11 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung yang Cepat dan Ampuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Tidak perlu khawatir jika perut kembung karena kebanyakan penyebabnya tidak berbahaya dan dapat membaik dengan sendirinya. Namun, Anda tetap bisa mempercepat kesembuhannya dengan cara melakukan kiat-kiat mengatasi perut kembung.

Apa saja cara yang bisa Anda lakukan?

Ragam cara mengatasi perut kembung

cara mengatasi perut kembung
Sumber: Medical News Today

Perut menjadi kembung apabila ada sejumlah gas yang menumpuk di dalam sistem pencernaan seperti usus dan lambung. Kondisi ini dapat disebabkan oleh masuknya udara dari luar atau meningkatnya produksi gas di dalam usus.

Di samping menggunakan obat medis untuk mengatasi perut kembung, ada berbagai cara dan perawatan rumahan yang bisa membantu meredakan keluhannya. Berikut upaya yang dapat Anda lakukan.

1. Sengaja kentut atau sendawa

Jika Anda sering menahan kentut atau sendawa, sebaiknya ubah kebiasaan ini agar perut tidak lagi kembung. Kentut dan sendawa merupakan cara alami tubuh untuk meredakan perut kembung dengan cara menghilangkan kelebihan gas di dalam perut.

Jadi, bila perut Anda sudah terasa tidak nyaman, cepat-cepat cari kesempatan untuk menjauhkan diri dari orang sekitar untuk buang gas. Untuk membuat perut terasa lebih lega, Anda juga bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dengan buang air besar.

2. Kompres air hangat

Jika Anda sedang punya banyak waktu luang di rumah, tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini untuk mengatasi perut kembung. Cukup siapkan waslap atau kain bersih, baskom, dan air hangat.

Rendam waslap atau kain bersih dalam satu baskom air hangat, lalu peras kelebihan airnya. Tempelkan kompres hangat tersebut selama 10 – 15 menit di atas perut untuk meredakan rasa nyeri dan kram.

Suhu hangat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah yang membawa oksigen bisa mengalir dengan lancar. Otot-otot perut juga menjadi lebih kendur dan rileks, sehingga bisa mengurangi sakit perut, kembung, serta mengeluarkan kelebihan gas.

3. Lebih banyak bergerak

Saat perut terasa begah karena kembung, jangan hanya duduk diam dan membiarkan kondisi ini menjadi berlarut-larut. Lekas bangkit dari duduk, kemudian cobalah berjalan kaki sebentar kira-kira 10 – 15 menit saja.

Olahraga ringan membantu mengendurkan otot usus dan memperlancar pengeluaran gas. Kiat mengatasi perut kembung yang satu ini juga bisa melancarkan pembuangan feses. Dengan begitu, gas yang menyebabkan kembung akan ikut keluar saat buang air besar.

4. Beri pijatan pada perut

teknik pijat

Bila perut Anda mulai terasa kembung dan begah, cobalah mengatasi kondisi ini dengan cara memijatnya perut. Pijatan pada perut membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan sekaligus menghilangkan gas di dalam perut.

Langkah pijat perut

  1. Letakkan kedua tangan tepat di atas tulang pinggul sebelah kanan.
  2. Pijat perlahan dengan gerakan memutar disertai tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk.
  3. Lakukan pijatan dengan mengarah ke perut bagian atas, kemudian ke tulang rusuk sebelah kiri.
  4. Lanjutkan dengan membawa pijatan tangan tersebut ke bagian bawah menuju tulang pinggul sebelah kiri.
  5. Ulangi cara yang sama seperlunya.

Pijatan pada perut memang diyakini bisa meredakan ketidaknyamanan karena perut kembung. Akan tetapi, jika kondisi Anda tidak kunjung membaik atau pijatan malah memperparah kembung, sebaiknya hentikan pijatan dan pilih perawatan lainnya.

5. Makan secara perlahan

Anda dianjurkan untuk makan secara perlahan jika tidak ingin keluhan perut kembung semakin bertambah parah. Pasalnya, kebiasaan makan terlalu cepat dapat memicu masuknya banyak udara ke dalam saluran pencernaan.

Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan perut terasa kembung, penuh, dan begah. Guna mengatasi perut yang kembung dan begah, usahakan untuk selalu mengunyah makanan dengan cara perlahan hingga makanan menjadi halus.

Anda bisa membiasakan diri dengan mengunyah sekitar 30 hitungan. Pastikan mulut Anda tertutup selama mengunyah dan Anda tidak makan sambil berbicara. Kedua hal ini juga akan mencegah masuknya lebih banyak udara ke dalam lambung.

6. Tidak merokok

Alih-alih meringankan kondisi perut yang kembung dan begah, kebiasaan merokok justru dapat memperparah keluhan tersebut. Ini karena saat Anda menelan asap rokok, pada saat yang sama udara juga akan masuk ke dalam tubuh sehingga menambah gas.

Semakin banyak jumlah udara dan asap yang masuk, semakin banyak pula gas yang menumpuk di dalam saluran pencernaan. Lambat laun, kebiasaan ini juga membuka peluang timbulnya iritasi pada pencernaan.

7. Menghindari minum soda

minum obat pakai soda

Bir, soda, dan minuman berkarbonasi dapat memperparah penumpukan gas di dalam lambung dan usus. Hal ini disebabkan karena bir, soda, dan minuman berkarbonasi mengandung sejumlah gas karbon dioksida di dalamnya.

Karbon dioksida dapat menimbulkan gelembung dalam saluran pencernaan sehingga menyebabkan perut kembung. Selain itu, kandungan pemanis buatan dalam beragam minuman tersebut juga dapat membuat perut semakin terasa tidak nyaman.

8. Menyesuaikan asupan makanan

Beberapa jenis makanan yang tergolong menyehatkan ternyata bisa menjadi dalang di balik keluhan perut kembung. Contohnya seperti makanan berlemak, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, susu, produk olahan susu, dan bahan makanan tinggi serat.

Anda tetap membutuhkan berbagai makanan dan minuman tersebut untuk mendapat asupan gizi. Akan tetapi, sebaiknya batasi banyaknya makanan dan minuman yang Anda konsumsi untuk mencegah munculnya rasa kembung.

Dalam mengonsumsi makanan dan minuman di atas, cobalah tingkatkan jumlahnya secara bertahap dan bukan sekaligus. Jika Anda ingin memperbanyak makanan kaya serat tapi khawatir perut kembung, coba tambahkan jumlahnya secara perlahan.

Bantu tubuh Anda untuk menyesuaikan diri selama setidaknya satu minggu. Apabila Anda tidak merasa kembung atau begah, berarti Anda bisa menambah porsi makanan sedikit lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

9. Membatasi porsi dalam sekali makan

nutrisi makanan untuk rambut rontok

Sadar atau tidak, mungkin Anda pernah mengalami perut begah setelah makan dalam jumlah banyak. Porsi makan yang besar tentu membuat Anda lebih cepat kenyang, tapi hal ini juga bisa mengakibatkan perut membesar, penuh, begah, serta kembung.

Untuk mengatasi perut kembung, bagilah jumlah makanan dalam sehari menjadi beberapa porsi yang lebih kecil. Hal ini akan menjaga fungsi normal sistem pencernaan dan tidak memberatkan kerja organ lambung serta usus.

10. Mengonsumsi teh herbal

Anda juga dapat mengatasi keluhan perut kembung dengan mengonsumsi sejumlah bahan herbal. Contoh bahan herbal yang membantu mengurangi kembung antara lain peppermint, chamomile, ketumbar, adas manis, dan kunyit.

Peppermint dan chamomile biasanya tersedia dalam bentuk teh herbal. Sementara itu, rempah-rempah seperti ketumbar, adas manis, serta kunyit dapat diolah menjadi bumbu dalam hidangan.

11. Mengenali masalah kesehatan yang ada

Dalam kasus-kasus tertentu, perut kembung bisa disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan ataupun kondisi medis lainnya. Ini biasanya dengan perut kembung yang telah berlangsung dalam waktu lama dan tidak kunjung membaik.

Konsultasikan kepada dokter bila Anda sering mengalami perut kembung, terutama disertai dengan gejala gangguan pencernaan lainnya. Dokter dapat menyarankan tes lebih lanjut untuk mengetahui penyebab perut kembung dan cara mengatasinya.

Makanan dan minuman untuk perut kembung

makan sayuran

Anda yang mudah kembung disarankan untuk menghindari makanan dan minuman dari kelompok FODMAP. FODMAP (fermentable oligo-, di-, mono-saccharides, and polyols) adalah karbohidrat yang tidak dicerna, melainkan difermentasikan oleh bakteri usus.

FODMAP tidak akan menimbulkan masalah pada orang-orang dengan sistem pencernaan yang sehat. Namun, FODMAP dapat memicu pembentukan gas berlebih pada pengidap gangguan pencernaan.

Maka dari itu, orang-orang dengan perut yang mudah kembung disarankan untuk menghindari makanan dan minuman mengandung FODMAP. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi bahan makanan berikut untuk mengatasi perut begah.

  • Polong-polongan yang sudah direndam dalam air.
  • Kacang lentil berwarna terang.
  • Pengganti gandum yang lebih bebas gluten, seperti quinoa, tepung almon, dan soba (buckwheat).
  • Sayuran rendah serat seperti bayam, mentimun, dan selada.
  • Bumbu segar dan rempah pengganti bawang.
  • Susu bebas laktosa atau susu alternatif seperti susu almon, susu kedelai, dan susu beras.
  • Buah-buahan rendah serat seperti pepaya, semangka, dan persik.

Anda juga bisa mengatasi perut kembung dengan cara memilih minuman yang dikonsumsi. Berikut beberapa contoh minuman yang dapat melegakan perut begah.

  • Air putih hangat.
  • Teh hijau tanpa gula tambahan.
  • Teh jahe.
  • Teh peppermint.
  • Air putih dengan irisan lemon dan mentimun.
  • Jus dan smoothie dari buah-buahan.

Saat membuat jus, pastikan Anda menggunakan buah-buahan dan sayuran rendah serat yang lebih bersahabat bagi perut kembung.

Hanya gunakan pemanis alami dalam jumlah yang cukup, serta hindari pemanis tambahan yang justru dapat memperparah rasa begah.

Obat untuk mengatasi perut kembung

obat sakit maag cair tablet

Perut kembung yang disebabkan oleh gangguan pencernaan perlu ditangani dengan obat-obatan. Jenis obat harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi yang menjadi penyebabnya agar manfaat obat pun lebih optimal.

Coba konsultasikan kepada dokter Anda mengenai pilihan pengobatan yang tersedia. Obat-obatan yang paling sering digunakan untuk mengatasi perut begah biasanya mengandung:

  • bismuth salisilat,
  • simethicone,
  • enzim laktase,
  • arang aktif, dan
  • alpha-galactosidase.

Perut kembung adalah masalah pencernaan yang cukup umum dan umumnya tidak berbahaya. Meski begitu, gas yang menumpuk dalam saluran pencernaan juga dapat menyebabkan rasa tertekan, begah, hingga nyeri pada perut.

Sebelum beralih pada obat, Anda bisa mencoba langkah alami melalui perbaikan gaya hidup serta penyesuaian kebiasaan makan. Namun, bila pemicunya memang berasal dari gangguan pencernaan, diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Keracunan Makanan

Keracunan makanan adalah gangguan pencernaan umum. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, serta cara mengobati dan mencegahnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Infeksi Melalui Makanan 3 Maret 2021 . Waktu baca 11 menit

Infeksi Bakteri E. coli

Infeksi bakteri E. coli adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang biasanya hidup di dalam usus manusia dan hewan. Apa obatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Infeksi Melalui Makanan 3 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sakit perut setelah bab

Perut Malah Sakit Setelah Buang Air Besar (BAB), Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri tipes yang parah

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
mencium bau

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
minum teh saat hamil

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit