backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

10 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Bahan Alami

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 30/08/2023

10 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Bahan Alami

Selain pakai produk skincare, ada cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami yang terjangkau dan mudah Anda temukan. Perawatan alami secara rutin bisa menjaga kelembapan dan hidrasi kulit. Apa saja bahan alami yang bisa Anda manfaatkan?

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan bahan alami

Kulit wajah yang terlalu kering membuat permukaan kulit menjadi kasar, kulit berubah kusam, dan sering kali kulit mengelupas.

Nah, penggunaan bahan-bahan alami bisa membantu meningkatkan kelembapan dan menjaga hidrasi kulit. Cara ini juga bisa menjadi alternatif untuk pemilik kulit kering yang sering tidak cocok dengan produk skincare.

Nanun, Anda perlu mengetahui jenis bahan alami yang sesuai dengan masalah kulit kering yang Anda alami.

1. Minyak zaitun

Olive oil alias minyak zaitun mengandung banyak antioksidan serta vitamin E yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin E dapat membantu menutrisi kulit wajah sekaligus melembapkan kulit wajah yang kering dan kasar.

Sementara itu, antioksidan dapat membantu untuk melindungi kulit dari paparan debu dan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit kering. 

Cara pakai

Untuk mencegah kulit kering, oleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap yang biasa Anda pakai. 

Gosok minyak zaitun pada area kulit kering, kemudian pijat perlahan. Setelah itu, bilas wajah Anda dan aplikasikan produk pelembap.

2. Susu

susu organik

Sebuah studi dalam Journal Clinical Aesthetic Dermatology memaparkan bahwa kandungan asam laktat pada susu dapat membantu menghidrasi kulit, sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati.

Selain itu, menggunakan susu sebagai perawatan wajah juga dinilai aman, terutama untuk kulit sensitif serta untuk ibu hamil dan menyusui.

Cara pakai

Celupkan kain lap bersih ke dalam susu dingin dan usapkan pada kulit selama 5 hingga 7 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat.

Dengan cara ini, kulit Anda akan mendapat pelembap alami. Lakukanlah langkah ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Madu

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan mengoleskan madu. 

Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas akibat sinar UV dan polusi yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Cara pakai

Anda bisa menggunakan madu untuk perawatan kulit sebelum mandi. Oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah. Setelah itu, biarkan selama 5 – 10 menit.

Ulangi setiap hari untuk merasakan manfaat madu untuk kulit kering.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak alami yang bagus untuk perawatan kulit kering. Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang memiliki sifat emolien.

Emolien adalah lemak atau minyak yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Minyak ini mampu mengisi celah-celah pada kulit yang kering, sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembap.

Cara pakai

Balurkan minyak kelapa murni ke bagian tubuh yang kering sebelum tidur. Bersihkan kulit di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk membuat kulit Anda halus dan lembut.

Gunakan juga minyak kelapa pada kulit kering Anda setelah mandi. Kondisi kulit yang masih hangat dan kenyal setelah mandi dapat membuat minyak kelapa lebih mudah meresap.

5. Oatmeal

Penggunaan oatmeal untuk perawatan kulit merupakan salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dengan bahan alami.  

Pasalnya, oatmeal memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu mengatasi peradangan pada kulit. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga membantu merawat kulit kering dan kasar. 

Cara pakai

Anda dapat mencampurkan satu sendok makan oat dengan satu sendok makan madu. Kemudian, campur kedua bahan tersebut dalam mangkuk kecil.

Setelah tercampur merata, oleskan oatmeal pada wajah sebagai masker. Diamkan kurang lebih 15 – 20 menit dan bilas hingga bersih. 

6. Minyak almon

Minyak almon telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi permasalahan kulit kering, seperti psoriasis dan eksim.

Hal ini karena minyak almon memiliki sifat emolien yang bermanfaat untuk melembapkan kulit serta mengatasi masalah kulit kering. 

Cara pakai

Oleskan minyak almon ke wajah dengan menggunakan ujung jari untuk memijat lembut area kulit agar minyak meresap sempurna.

Selanjutnya, bilas sisa minyak dengan menggunakan air bersih. Hindari menggosok kulit terlalu keras karena hal ini dapat menyebabkan iritasi. 

7. Mentimun

makan timun saat hamil

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan mentimun.

Mentimun merupakan sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga sayuran satu ini bisa bermanfaat untuk mencegah kulit dehidrasi

Cara pakai

Cara menggunakan timun untuk perawatan kulit sangat mudah. Anda bisa memanfaatkannya sebagai masker wajah.

Siapkan timun secukupnya. Kemudian, tumbuk timun hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada kulit secara merata. 

8. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan air yang cukup tinggi untuk membantu melembapkan kulit wajah yang kering. 

Selain itu, kandungan asam laktat di dalam yoghurt mampu untuk mengelupas sel kulit mati dan meningkatkan elastisitas kulit Anda. 

Cara pakai

Siapkan 4 sendok makan yoghurt tawar, 1 sendok makan gula dan 1 sendok makan madu. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata.

Selanjutnya, oleskan pada wajah Anda dan diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih.

9. Lidah buaya

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan lidah buaya.

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu mengatasi kulit kering, gatal, iritasi, dan mencegah kulit pecah-pecah.

Selain itu, lidah buaya dapat berperan dalam menciptakan lapisan perlindungan alami kulit, sehingga kelembapan kulit dapat terus terjaga.

Cara pakai

Potong dan belah lidah buaya segar, lalu keluarkan gelnya. Kemudian, oleskan gelnya ke kulit kering Anda.

Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan lakukan 2 kali sehari untuk mengembalikan kelembutan alami kulit.

Penggunaan lidah buaya

Bagi sebagian orang, menggunakan lidah buaya untuk perawatan wajah dapat menimbulkan reaksi alergi. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan uji coba pada kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai masker wajah.

10.  Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk kulit kering karena memiliki kandungan vitamin E serta antioksidan yang tinggi. Keduanya membantu menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, mengoleskan teh hijau diketahui mampu mengunci kandungan air di kulit serta membuat kulit lembut dan kenyal. 

Cara pakai

Buatlah masker teh hijau. Siapkan 1 sendok makan teh hijau kering atau bubuk, dengan 1 sendok makan yoghurt dan madu.

Campur semua bahan dan oleskan merata pada wajah dan tunggu hingga 10-15 menit. Setelah itu, bilas masker dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk membantu merawat kulit wajah Anda.

Meskipun bahan alami umumnya aman untuk kulit, ada kandungan tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi bagi sebagian orang.

Segera konsultasikan dengan dokter apabila Anda mengalami gejala alergi seperti gatal, ruam, atau kemerahan pada kulit.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 30/08/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan