7 Buah dan Sayuran Terbaik untuk Bayi 1-2 tahun

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/04/2020
Bagikan sekarang

Saat bayi Anda sudah beranjak ke usia 1-2 tahun, selain tetap memberikan susu (baik ASI ataupun susu formula), Anda juga tetap harus memberikan mereka buah-buahan dan juga sayuran. Tapi tidak semua buah dan sayuran mungkin cocok dan baik untuk anak Anda pada usia tersebut. Untuk mengetahui apa saja sayur dan buah untuk bayi yang direkomendasikan, simak seterusnya di bawah ini.

Seperti apa sayur dan buah yang baik untuk bayi?

Saat bayi Anda memasuki usia 6 bulan, Anda sudah boleh mulai memberinya sayur dan buah yang dihaluskan. Mulailah dengan makanan yang mudah dicerna, contohnya pisang tumbuh yang mengandung kalium untuk membantu fungsi otot dan jantung. Anda juga bisa menghaluskan buah persik ataupun pir yang mudah dicerna di perut bayi.

Sebagai buah pertama, sebaiknya jangan langsung beri buah-buahan asam. Mulailah dulu dengan yang manis-manis. Waspada saat memberikan buah yang biasanya terpapar pestisida tinggi seperti apel, kecuali Anda sudah mencuci dan membersihkannya dengan benar. Atau, pilih buah organik yang tidak mengandung pestisida.

Jangan lupa potong buah dan sayur dengan ukuran kecil supaya bayi tidak tersedak. Selalu belah buah anggur jadi dua bagian karena anggur yang bulat rentan tersangkut di tenggorokan anak.

Daftar sayur dan buah untuk bayi yang direkomendasikan

Supaya Anda tidak bingung, berikut ada 7 buah dan sayuran terbaik untuk bayi Anda yang berusia 1-2 tahun.

Jeruk dan buah-buahan jenis berry

Jeruk dan buah-buahan jenis berry seperti stroberi dan blueberry merupakan sumber vitamin C yang baik, yang membantu penyerapan zat besi dari makanan lain. Jadi cobalah untuk memberikan beberapa buah-buahan yang kaya vitamin C setiap kali Anda memberi makan anak.

Tomat

Tomat merupakan sumber lycopene, pigmen antioksidan yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Namun, penelitian menunjukkan bahwa lycopene dalam tomat dapat diserap lebih efisien oleh tubuh, jika tomat dimasak dengan sedikit minyak.

Wortel

Wortel dapat meningkatkan penglihatan pada malam hari. Sayuran ini adalah sumber beta-karoten yang sangat baik, yang diubah dalam tubuh menjadi vitamin A. Sayuran berwarna cerah ini juga berisi berbagai macam phytochemical (bahan kimia tanaman) yang akan memberi kita kemungkinan lebih besar untuk mencegah penyakit seperti penyakit jantung koroner dan kanker.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak baik yang bisa membantu perkembangan otak bayi. Bahkan, komposisi lemak pada alpukat juga mirip dengan komposisi lemak di dalam ASI. Teksturnya juga lembut sehingga mudah dicerna oleh bayi. Oleh karenanya selain sayur, buah yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk bayi.

Brokoli

Brokoli bukan hanya sayuran tinggi serat, tapi juga kaya akan folat dan kalsium. Rasanya yang khas juga dianggap baik sebagai sayuran pertama bayi, yang jika dibiasakan akan membuatnya senang makan sayur sampai ia dewasa.

Ubi

Ubi dikenal sebagai karbohidrat kompleks yang baik bagi semua usia. Bagi bayi, ubi tak hanya mudah dicerna karena teksturnya yang lembut, tapi juga cenderung disukai karena rasanya yang manis. Ubi jalar mengandung beta-karoten, vitamin C, dan berbagai mineral seperti zat besi.

Yang perlu diingat, sebelum memberikan bayi Anda buah dan sayur untuk bayi, selalu konsultasikan dulu pada dokter atau bidan Anda. Ini karena tak semua bayi memiliki kondisi kesehatan yang sama.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Nutrisi yang Penting untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Daya tahan tubuh berperan sebagai pelindung anak agar terhindari dari penyakit. Kenali nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Beragam Manfaat Beta Glucan untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Beta glucan memberikan manfaat untuk tumbuh kembang anak. Yuk sertakan nutrisi ini untuknya dan ketahui apa peran beta glucan untuk kesehatan anak.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Seberapa Penting Kebutuhan Karbohidrat untuk Balita Usia 2-5 Tahun?

Menjaga asupan nutrisi dan gizi anak agar tetap seimbang sangat penting demi pertumbuhannya. Berikut kebutuhan karbohidrat balita usia 2-5 tahun.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah

Panduan Seputar Kebutuhan Protein untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Memenuhi kebutuhan nutrisi balita sangat penting untuk tumbuh kembangnya, termasuk asupan protein. Berikut panduan seputar kebutuhan protein anak.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah

Direkomendasikan untuk Anda

susu formula whey protein untuk anak

Manfaat Protein Whey untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
agar bab lancar dan tidak keras

6 Tips Agar BAB Anak Lancar dan Tidak Keras

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
nutrisi untuk daya tahan tubuh anak

Peran dan Manfaat Nutrisi dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020
vitamin pencernaan anak

Vitamin Terbaik untuk Sistem Pencernaan Anak

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020