backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

Ibu Wajib Tahu, Kunci Kesehatan Anak Ada di Pencernaannya!

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Maria Amanda · Tanggal diperbarui 01/04/2024

Ibu Wajib Tahu, Kunci Kesehatan Anak Ada di Pencernaannya!

Tahukah Ibu, sebagian besar kesehatan anak dipengaruhi oleh sistem pencernaan yang sehat? Menjaga kesehatan sistem pencernaan sangat dipengaruhi oleh peran asupan makanan bernutrisi, seperti prebiotik, serat makanan, dan PHP (Partially Hydrolyzed Protein). Lebih jauh lagi, mari ketahui peran pencernaan dan pengaruhnya terhadap kesehatan anak secara keseluruhan.

Memahami kaitan sistem pencernaan dan kesehatan anak secara menyeluruh

Kesehatan pencernaan anak

Kesehatan pencernaan memiliki peran penting terhadap kesehatan anak keseluruhan.

Mengutip salah satu penelitian dalam jurnal Clinical & Experimental Immunology, sistem pencernaan memegang peranan sebesar 70 persen dalam kesehatan tubuh manusia secara utuh.  

Usus adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Di dalam usus terdapat mikroorganisme yang membentuk dan menjaga kesehatan lingkungan usus. 

Apabila mikrobiota usus ini tidak terjaga keseimbangannya, kemungkinan besar sistem pencernaan dapat mengalami gangguan, sehingga turut menghambat penyerapan nutrisi anak dan menyebabkan sakit perut sebagai gejalanya.  

Peningkatan dan keseimbangan mikrobiota usus ditentukan dari makanan padat yang ia peroleh, hingga pemilihan nutrisinya.

Mikrobiota ini secara bertahap akan mendukung pembentukan daya tahan atau imunitas anak.

Di sisi lain, Anda juga perlu memahami bahwa sistem kerja enzim pencernaan anak masih cenderung belum matang seperti orang dewasa, sehingga belum bisa menyerap nutrisi secara utuh, yang biasanya dapat rentan mengalami ketidaknyamanan pencernaan.

Oleh karena itu, Anda juga perlu mencermati asupan protein yang tepat bagi kondisi pencernaan si kecil agar penyerapan nutrisinya dapat bekerja secara optimal.

Sistem pencernaan yang sehat dukung penyerapan nutrisi anak

Secara mekanisme, mikrobiota berperan penting mendukung penyerapan nutrisi dan kerja neurotransmitter di dalam tubuh anak.

Neurotransmitter ini merupakan “alat komunikasi” pada sistem saraf yang menghubungkan mikrobiota usus dengan otak dalam tugas regulasi sistem imun tubuh.

Gunanya untuk melawan bakteri patogen penyebab penyakit dan menekan pertumbuhan bakteri patogen agar tidak mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan.

Dengan mekanisme tersebut, mikrobiota usus yang terjaga komposisinya pasti akan mengoptimalkan penyerapan nutrisi anak.

Selain dari sisi mikrobiota, sebelumnya juga telah disinggung perihal kondisi sistem pencernaan anak yang masih dalam masa pembentukan.

Hal ini menuntut asupan protein yang lebih mudah dicerna, karena ini berhubungan dengan proses penyerapan nutrisi.

Mengingat hal tersebut, anak membutuhkan bentuk protein yang lebih halus, sehingga lebih mudah terserap dalam pencernaan.

Merujuk Korean Journal of Pediatrics, Partially Hydrolyzed Protein (PHP) merupakan jenis protein yang bentuknya lebih lembut bagi sistem pencernaan anak, sehingga dapat menjadi alternatif yang direkomendasikan. Harapannya agar penyerapan nutrisi anak bisa bekerja optimal.

Cara menjaga sistem pencernaan anak

Kini Ibu sudah tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan sistem pencernaan anak dan tubuhnya secara menyeluruh.

Sekarang, Ibu perlu bantu si kecil merawat sistem pencernaannya, yakni dengan asupan kaya prebiotik, serat makanan, dan PHP. 

Makanan mengandung prebiotik mudah ditemukan sehari-hari. Ibu bisa memberikan deretan makanan di bawah ini untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan anak.

  • Sayuran: kubis, jagung, asparagus, kacang polong, bawang putih
  • Biji-bijian: kacang merah, kacang kedelai (termasuk tempe dan tahu)
  • Buah-buahan: persik, rambutan, melon, delima, kurma, jeruk bali
  • Sereal atau roti: roti putih, gandum, pasta

Selain makanan di atas, berikan pula nutrisi berupa susu formula dengan kandungan Partially Hydrolyzed Protein (PHP) yang proteinnya lebih kecil dan lembut, sehingga mudah dicerna oleh anak.

Nutrisi berupa susu formula dengan PHP 50% protein dapat menjaga kenyamanan pencernaan si kecil, karena PHP bermanfaat untuk mengatasi ketidaknyamanan pencernaan pada anak yang sistem pencernaannya belum berkembang sempurna (masih peka), sehingga penyerapan nutrisinya lebih optimal.

Bahkan, kandungan PHP di dalam susu anak yang juga dilengkapi nutrisi pelengkap lain seperti DHA, tak hanya mampu mendukung fungsi imun dalam menangani infeksi penyakit dan menjaga daya tahan tubuh, tapi juga membantu mengoptimalkan kecerdasan si kecil.

Dengan begitu, kebutuhan asupan nutrisi anak bisa terpenuhi secara lebih lengkap, karena mikrobiota ususnya pun terjaga dan sistem imunnya dapat bekerja dengan baik.

Bu, karena peranan sistem pencernaan anak yang begitu kompleks dapat berdampak pada kesehatannya secara utuh, selalu perhatikan asupan makanan yang terbaik untuk jaga kesehatan ususnya. Semoga si kecil sehat selalu.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Maria Amanda · Tanggal diperbarui 01/04/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan