Cara Memilih Klinik Kecantikan untuk Perawatan Kulit Terbaik

    Cara Memilih Klinik Kecantikan untuk Perawatan Kulit Terbaik

    Cara memilih klinik kecantikan penting untuk diketahui. Saat pergi ke klinik kecantikan, Anda seharusnya mendapatkan pelayanan terbaik dan aman. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari efek samping berbahaya dari prosedur perawatan kulit.

    Apa saja hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan klinik yang tepat?

    Tips memilih klinik kecantikan

    Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan.

    1. Periksa rekam jejak klinik

    Setiap memutuskan berobat ke suatu tempat, Anda perlu mencari tahu soal pelayanan dan prosedur medis klinik tersebut di internet. Anda bisa membuka situs BPOM dan KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit).

    Pastikan klinik mempunyai izin resmi. Klinik yang memiliki banyak cabang juga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih.

    Bila tidak ada sertifikat yang menandakan bahwa klinik itu resmi dan terpercaya, cobalah untuk mencari klinik lain.

    Langkah awal dalam memilih klinik kecantikan juga bisa dilakukan dengan menulusuri forum dunia maya yang membahas ulasan perawatan di dokter kulit.

    Carilah nama klinik yang diinginkan. Anda akan menemukan banyak pasien yang menceritakan pengalamannya berobat di sana.

    Selain dari ulasan di dunia maya, Anda mungkin bisa mendengar ulasan pelayanan klinik yang hendak Anda tuju dari teman, keluarga, atau orang terdekat.

    2. Cari tahu perawatan yang ingin dilakukan

    chemical peeling adalah

    Memilih klinik kecantikan dengan mencari tahu prosedur yang Anda butuhkan adalah cara yang tak boleh terlewatkan. Pasalnya, tidak semua klinik kecantikan punya prosedur perawatan yang lengkap.

    Umumnya, klinik hanya punya perawatan untuk facial, mikrodermabrasi, chemical peeling, dan botoks.

    Perawatan tersebut berguna untuk menghilangkan bekas luka, mengatasi kulit kusam, hingga garis-garis halus di wajah.

    Jika Anda ingin melakukan perawatan menghilangkan bekas jerawat, Anda butuh prosedur laser.

    Jika ingin membentuk rahang atau bahkan mengubah bentuk wajah, pilih klinik kecantikan atau sekalian saja memilih perawatan di rumah sakit dengan peralatan yang lebih memadai.

    3. Periksa kondisi klinik

    Sebelum memilih klinik kecantikan langganan, Anda harus periksa kondisi dan pelayanan kliniknya dengan cara yang lebih detail.

    Klinik yang bagus pasti punya standar pelayanan yang baik. Sebelum ke lokasinya secara langsung, Anda bisa menanyakan beberapa hal terkait prosedur via telepon.

    Perhatikan sikap resepsionis atau terapis. Amati bagaimana cara resepsionis atau terapis yang melayani dan menjawab pertanyaan Anda.

    Jika sudah cukup yakin, cobalah untuk cek atau konsultasi sekali dengan dokter kulit. Saat berkonsultasi, perhatikan ruang pemeriksaannya.

    Klinik kecantikan yang bagus umumnya punya ruangan bersih, cahaya yang terang (tidak redup), dan peralatan kecantikan yang memadai.

    Bila Anda mencoba melakukan perawatan ringan seperti facial atau masker, lihat apakah alat yang digunakan cukup lengkap dan steril atau tidak.

    4. Pastikan setiap perawatan wajah harus sesuai prosedur

    mesoterapi adalah

    Selanjutnya, cara memilih klinik yang terpercaya adalah dengan mencoba salah satu perawatan kecantikan yang tersedia.

    Ada baiknya Anda mencoba prosedur yang tidak terlalu berisiko. Jika ingin menjajal perawatan yang cukup kompleks, Anda sebaiknya memahami tahapan perawatannya.

    Bila Anda ingin melakukan perawatan microneedling, umumnya Anda harus melakukan beberapa prosedur.

    Sebelum memulai prosedur, dokter akan melakukan bius lokal di wajah Anda. Setelah itu, dokter akan menggunakan jarum-jarum halus yang ditusukkan ke kulit.

    Luka-luka kecil pada kulit wajah Anda kemudian akan merangsang produksi dari elastin dan kolagen yang membantu penyembuhan luka dan membuat wajah lebih muda.

    Penting untuk menggali informasi sebanyak mungkin tentang prosedur perawatan. Anda juga bisa menanyakan prosedur perawatan saat konsultasi.

    5. Pilih dokter terapis yang kredibel

    Dalam memilih klinik kecantikan, Anda tentu harus memperhatikan tenaga kesehatan yang bertugas.

    Memang ada beberapa tindakan yang dikerjakan terapis kecantikan. Hanya saja, terapis biasanya hanya melakukan tugasnya berdasarkan arahan dokter kulit.

    Mengutip Esthetician Edu, terapis atau ahli kecantikan hanya bertanggung jawab untuk merawat wajah dan tubuh guna memperbaiki penampilan kulit secara umum.

    Mereka mungkin bisa medeteksi dini masalah kulit. Namun, terapis akan merujuk dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan secara medis.

    Klinik kecantikan yang terpercaya juga akan menampilkan profil dokter.

    Hal ini akan mempermudah Anda untuk mencari tahu rekam jejanya di dunia kecantikan. Anda pun bisa mengecek status dokter melalui situs resmi Konsil Kedokteran Indonesia.

    6. Jangan tergiur harga murah

    Perawatan kecantikan sekarang seolah sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Tak jarang, banyak oknum-oknum nakal yang ingin meraup untung dari industri kecantikan.

    Untuk itu, ketika memilih klinik kecantikan, Anda perlu membandingkan harga di pasaran untuk prosedur perawatan kecantikan yang dibutuhkan.

    Setelah itu, barulah Anda boleh mempertimbangkan harga diskon atau harga murah perawatan.

    Jika harga perawatan kulit di klinik kecantikan justru jauh lebih murah daripada harga secara umum, Anda perlu pikir dua kali. Ada kemungkinan perawatan yang diberikan tidak sesuai standar.

    Cara memilih klinik kecantikan harus dilakukan dengan hati-hati. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan hasil perawatan kulit terbaik dan tentunya tidak berisiko.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Esthetician Edu. (2021). Retrieved 8 December 2021, from https://www.estheticianedu.org/careers/

    What is a dermatologist?. (2021). Retrieved 8 December 2021, from https://www.aad.org/public/fad/what-is-a-derm

    Marsa, L. (2021). How to Choose the Best Hospital. Retrieved 8 December 2021, from https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2017/choose-a-hospital-surgeries.html

    Practitioner Licensing Investigations Section. (2021). Retrieved 8 December 2021, from https://portal.ct.gov/DPH/Practitioner-Licensing–Investigations/PLIS/Practitioner-Licensing–Investigations-Section

    How to choose a clinic – 10 steps — Dr Cormac – Aesthetic Medicine. (2015). Retrieved 8 December 2021, from https://www.dr-cormac.com/blog/2015/12/6/how-to-choose-a-clinic-10-steps-1

    Do you need a dermatologist?. (2018). Retrieved 8 December 2021, from https://www.netdoctor.co.uk/beauty/skincare/a26898/how-to-choose-a-dermatologist-and-know-when-you-need-one/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui Dec 16, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro