home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Perlu Perawatan Mahal, Cara Alami Ini Bisa Mengencangkan Kulit

Tak Perlu Perawatan Mahal, Cara Alami Ini Bisa Mengencangkan Kulit

Semakin bertambahnya usia, kondisi kulit akan menunjukan tanda penuaan, salah satunya mengendurnya kulit. Hal tersebut merupakan proses alami yang tidak dapat diubah. Akan tetapi, bisa diperlambat dengan cara mengencangkan kulit.

Minyak alami

khasiat minyak kelapa

Untuk menjaga kekencangan kulit, ada beberapa minyak alami yang bisa Anda jadikan pilihan untuk digunakan secara rutin. Di bawah ini beragam pilihan minyaknya.

Minyak virgin coconut oil

Cara menggunakan minyak virgin coconut oil untuk mengencangkan kulit tidaklah sulit. Pertama, pijat bagian tubuh dengan gerakan melingkar dengan minyak ini. Tetap lakukan pijatan selama 10 menit.

Setelah itu, tak usah langsung dibilas, biarkan minyak meresap pada kulit tubuh Anda dalam semalam. Anda bisa menggunakan perawatan minyak ini sebelum tidur pada malam hari.

Minyak kelapa dapat menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam sehingga dapat meremajakan sel-sel kulit dan mengencangkan kulit. Minyak ini juga mengandung antioksidan tinggi untuk menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh.

Minyak zaitun

Siapa lagi yang tidak kenal dengan minyak satu ini. Minyak zaitun untuk wajah merupakan minyak yang memberikan ekstra kelembapan. Minyak zaitun juga kaya vitamin E yang mampu mengencangkan kulit.

Cara menggunakan minyak zaitun cukup mudah, yakni mirip seperti saat Anda menggunakan losion. Setelah mandi, oleskan minyak ini dan ratakan pada bagian tertentu yang Anda perlukan. Lakukan secara teratur supaya mendapat hasil maksimal.

Masker alami

Jika Anda ingin mengencangkan kulit bagian wajah, jangan lupa utuk menggunakan masker wajah alami yang bahannya bisa didapatkan di sekeliling Anda.

Misalnya, masker alami campuran putih telur dan madu ini bisa mengencangkan kulit alami Anda. Langkahnya cukup mudah:

  • Ambil putih telur dan campurkan dengan madu.
  • Oleskan masker ini langsung pada wajah Anda dan biarkan selama 5 – 10 menit.
  • Bilas dan cuci muka hingga bersih.

Putih telur mengandung banyak albumin dan dapat meningkatkan kekencangan kulit dengan baik. Sedangkan madu akan memberikan kelembapan yang diperlukan kulit yang sehat.

Selain masker alami putih telur, masker mudah lainnya juga bisa Anda buat di rumah seperti masker lidah buaya.

Anda hanya memerlukan lidah buaya asli dan mengoleskan isi di dalamnya. Aloe vera alias lidah buaya bersifat menenangkan, menyuburkan, dan mengandung banyak zat gizi penting untuk tubuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Kukreja Kushneet. 2018. 23 Effective Home Remedies for SKin Tightening. [Online] tersedia pada: https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-for-skin-tightening/#gref (Diakses 2 Oktober 2018)

https://www.livestrong.com/article/155910-the-best-natural-ways-to-tighten-skin-on-face-neck/ (Di akses on2 Oktober

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 31/03/2021
x