home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Teknik Pijat Perut Sederhana untuk Mencegah Sembelit

Teknik Pijat Perut Sederhana untuk Mencegah Sembelit

Pijatan ternyata tidak cuma bermanfaat untuk meredakan pegal dan linu. Anda pun bisa melakukan pijat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan secara alami. Ada pula cara memijat perut agar buang air besar (BAB) lebih lancar sehingga Anda terhindar dari sembelit. Bagaimana cara kerjanya?

Benarkah pijatan bisa mengatasi sembelit?

akibat susah BAB

Sembelit (konstipasi) merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling umum terjadi.

Konstipasi ditandai dengan buang air besar yang tidak lancar, tidak nyaman, lebih jarang, atau terasa sulit dan menyakitkan.

Setelah melewati proses pencernaan dan penyerapan zat gizi, sisa dari makanan yang Anda konsumsi akan bergerak menuju usus besar.

Usus besar berfungsi menyerap air dan mineral dari ampas makanan serta menjadikannya feses. Otot-otot usus besar lalu berkontraksi untuk memindahkan feses menuju rektum dan keluar dari tubuh.

Namun, jika proses ini berjalan lambat atau usus besar tidak berkontraksi dengan benar, feses dapat mengeras sehingga terjadilah sembelit.

Ada berbagai cara mengatasi sembelit, mulai dari minum air putih, mengonsumsi serat, hingga menggunakan obat pencahar.

Meskipun ada pilihan untuk menggunakan obat, kebanyakan orang biasanya bisa mengatasi sembelit dengan beberapa cara alami. Salah satunya dengan cara memijat perut agar BAB lebih lancar.

Sebuah penelitian lama dari International Journal of Nursing Studies menunjukkan bahwa pijat perut dapat memberikan hasil positif pada orang yang mengalami kesulitan buang air besar.

Pijatan lembut pada perut dapat membantu pergerakan otot usus besar dan melegakan beberapa gejala terkait sembelit.

Cara ini bisa meringankan nyeri dan rasa tak nyaman, merangsang kontraksi usus besar, serta mengurangi waktu pengeluaran feses.

Memang belum ada penelitian terbaru atau berskala besar yang membuktikan bahwa pijat perut merupakan cara terbaik untuk mengatasi sembelit.

Meski begitu, pijatan bisa memberikan rasa lega bagi Anda yang memiliki masalah buang air besar.

Cara memijat perut agar lancar BAB

pijat perut agar cepat hamil

Pertama-tama, persiapkan peralatan berupa minyak untuk pijat dan matras yoga bila tersedia. Kemudian, Anda dapat memulai pijatan pada perut dengan langkah-langkah berikut.

  1. Berbaringlah terlentang sambil membuka perut.
  2. Letakkan tangan Anda di bagian bawah perut, lalu pegang perut sambil fokus bernapas.
  3. Hangatkan tangan Anda dengan menggosokkannya ke perut secara bersamaan selama 30 detik.
  4. Balurkan minyak esensial untuk mengatasi sembelit tersebut pada perut.
  5. Awali teknik pijat perut dengan memijat seluruh bagian perut menggunakan telapak tangan. Pijatlah perut Anda dengan gerakan memutar searah jarum jam selama beberapa kali.
  6. Pijat bagian tengah perut Anda dengan gerakan membentuk garis, diawali dari bagian bawah dada menuju tulang kemaluan.
  7. Ulangi langkah 6 sebanyak tiga kali pada sisi kiri perut, masing-masing dengan jarak 3 sentimeter.
  8. Ulangi langkah 6 dan 7 pada sisi kanan perut.
  9. Tekan lembut bagian pusar menggunakan jari Anda.
  10. Lanjutkan teknik pijat ini dengan menekan lembut lingkar luar pusar Anda. Buatlah gerakan melingkar searah jarum jam.
  11. Anda juga dapat melakukan teknik pijat perut pada bagian lain jika diperlukan.
  12. Pijat perut Anda selama 20 menit.

Selain cara memijat tersebut, Anda juga bisa melakukan variasi gerakan pijat perut agar BAB semakin lancar.

Cobalah letakkan tangan Anda di bawah tulang dada, lalu gerakkan ke bawah menuju perut membentuk satu garis lurus.

Perhatikan ini bila Anda ingin memijat perut

manfaat pijat perut

Teknik pijat perut untuk melancarkan buang air besar secara umum tidaklah sulit.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan metode ini. Contohnya, pijat perut tidak cocok bagi orang-orang yang mengalami:

Ketika memijat perut, lakukanlah secara bertahap. Mulailah memijat dengan sentuhan yang ringan, lalu tambahkan tekanannya begitu Anda merasa nyaman.

Anda tidak perlu memaksa untuk menambahkan tekanan bila merasa nyeri atau tidak nyaman.

Teknik pijat perut sebaiknya juga diiringi dengan teknik pengaturan napas.

Sambil memijat perut, tarik napas dengan cara perlahan agar BAB menjadi lebih lancar. Tahan napas Anda selama beberapa detik, lalu buang melalui mulut.

Selain itu, jangan lupakan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar BAB semakin lancar.

Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat, cukupi kebutuhan air dengan minum sedikitnya dua liter air setiap hari, dan lakukan aktivitas fisik secara rutin.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Information, H., & Diseases, D. (2021). Constipation | NIDDK. Retrieved 23 August 2021, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/constipation

Self-abdominal massage. (2019). Retrieved 23 August 2021, from https://www.wchc.nhs.uk/content/uploads/2019/12/Self-abdominal-massage.pdf

Abdominal Self Massage. (2021). Retrieved 23 August 2021, from http://www.med.umich.edu/1libr/MBCP/AbdominalSelfmassage.pdf

Ernst, E. (1999). Abdominal massage therapy for chronic constipation: a systematic review of controlled clinical trials. Centre For Reviews And Dissemination (UK). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK68008/

Lämås, K., Lindholm, L., Stenlund, H., Engström, B., & Jacobsson, C. (2009). Effects of abdominal massage in management of constipation—A randomized controlled trial. International Journal Of Nursing Studies, 46(6), 759-767. doi: 10.1016/j.ijnurstu.2009.01.007

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 31/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan