Infeksi rubella (campak Jerman) yang menyebar dari ibu ke bayi
  • Infeksi serius pada awal kehidupan.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk cerebral palsy (lumpuh otak)?

Ada banyak faktor risiko untuk cerebral palsy, yaitu:

  • Mengalami cedera atau infeksi selama kehamilan
  • Bayi tidak mendapatkan oksigen yang cukup dalam kandungan
  • Cedera atau infeksi pada awal masa kanak-kanak.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana mendiagnosis cerebral palsy (lumpuh otak)?

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan melihat pergerakan anak Anda. Dokter dapat meminta tes untuk mengonfirmasi cerebral palsy, dengan CT dan MRI pada otak, ultrasound, dan tes konduksi saraf.

Bagaimana cara mengobati cerebral palsy (lumpuh otak)?

Cerebral palsy tidak dapat disembuhkan, namun gejala dan kelumpuhan dapat dibantu dengan terapi fisik, terapi okupasi, konseling psikologis, dan operasi. Terapi fisik membantu anak-anak membentuk otot yang lebih kuat dan melatih keterampilan seperti berjalan, duduk, dan keseimbangan. Peralatan khusus, seperti braces dan splints, juga dapat membantu beberapa anak. Dengan terapi okupasi, anak-anak dapat melatih ketrampilan motorik halus, seperti berpakaian, makan, dan menulis. Terapi bicara dan bahasa dapat membantu ketrampilan bicara anak. Anak-anak dan keluarga dibantu dengan dukungan, edukasi khusus, dan layanan yang terkait.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi cerebral palsy (lumpuh otak)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi cerebral palsy:

  • Hindari risiko seperti rubella (campak Jerman) selama kehamilan.
  • Hubungi dokter mengenai penanganan yang dapat membantu meringankan gejala.
  • Pastikan edukasi khusus serta layanan yang terkait diberikan pada anak-anak berusia sekolah melalui sistem sekolah.
  • Miliki sikap yang positif terhadap penderita cerebral palsy.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016