Amankah Baking Soda untuk Atasi Asam Lambung Naik?

    Amankah Baking Soda untuk Atasi Asam Lambung Naik?

    Soda kue (baking soda) sudah lama diyakini sebagai salah satu obat asam lambung yang dapat digunakan untuk mengatasi refluks asam lambung atau GERD. Namun, apakah penggunaan soda kue aman untuk lambung. Ketahui keuntungan dan risiko menggunakan baking soda untuk mengobati asam lambung naik.

    Soda kue untuk asam lambung naik (GERD)

    Pintu masuk perut Anda adalah sebuah katup berbentuk cincin yang dikenal dengan sebutan otot lower esophageal sphincter (LES).

    Normalnya, LES ini akan segera tertutup setelah makanan melewati kerongkongan. Namun pada beberapa kondisi, LES tidak menutup atau malah terbuka terlalu sering, misalnya ketika Anda makan terlalu banyak.

    Kondisi ini bisa menyebabkan asam yang dihasilkan oleh lambung Anda naik menuju kerongkongan dan menimbulkan heartburn atau rasa panas pada ulu hati.

    Apabila terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, kondisi ini dapat memicu terjadinya refluks asam lambung (GERD).

    Anda dapat mengonsumsi baking soda untuk meredakan gejala GERD yang timbul.

    Baking soda adalah bubuk berwarna putih yang tidak berbau dan terdiri atas natrium dan hidrogen karbonat (natrium bikarbonat). Soda kue memiliki rasa yang pahit dan cenderung bersifat basa.

    Natrium bikarbonat tak lain merupakan senyawa aktif yang terkandung dalam obat antasida yang dijual di apotek. Obat antasida merupakan jenis obat yang digunakan untuk mengatasi asam lambung naik.

    Itulah mengapa soda kue dipercaya dapat mengatasi asam lambung. Manfaat baking soda untuk asam lambung ini diperkuat dalam temuan penelitian terbitan Journal of medical toxicology (2013).

    Hasil penelitian menunjukkan baking soda diketahui memiliki fungsi yang sama dengan antasida atau obat maag, yaitu menetralkan asam lambung.

    Natrium bikarbonat dapat bekerja melindungi usus sebagaimana natrium bikarbonat yang dihasilkan oleh pankreas secara alami.

    Senyawa basa ini dengan cepat menurunkan kadar asam lambung dan meredakan gejala seperti nyeri di ulu hati, perut kembung, dan mual.

    Cara menggunakan baking soda untuk asam lambung

    cara memutihkan lutut dengan baking soda

    Cara menggunakan baking soda untuk obat asam lambung adalah dengan mencampurkannya dengan air hangat, lalu aduk hingga larut.

    Selalu minta petunjuk dokter jika Anda tidak yakin mengenai dosis soda kue yang harus Anda gunakan.

    Dosis untuk menggunakan baking soda untuk asam lambung naik adalah sebagai berikut.

    • Anak-anak: harus dengan saran dan pengawasan dokter.
    • Dewasa dan remaja: 1/2 sendok teh dilarutkan dalam 120 ml air. Anda dapat minum kembali dalam 4 – 6 jam.

    Penting diketahui, soda kue bisa digunakan untuk mengatasi gejala GERD dalam jangka pendek, tapi tidak dianjurkan sebagai pengobatan jangka panjang.

    Efek samping menggunakan baking soda

    Asam lambung rendah

    Terlalu banyak minum larutan soda kue dapat menyebabkan asam lambung naik dan memperburuk gejala.

    Anda juga perlu memastikan soda kue benar-benar larut dalam setidaknya 120 ml air dan diminum secara perlahan.

    Soda kue digunakan untuk meredakan mulas dan gangguan pencernaan dengan segera, tetapi tidak untuk pengobatan GERD dalam jangka panjang.

    Efek samping lain dari soda kue sebagai obat asam lambung termasuk:

    • perut kembung,
    • mual,
    • diare, dan
    • sakit perut.

    Penggunaan soda kue dalam jangka panjang dan berlebihan dapat meningkatkan risiko Anda untuk:

    • hipokalemia atau kekurangan kalium darah,
    • hipokloremia atau kekurangan klorida darah,
    • hipernatremia atau kenaikan kadar natrium.
    • pemburukan penyakit ginjal,
    • pemburukan gagal jantung,
    • lemah otot dan kram, atau
    • peningkatan produksi asam lambung.

    Apakah baking soda aman bagi penderita asam lambung?

    Karena adanya efek samping dari penggunaan baking soda, Anda sebaiknya berdiskusi dengan dokter sebelum menggunakannya sebagai obat asam lambung.

    Temui dokter Anda jika gejala refluks asam berlangsung lebih dari 2 minggu. Dokter Anda mungkin merekomendasikan obat GERD lain seperti H2 blocker.

    Tanyakan kepada dokter apakah soda kue adalah pengobatan alternatif yang baik untuk Anda.

    Dokter akan memberi tahu apakah soda kue akan berinteraksi dengan obat yang sedang dikonsumsi atau meningkatkan kadar natrium di dalam tubuh.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Al-Abri, S. A., & Olson, K. R. (2013). Baking soda can settle the stomach but upset the heart: case files of the Medical Toxicology Fellowship at the University of California, San Francisco. Journal of medical toxicology : official journal of the American College of Medical Toxicology, 9(3), 255–258. https://doi.org/10.1007/s13181-013-0300-4

    Katz, P. O., Dunbar, K. B., Schnoll-Sussman, F. H., Greer, K. B., Yadlapati, R., & Spechler, S. J. (2022). ACG Clinical Guideline for the Diagnosis and Management of Gastroesophageal Reflux Disease. The American journal of gastroenterology, 117(1), 27–56. https://doi.org/10.14309/ajg.0000000000001538 

    Katz, P. O., Gerson, L. B., & Vela, M. F. (2013). Guidelines for the diagnosis and management of gastroesophageal reflux disease. The American journal of gastroenterology, 108(3), 308–329. https://doi.org/10.1038/ajg.2012.444

    Sodium Bicarbonate. MIMS. Retrieved April 20, 2022 from, https://www.mims.com/indonesia/drug/info/sodium%20bicarbonate?mtype=generic

    Sodium bicarbonate Side Effects. (2021). Drugs.com. Retrieved April 20, 2022 from, https://www.drugs.com/sfx/sodium-bicarbonate-side-effects.html 

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Ilham Fariq Maulana Diperbarui May 12
    Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan