home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Keunggulan Masker Wajah dari Bahan Alami yang Bisa Anda Gunakan

Keunggulan Masker Wajah dari Bahan Alami yang Bisa Anda Gunakan

Masker wajah mungkin merupakan produk skincare yang paling beragam di pasaran. Namun, selain pilihan produk yang sudah ada, Anda pun sebenarnya bisa membuat masker wajah alami dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Apa keunggulan masker wajah alami?

memilih masker wajah

Produk skincare alami memang punya daya tarik tersendiri. Mungkin ini pula alasan mengapa melakukan scrubbing serta memakai pelembap dan masker dari bahan alami seakan tidak pernah kehilangan penggemarnya.

Banyak orang memilih perawatan medis atau spa demi mendapatkan kulit sehat dan cantik. Metode ini memang sangat ampuh dan memakan waktu lebih singkat, tapi tak bisa dipungkiri, biaya yang perlu Anda keluarkan setiap perawatan tentu cukup besar.

Penggunaan produk alami seperti masker mungkin tidak memberikan hasil secepat perawatan medis atau spa. Meski begitu, bahan-bahan alami yang Anda gunakan bisa memberikan manfaat dasar bagi kulit.

Kadar air yang tinggi pada produk masker dari bahan alami dapat melembapkan dan meremajakan kulit. Kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lain di dalamnya pun akan menembus kulit, mencukupi kebutuhan kulit Anda untuk melakukan pembelahan sel-sel baru.

Beberapa bahan alami yang digunakan dalam masker juga mengandung butiran yang bekerja seperti scrub. Butiran lebih besar dapat melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati pada permukaan, sedangkan butiran lebih kecil membersihkan pori-pori kulit.

Secara keseluruhan, masker wajah alami dapat membersihkan kulit, mengencangkan pori-pori, menghilangkan sel-sel kulit mati, serta melembutkan dan mencerahkan kulit. Ini merupakan beragam manfaat yang Anda dapatkan dari perawatan rutin di spa.

Bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker wajah

Anda dapat membuat masker alami dari beragam bahan, mulai dari buah-buahan, bulir biji utuh, hingga bumbu yang biasa digunakan sebagai penyedap. Akan tetapi, berikut adalah bahan-bahan yang paling umum digunakan.

1. Masker cokelat

scrub masker perawatan kulit kopi cokelat

Selain enak disantap, cokelat ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan utama masker untuk perawatan anti-aging. Menurut sebuah studi dari Journal of Nursing and Health Science, cokelat kaya akan antioksidan, terutama untuk cokelat hitam (dark chocolate).

Salah satu kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya adalah flavonoid. Zat ini bisa mengurangi risiko peradangan pada kulit. Itu sebabnya cokelat bisa digunakan sebagai masker alami sebagai perawatan anti-aging.

Berikut adalah cara membuat masker wajah dari cokelat untuk masker anti-aging.

Bahan yang diperlukan:

  • 2 sdm bubuk cokelat
  • 1 sdm yogurt
  • 1 sdt madu mentah

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan yang ada dan aduk hingga membentuk pasta.
  • Oleskan masker cokelat pisang ke wajah dan leher.
  • Tunggu selama 10 – 20 menit dan bersihkan masker dengan air.

https://wp.hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-masker-kopi/

2. Masker beras

minum air beras

Air beras ternyata cukup terkenal dalam produk anti-aging karena mengandung antioksidan, terutama flavonoid dan asam fitat. Keduanya sering ditemukan dalam produk skincare industri kosmetik.

Membuat masker beras pun tidak terlalu merepotkan karena Anda bisa mendapatkan bahannya dengan mudah.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir air beras
  • Handuk kertas (untuk membuat sheet mask)

Cara membuat:

  • Siapkan cangkir air beras dan rendam handuk kertas yang sudah diberikan lubang untuk mata, hidung, dan mulut.
  • Rendam handuk selama 10 menit.
  • Angkat dan peras handuk dengan pelan.
  • Letakkan handuk pada wajah Anda selama 15 – 30 menit.
  • Lepaskan dan bilas wajah Anda hingga bersih.

3. Lidah buaya

Gel lidah buaya adalah pelembap alami yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit lebih elastis. Selain itu, masker lidah buaya juga melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menjadi penyebab keriput di wajah.

Cara membuat masker lidah buaya untuk wajah cukup mudah. Cukup sediakan 2 sendok makan ekstrak lidah buah dan beberapa tetes perasan lemon.

Cara membuatnya:

  • Tambahkan air lemon ke ekstrak lidah buaya dan aduk hingga rata.
  • Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 10 menit sampai masker mengering.
  • Bilas wajah dengan air bersih.

4. Masker kunyit

obat maag alami

Kandungan kurkumin dalam masker alami ini bersifat antioksidan sehingga dapat melindungi wajah dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas diketahui dapat berperan dalam proses penuaan kulit.

Bahan:

  • 1 sdm bubuk kunyit
  • 3 sdt air mawar

Cara membuatnya:

  • Siapkan mangkuk atau wadah dan masukkan bubuk kunyit ke dalamnya.
  • Tuangkan air mawar ke dalam wadah tersebut dan aduk hingga menjadi pasta.
  • Oleskan masker kunyit yang sudah jadi pada wajah dan leher Anda.
  • Diamkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan menepuk wajah Anda.

5. Lemon

lemon dan madu

Air perasan lemon sangat efektif dalam memecahkan masalah kulit berminyak. Sari lemon kaya dengan vitamin C yang berguna untuk kulit berminyak, seperti membuat kulit bebas dari minyak, kotoran, dan debu, sekaligus memutihkan kulit.

Anda dapat mengoleskan air perasan lemon secara langsung pada kulit wajah atau mencampurnya dengan bahan lain. Untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo, Anda dapat menambahkan putih telur dengan sari lemon.

Aduk 2 putih telur dengan menambahkan satu sendok sari lemon, lalu aduk hingga mengembang. Oleskan campuran ini ke wajah, tunggu 10-20 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat.

6. Tomat

Masker buah seperti tomat berguna untuk wajah berminyak karena dapat membantu melarutkan kelebihan minyak dan mengurangi ukuran pori-pori. Tomat juga menjadi pilihan sempurna dalam rangkaian skincare kulit kombinasi.

Selain mengoleskan tomat secara langsung, Anda bisa mencampur tomat dengan tepung kentang untuk membuat masker alami. Kupas tomat dan pisahkan dagingnya, lalu campurkan dengan dua sendok teh tepung kentang untuk membentuk pasta.

Tambahkan lagi tepung jika terlalu encer. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan. Sama seperti lemon, tomat juga mengandung asam yang baik untuk membersihkan kulit dari minyak.

Hal yang perlu diperhatikan saat memakai masker wajah alami

pakai masker wajah setiap hari

Seperti produk dalam rangkaian skincare pada umumnya, manfaat masker wajah alami pun akan lebih optimal bila digunakan dengan cara yang tepat. Penggunaan yang tepat mencakup kandungan bahan sesuai tipe kulit serta waktu penggunaan masker.

Berikut sejumlah yang perlu Anda perhatikan.

1. Memastikan kulit bersih dan lembap

Kulit yang bersih dan lembap dapat menyerap kandungan produk skincare dengan lebih baik. Maka dari itu, jangan lupa membersihkan wajah Anda dengan sabun muka sebelum menggunakan masker alami.

2. Tidak buru-buru membilas masker

Masker wajah alami perlu waktu sedikit lebih lama untuk sepenuhnya menyerap ke dalam kulit. Setelah mengoleskan masker, biarkan selama 10-30 menit hingga masker agar kering. Namun, jangan pula membiarkannya terlalu lama untuk mencegah iritasi.

3. Menutup kembali pori-pori

Pori-pori akan terbuka ketika Anda mencuci muka dan menggunakan masker. Jangan biarkan pori-pori membuka terlalu lama karena hal ini dapat menyebabkan masuknya kotoran. Segera basuh wajah Anda dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori.

4. Menggunakan moisturizer

Anda tetap tak boleh melewatkan pemakaian produk moisturizer sekalipun masker alami membuat wajah Anda lembap. Setelah membilas masker dan mengeringkannya dengan handuk lembut, segera oleskan moisturizer pada wajah Anda secara merata.

5. Tidak menggunakan masker secara berlebihan

Pemakaian masker secara berlebihan justru dapat mengiritasi kulit wajah. Tergantung tipe kulit dan kebutuhannya, pemakaian masker alami sebaiknya berkisar antara 1 – 3 kali dalam seminggu. Selain itu, jangan pula memakai masker semalaman.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Singh, Shruti, and Sunita Mishra. (2013). “Aging And Nutrition: A Review Article“. IOSR Journal Of Nursing And Health Science, vol 1, no. 4, 2013, pp. 43-47.

Scapagnini, G., Davinelli, S., Di Renzo, L., De Lorenzo, A., Olarte, H. H., Micali, G., Cicero, A. F., & Gonzalez, S. (2014). Cocoa bioactive compounds: significance and potential for the maintenance of skin health. Nutrients, 6(8), 3202–3213.

Marto, J., Neves, Â., Gonçalves, L.M., Pinto, P., Almeida, C., & Simões, S. (2018). Rice Water: A Traditional Ingredient with Anti-Aging Efficacy. Cosmetics, 5, 26.

Using Aloe Vera Has Multiple Benefits. (2020). Retrieved 6 November 2020, from https://www.bcm.edu/news/skin-and-hair/benefits-of-using-aloe-vera

Vaughn, A. R., Branum, A., & Sivamani, R. K. (2016). Effects of Turmeric (Curcuma longa) on Skin Health: A Systematic Review of the Clinical Evidence. Phytotherapy research : PTR, 30(8), 1243–1264.

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi pada 09/12/2020
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x