home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bisakah Lidah Buaya Menghilangkan Kerutan?

Bisakah Lidah Buaya Menghilangkan Kerutan?

Lidah buaya memang dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah, seperti melembapkan dan mencerahkan kulit. Akan tetapi, pernahkah Anda mendengar bahwa lidah buaya bisa menghilangkan kerutan di wajah? Berikut penjelasan lengkapnya.

Lidah buaya terbukti bantu menghilangkan kerutan di wajah

Lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit, baik wajah maupun tubuh Anda. Lidah buaya atau yang cukup dikenal dengan sebutan Aloe vera, juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kulit.

Bahan alami ini berkhasiat untuk kulit yang terkena luka bakar, terpapar sinar matahari, kulit kering, jerawat, hingga psoriasis. Bahkan, kini telah banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan lidah buaya di dalamnya.

Perlu diketahui, Aloe vera memang termasuk bahan yang diduga bisa digunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah. Sebuah penelitian dalam Journal of Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology membuktikan manfaat lidah buaya untuk kulit.

Dalam penelitian tersebut, lidah buaya terbukti dapat memperbaiki kulit, termasuk kerutan dan garis-garis halus. Ini karena di dalam lidah buaya terdapat zat sterol yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan asam hialuronat.

Kedua zat tersebut memang disebut-sebut sebagai bahan antiaging yang ampuh mencegah kerutan muncul.

Meski begitu, bukan berarti lidah buaya bisa sepenuhnya mengurangi kerutan di wajah. Jadi, alih-alih menghilangkan, lidah buaya akan lebih tepat jika disebut sebagai bahan alami yang dapat menyamarkan keberadaan kerutan.

Cara lidah buaya menghilangkan kerutan di wajah

Kerutan di wajah bisa terjadi karena beberapa hal. Begitu juga dengan lidah buaya dalam menyamarkan kerutan pada wajah. Di bawah ini penjelasan mengapa lidah buaya dapat menghilangkan kerutan di wajah Anda.

1. Lidah buaya berperan sebagai agen anti penuaan

Kerutan di wajah biasanya bagian dari proses penuaan kulit. Proses ini bisa terjadi lebih cepat dari seharusnya jika Anda sering terpapar sinar UV. Sayangnya, paparan sinar UV dapat merusak kolagen.

Sementara, kolagen berperan dalam menjaga kelenturan kulit. Jika kolagen rusak, kulit akan lebih kaku dan kering, sehingga lebih mudah mengalami kerutan.

Oleh sebab itu, lidah buaya dapat menyamarkan atau menghilangkan kerutan di wajah. Sebab, lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga kesehatan kulit lebih terjaga.

2. Lidah buaya mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan kulit

Lidah buaya mengandung vitamin C dan vitamin E yang memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel kulit.

Misalnya, vitamin C atau asam askorbat terlibat dalam pembuatan kolagen sintetis yang merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan kulit. Sementara, vitamin E yaitu antioksidan alami yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

Kedua jenis vitamin yang terdapat di dalam lidah buaya ini memang berperan dalam menjaga kesehatan kulit, sehingga membantu menghilangkan atau menyamarkan kerutan di wajah.

3. Lidah buaya meningkatkan elastisitas kulit

Lidah buaya juga dipercaya dapat memberikan efek kelembapan pada kulit Anda. Hal ini didukung dengan kemampuan lidah buaya dalam menghasilkan kolagen.

Kolagen berperan penting dalam menjaga elastisitas atau kelenturan kulit. Selain itu, kolagen juga bisa diproduksi pada kulit pecah-pecah hingga kembali menyatu dan menjadi lebih halus.

Di samping itu, lidah buaya mengandung mineral seng yang memiliki peran penting dalam mengecilkan dan merapatkan pori-pori. Dengan begitu, struktur kulit akan lebih halus sehingga kulit bisa lebih elastis dan kerutan di wajah bisa tersamarkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 6 Ways Aloe Vera Help with Wrinkles Keeps Your Skin Young!. Retrieved 9 October 2019, from https://healthyy.net/superfoods/can-aloe-vera-help-in-case-of-wrinkles

Tanaka, M., Misawa, E., Yamauchi, K., Abe, F., & Ishizaki, C. (2015). Effects of plant sterols derived from Aloe vera gel on human dermal fibroblasts in vitro and on skin condition in Japanese women Clinical, cosmetic and investigational dermatology8, 95–104. doi:10.2147/CCID.S75441

Nunez, K. (2019). Aloe Vera for Wrinkles: Can It Help Get Rid of Fine Lines?. Retrieved 9 October 2019, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-wrinkles#does-it-work

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 22/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x