7 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kulit Wajah Cepat Keriput

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 September 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Kulit keriput adalah bagian dari proses penuaan. Kerutan-kerutan di wajah akan muncul dan membentuk keriput di kulit Anda. Selain penuaan, ada lagi penyebab kulit keriput yang tidak disadari disebabkan karena kebiasaan sehari-hari. Apa saja kebiasan yang menjadi penyebab kulit keriput?

Kebiasaan kecil yang menjadi penyebab kulit keriput

1. Mengunyah permen karet

mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat menjadi penyebab kulit keriput di bagian bawah mulut, sekaligus juga dapat mengakibatkan masalah pada struktur mulut. Mengonsumsi permen karet dengan kandungan gula yang tinggi juga dapat menyebabkan risiko diabetes.

2. Mengorek dan memencet jerawat

urine untuk jerawat

Bagi Anda yang suka mengorek jerawat, yuk, segera hentikan kebiasaan ini. Biarkan jerawat Anda hilang menggunakan obat jerawat, treatment ke dokter, atau diamkan saja sampai membaik sendiri. Mengorek atau memencet kulit Anda yang berjerawat akan menyebabkan kerusakan, iritasi, luka, dan kerutan.

3. Menarik kulit saat menggunakan make up

makeup remover

Menarik atau menggosok kulit wajah saat dirias bisa menyebabkan munculnya kerutan. Kenakan makeup tanpa harus menarik kulit wajah seperti bagian pinggir mata, mulut, maupun alis saat sedang mengaplikasikan makeup. Menggerakkan wajah Anda untuk membantu makeup jadi lebih pas diaplikasikan ke wajah boleh-boleh saja, asalkan jangan menarik kulit sampai terlihat datar.

4. Minum minuman manis, beralkohol dan bersoda

minuman energi saat hamil

Beberapa penelitian menyatakan bahwa minum minuman bersoda (yang biasanya mengandung gula dalam jumlah banyak) akan berdampak buruk pada kulit Anda.  Pasalnya kandungan glycation dalam minuman manis dapat menyebabkan kolagen di dalam kulit menjadi lebih rapuh. Kekenyalan dan kekencangan kulit Anda pun bisa menurun, sehingga wajah jadi mudah muncul kerutan.

Selain minuman bersoda, alkohol juga tak baik untuk kulit karena dapat meningkatkan kebocoran pada pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan kulit Anda mengendur atau terlihat lembek. Alkohol juga dapat membuat Anda dehidrasi serta membuat kerutan akan lebih terlihat.

5. Kurang mengonsumsi lemak sehat

memasak salmon

Lemak baik, seperti asam lemak omega-3 dari ikan dapat membantu mencegah berbagai sakit kronis seperti sakit jantung dan diabetes. Selain itu, lemak pada ikan dapat memperbaharui sel membran yang dapat membantu mempertahankan kadar air pada kulit agar ternutrisi dan terasa lembab dan halus. Selain ikan, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi asam lemak omega-2 melalui kacang-kacangan seperti kacang almond dan kenari.

6. Tidak pakai kacamata hitam

kacamata hitam untuk kesehatan mata

Untuk mencegah keriput dan radiasi sinar matahari, penting untuk  memakai sunblock serta pelembap setiap hari. Selain itu, tahukah Anda kacamata hitam yang biasa digunakan untuk mencegah silau juga dapat membantu Anda terhindar dari kerutan di sekitar mata?

Ya, sering memicingkan mata karena menahan silau akan membuat sudut mata Anda keriput. Pastikan Anda memakai kacamata yang memiliki filter UV untuk menjaga mata Anda dari sinar matahari yang dapat merusak kulit di sekitar mata Anda.

7. Minum pakai sedotan

minum pakai sedotan

Sedotan mungkin membantu Anda untuk menghindari noda di gigi, tetapi hal ini justru juga bisa menjadi penyebab kulit keriput di bagian mulut. Menyedot terus-menerus dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan garis kerut di sekitar mulut. Cobalah minum langsung dari kaleng atau botolnya jika memungkinkan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penuaan

Setiap orang akan mengalami penuaan. Gaya hidup dan riwayat kesehatan membuat orang bisa mengalami penuaan lebih dini. Apa saja tandanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Lansia 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Es batu tidak hanya menyegarkan tubuh saat diminum, namun es batu untuk wajah banyak manfaatnya. Es batu dapat mengatasi masalah pada kulit wajah Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Banyak yang menyangka penyebab selulit adalah tumpukan lemak di tubuh, namun ini ternyata kurang tepat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan selulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Heloma

Heloma adalah lapisan kulit yang menebal dan terbentuk saat kulit sering berada di bawah tekanan. Biasanya muncul pada kaki dan tangan. SImak info selengkapnya Hanya di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 2 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab bulu mata rontok

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit