home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Teknik Pijat Perut Sederhana untuk Mencegah Sembelit

Teknik Pijat Perut Sederhana untuk Mencegah Sembelit

Pijatan ternyata tidak cuma bermanfaat untuk meredakan pegal, linu, atau nyeri saat kaki terkilir. Anda pun dapat melakukan pijat untuk mencegah sejumlah gangguan kesehatan. Bahkan, ada pula teknik pijat perut untuk Anda yang ingin mencegah sembelit. Tidak percaya? Ini caranya.

Teknik pijat perut untuk melancarkan pencernaan

Pertama-tama, persiapkan peralatan berupa minyak untuk pijat dan matras yoga bila tersedia. Kemudian, Anda dapat memulai pijatan pada perut dengan langkah-langkah berikut:

  1. Berbaringlah terlentang sambil membuka perut.
  2. Letakkan tangan Anda di bagian bawah perut, lalu pegang perut sambil fokus bernapas.
  3. Hangatkan tangan Anda dengan menggosokkannya ke perut secara bersamaan selama 30 detik.
  4. Balurkan minyak pijat pada perut.
  5. Awali teknik pijat perut dengan memijat seluruh bagian perut menggunakan telapak tangan. Pijatlah perut Anda dengan gerakan memutar searah jarum jam selama beberapa kali.
  6. Pijat bagian tengah perut Anda dengan gerakan membentuk garis, diawali dari bagian bawah dada menuju tulang kemaluan.
  7. Ulangi langkah 6 sebanyak tiga kali pada sisi kiri perut, masing-masing dengan jarak 3 sentimeter.
  8. Ulangi langkah 6 dan 7 pada sisi kanan perut.
  9. Tekan lembut bagian pusar menggunakan jari Anda.
  10. Lanjutkan teknik pijat ini dengan menekan lembut lingkar luar pusar Anda. Buatlah gerakan melingkar searah jarum jam.
  11. Anda juga dapat melakukan teknik pijat perut pada bagian lain jika diperlukan.
  12. Pijat perut Anda selama 20 menit.

Selain teknik pijat tersebut, Anda juga dapat melakukan gerakan pijat yang berbeda. Misalnya dengan meletakkan tangan Anda di bawah tulang dada, lalu gerakkan ke bawah menuju perut membentuk satu garis lurus. Ulangi dengan tangan Anda yang satunya, kemudian lanjutkan selama beberapa menit.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik pijat perut

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila Anda ingin menerapkan pijat perut untuk mencegah sembelit. Lakukanlah secara bertahap, yakni dimulai dari sentuhan ringan lalu tambahkan tekanannya. Tidak perlu memaksa untuk menambahkan tekanan bila Anda merasa tidak nyaman.

Teknik pijat perut juga perlu diiringi dengan pengaturan napas. Kemudian, lakukan sesuai kebutuhan hingga perut Anda terasa rileks. Jangan lupa mencukupi kebutuhan air dan serat harian untuk membantu tubuh Anda mencegah sembelit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Abdominal Massage and Constipation Relief. https://www.verywellhealth.com/abdominal-massage-for-constipation-relief-4064670 Diakses pada 19 Februari 2019.

Why You Should Massage Your Stomach and How to Do It. https://www.healthline.com/health/stomach-massage Diakses pada 19 Februari 2019.

The 2-Minute Stomach Massage a Dietitian Swears by for Better Digestion. https://www.prevention.com/health/health-conditions/a25713686/abdominal-massage-digestion/ Diakses pada 19 Februari 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 15/11/2019
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x