Beragam Ciri-Ciri Penyakit Kulit yang Gampang Dikenali

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Penyakit kulit termasuk masalah kesehatan yang mudah diketahui kemunculannya. Terlepas dari apa pun jenisnya, penyakit kulit biasa menunjukkan gejala yang khas dan kasat mata. Agar mudah mengenalinya, berikut berbagai gejala penyakit kulit yang paling sering muncul.

Ciri-ciri penyakit kulit

Setiap jenis penyakit kulit tentu memiliki ciri-ciri yang membedakan antara satu dan lainnya. Namun, ada beberapa gejala yang umumnya dapat menjadi pertanda adanya penyakit kulit yang sedang diderita. Berikut berbagai gejala dan penjelasannya.

1. Pustula

obat bisul alami adalah

Munculnya pustula di kulit adalah gejala penyakit kulit yang cukup umum. Pustula merupakan benjolan kecil berisi nanah. Benjolan ini terlihat berwarna putih atau kuning di tengah dengan pinggiran yang berwarna merah.

Benjolan bernanah ini dapat mengindikasikan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau virus. Namun, ada pula beberapa kondisinya yang disebabkan oleh penyakit peradangan kulit. Salah satunya adalah bisul.

Benjolan bisul yang mengandung nanah muncul sebagai hasil infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini masuk dan menginfeksi folikel rambut hingga akhirnya menyebabkan benjolan. Benjolan bisul terasa keras dan nyeri saat disentuh.

Pustula juga akrab dikenali ketika Anda sedang berjerawat. Hal ini bisa terjadi karena adanya kotoran yang terjebak di dalam pori-pori sehingga menimbulkan bakteri penyebab jerawat. Terkadang, jerawat ini juga dapat muncul karena adanya reaksi alergi.

2. Papula

bahan alami untuk mengobati kutil kelamin

Papula adalah jaringan kulit abnormal atau lesi yang muncul akibat penumpukan kulit berlebih. Papula biasanya berukuran kecil, hanya sekitar kurang dari satu sentimeter. Papula bisa berupa benjolan, tetapi bisa juga membentuk area datar di atas kulit.

Meski kebanyakan bejolan papula pada kulit dapat sembuh dengan cepat, papula juga bisa menandakan penyakit yang serius.

Anda harus berhati-hati bila gejala ini dibarengi dengan kulit bersisik, perdarahan, atau gatal yang mengganggu karena itu bisa jadi tanda-tanda penyakit kulit serius. Periksalah ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganannya.

3. Lenting

cacar air saat hamil

Lenting atau lepuhan adalah benjolan kecil yang kadang berisi air atau nanah. Biasanya lenting berukuran sangat kecil, tapi tersebar hampir merata di seluruh tubuh.

Cacar air menjadi salah satu penyakit yang ditandai dengan munculnya lenting pada kulit, termasuk wajah. Selain cacar air, herpes juga adalah salah satu penyakit kulit yang ciri-cirinya ditandai dengan lenting berisi air.

Kadang lenting berisi cairan atau nanah juga muncul saat seseorang terserang impetigo. Impetigo adalah infeksi kulit menular yang biasanya menyerang bayi dan anak-anak. Kondisi ini ditandai dengan luka merah yang mudah pecah dan membentuk kerak berwarna cokelat kekuningan.

4. Ruam

Cukup banyak penyakit kulit yang diawali dengan kemunculan ruam kemerahan. Tidak heran jika ruam menjadi salah satu ciri-ciri penyakit kulit yang paling gampang dikenali. Berbagai masalah kulit yang ditandai dengan ruam yaitu kurap, rosacea, dan eksim.

Ruam kadang dibarengi oleh rasa gatal, tetapi tak jarang hanya kulit bebercak merah. Seiring waktu, ruam juga dapat membuat permukaan kulit tidak rata, menimbulkan warna yang lebih gelap dari sebelumnya, menjadikan kulit kering, atau membuat kulit terlihat bersisik terutama pada orang dewasa.

Perhatikan gejala ruam yang muncul pada kulit Anda. Jika ruam atau bercak merah terjadi terus menerus atau bahkan bertambah lebar, segeralah periksakan ke dokter. Pasalnya, bisa jadi ini tanda terjadinya iritasi yang serius atau penyakit kulit serius seperti basal cell carcinoma.

5. Kulit kering bersisik

mengatasi psoriasis

Kulit yang kering dan bersisik menjadi ciri-ciri penyakit yang perlu diwaspadai. Biasanya kondisi ini muncul pada penyakit panu, eksim, dan psorasis. Sisik kerap muncul akibat kulit yang terlalu kering atau karena tumpukan sel kulit mati di atasnya.

Pada psoriasis, sisik biasanya berwarna keperakan dan sedikit terangkat dari kulit. Sisik cukup tebal akibat produksi sel kulit baru yang tak terkendali. Saking keringnya, kulit orang yang punya eksim dan psoriasis sering pecah-pecah sampai berdarah. Namun begitu, kedua masalah kulit ini sama sekali tidak menular.

6. Gatal

ciri-ciri penyakit kulit

Ciri-ciri lain yang paling gampang dikenal dari penyakit kulit adalah rasa gatal tak tertahankan. Sebagian besar penyakit kulit ditandai dengan rasa gatal dari mulai kurap, kutu air, kudis, cacar air, psoriasis, eksim, panu, dan dermatitis.

Dilansir dari MedlinePlus, gatal adalah sensasi tidak nyaman yang muncul sebagai reaksi imun tubuh saat kulit teriritasi sehingga membuat Anda ingin menggaruknya.

Kulit berisi sel-sel khusus dari sistem imun yang berfungsi melindungi tubuh dari virus, bakteri, dan ancaman lainnya. Ketika sel-sel kulit mendeteksi serangan benda asing, sistem imun akan memunculkan reaksi yang menyebabkan peradangan.

Kondisi tersebut kemudian memicu rasa gatal yang cukup mengganggu. Terkadang gatal juga menimbulkan rasa sakit dan terbakar. Gatal bisa muncul di satu lokasi tertentu atau seluruh area tubuh.

7. Sensasi panas dan terbakar

ciri-ciri penyakit kulit

Sensasi panas dan terbakar menjadi salah satu ciri yang sering muncul saat Anda terkena penyakit kulit. Biasanya sensasi ini muncul ketika kulit mengalami iritasi atau ruam. Kondisi ini biasanya muncul saat kulit terlalu kering seperti pada eksim dan psoriasis.

Tak hanya itu, sensasi panas dan terbakar juga bisa muncul ketika seseorang mengalami penyakit selulitis. Selulitis adalah infeksi bakteri menular yang muncul pada lapisan kulit terdalam.

Selulitis membuat pengidapnya mengalami kulit kemerahan, bengkak, dan merasa panas pada bagian yang terinfeksi. Dalam banyak kasus, kondisi ini biasanya paling sering terjadi di kaki. Namun, infeksi juga bisa terjadi di bagian tubuh yang lain bahkan wajah.

Tak hanya kulit saja, infeksi bisa masuk dan menyerang jaringan bawah kulit, kelenjar getah bening, sampai aliran darah.

8. Perubahan warna kulit

vitiligo bisa sembuh

Perubahan warna kulit dari yang seharusnya sering menjadi ciri-ciri dari penyakit kulit tertentu. Kemerahan parah, pucat, terlihat belang karena kehilangan pigmen alami, atau bahkan menggelap beberapa nada dari warna kulit aslinya.

Rosacea termasuk penyakit kulit yang ditandai dengan perubahan warna kulit cukup ekstrem. Dilansir dari National Rosacea Society, rosacea membuat kulit berwarna kemerahan yang sangat terlihat jelas. Kemerahan ini bisa hilang sementara, tetapi bisa muncul kembali di kemudian hari.

Perubahan warna kulit juga dialami oleh orang-orang yang menderita vitiligo. Ini terjadi ketika tubuh kehilangan warna alami kulit. Kulit yang terserang bisa berwarna sangat putih atau pucat dan muncul pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari. Akibatnya, kulit terlihat belang dengan bercak putih dan cokelat.

Selain rosacea dan vitiligo, panu juga termasuk penyakit yang membuat kulit mengalami perubahan warna.

Mengenal Struktur Kulit Manusia, Termasuk Jenis dan Fungsinya

Gejala penyakit kulit lainnya

Berbagai tanda yang telah disebutkan merupakan tanda umum yang biasanya muncul saat seseorang terserang penyakit kulit. Namun selain itu, ada berbagai gejala lain yang kerap muncul dan menyertainya sebagai berikut.

Demam

kena demam berdarah dan tipes sekaligus

Pada dasarnya, demam muncul untuk menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh. Kondisi ini kerap terjadi ketika ada kesalahan di bagian tubuh tertentu. Akibatnya, tubuh tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Biasanya infeksi dan peradangan menjadi kondisi yang paling sering memicu demam. Oleh sebab itu, penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi dan memicu peradangan biasanya muncul disertai dengan demam.

Iritasi mata

vitamin untuk mata kering

Beberapa penyakit pada kulit bisa membuat mata mengalami iritasi. Rosacea termasuk salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan iritasi pada mata.

Sebagian orang yang mengalami rosacea mengalami mata kering dan kelopak mata yang memerah. Bahkan ciri-ciri ini kerap terlihat di awal kemunculan penyakit sebelum gejala lain pada kulit ada.

Lemah otot

otot mengecil

Meski jarang, penyakit kulit terkadang disertai dengan gejala lemah otot. Kusta dan dermatomiositis merupakan penyakit yang ditandai dengan kondisi ini. Gejala lemah otot biasanya dimulai di leher, lengan, pinggul, dan bahkan kedua sisi tubuh.

Kapan harus pergi ke dokter?

ciri-ciri penyakit kulit

Tidak semua penyakit kulit berbahaya dan mengancam jiwa. Namun, Anda juga perlu peka dan segera pergi ke dokter jika ciri-ciri penyakit yang muncul pada kulit tidak membaik. Anda juga harus berhati-hati bila mulai mengalami berbagai seperti berikut.

  • Kurang tidur akibat masalah kulit yang mengganggu.
  • Sudah mencoba pengobatan rumahan tetapi tidak berhasil.
  • Aktivitas sehari-hari terhambat karena penyakit yang melemahkan.
  • Gejala yang dirasakan tak kunjung membaik bahkan semakin parah.
  • Mengalami reaksi alergi parah seperti sesak napas, wajah bengkak, dan linglung.
  • Muncul cairan kental dari luka atau lesi yang merupakan tanda infeksi.
  • Mengalami demam lebih dari 37,7 derajat Celsius.
  • Mengalami ruam di dekat mata, mulut, atau alat kelamin.

Perlu dipahami bahwa respons tubuh masing-masing orang terhadap setiap penyakit bisa berbeda. Ada yang mengalami ruam gatal tapi ada yang hanya ruam kemerahan, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit begitu mencurigai ciri-ciri penyakit kulit untuk memastikan diagnosis dan merencanakan pengobatan Anda secara keseluruhan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pilihan Obat Dermatitis Seboroik Secara Medis dan Alami

Ada berbagai jenis obat dermatitis seboroik yang bisa Anda gunakan, mulai dari krim hingga sampo. Apa yang paling tepat untuk Anda?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Kulit, Dermatitis 11 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Dermatitis Perioral

Dermatitis perioral adalah peradangan kulit yang terjadi di sekitar mulut. Ketahui gejala, penyebab, dan cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Kulit, Dermatitis 10 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Penyebab Dermatitis Beserta Pemicunya di Lingkungan Sekitar

Dermatitis menimbulkan peradangan pada kulit. Berbagai faktor yang berasal dari dalam dan luar tubuh diketahui berkaitan dengan penyebab dermatitis.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Kulit, Dermatitis 10 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Dermatitis Stasis

Dermatitis stasis adalah peradangan yang disebabkan oleh penyumbatan aliran darah di jaringan kulit. Ketahui gejala, penyebab, dan perawatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Kulit, Dermatitis 10 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

intertrigo dermatitis intertriginosa

Dermatitis Intertriginosa (Intertrigo)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
Dermatitis herpetiformis

Dermatitis Herpetiformis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
pelembab kulit eksim

Pilihan Obat dan Terapi untuk Mengatasi Eksim yang Kambuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 11 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit
dermatitis

Dermatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit