Selain Menyehatkan Mata, 7 Khasiat Ini Bikin Kita Ingin Makan Wortel

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Tahukah Anda bahwa saat pertama kali ditemukan, wortel tidak dimanfaatkan sebagai makanan. Umbi yang memiliki banyak warna ini ternyata lebih dulu dimanfaatkan sebagai obat. Memangnya, apa saja manfaat wortel untuk kesehatan tubuh? Yuk, kupas tuntas manfaat sayur yang sangat dipuja-puji banyak orang ini.

Kandungan gizi wortel

manfaat wortel
Sumber: Julie Daniluk

Wortel merupakan makanan yang kaya nutrisi dan penuh manfaat. Menurut data Kemenkes RI, dalam 100 gram wortel segar, Anda bisa memanfaatkan 80% umbinya. Berikut beberapa kandungan nutrisi dari wortel yang perlu Anda ketahui.

  • Energi: 36 kkal
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 7,9 gram
  • Serat: 1 gram
  • Vitamin A: 7,1 mikrogram
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,04 miligram
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,04 miligram
  • Niasin (Vitamin B3): 1 miligram
  • Vitamin C: 18 miligram
  • Kalsium: 45 miligram
  • Fosfor: 74 miligram
  • Besi: 1 miligram
  • Natrium: 70 miligram
  • Kalium: 245 miligram
  • Tembaga: 0,06 miligram
  • Zinc: 0,3 miligram

Wortel juga mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Berikut di antaranya.

  • Beta karoten. Wortel yang berwarna oranye sangat tinggi kandungan beta karotennya. Proses penyerapannya oleh tubuh akan lebih baik jika wortel dimasak.
  • Alfa karoten. Selain beta karoten, umbi beragam warna ini juga mengandung antioksidan dari vitamin A berupa alfa karoten.
  • Lutein. Wortel yang berwarna kuning, putih, dan kekuningan kaya akan lutein. Ini merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata.
  • Lycopene dan antosianin. Sayur dan buah-buahan berwarna merah memiliki banyak likopen dan antosianin, terutama wortel merah dan ungu.
  • Polyacetylenes. Ini adalah senyawa bioaktif dalam wortel yang membantu melindungi kesehatan sel darah.

Khasiat wortel untuk kesehatan

resep wortel

Bila melihat kandungan gizinya, Anda pasti sudah bisa menebak jika umbi ini memiliki manfaat yang melimpah. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tumbuhan bernama ilmiah Daucus carota ini.

1. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Kanker berawal dari pembentukan sel-sel abnormal yang tidak terkendali. Meski tidak langsung mencegah kanker, beberapa makanan yang kaya akan antioksidan mungkin bisa mengurangi risikonya.

Wortel mengandung antioksidan berupa karoten dan likopen. Berdasarkan sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan ini mungkin dapat melindungi sel tubuh dari kemungkinan penyakit kanker darah atau leukemia.

2. Menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung

Wortel mengandung serat, kalium, serta lengkap dengan antioksidan seperti likopen. Berbagai zat gizi ini dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, wortel juga tidak mengandung kolesterol jahat sehingga baik untuk pembuluh darah.

Bila tekanan darah Anda tetap terjaga, itu artinya Anda terhindar dari hipertensi dan penyakit jantung. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi wortel yang masih segar, bukan dalam bentuk kalengan.

3. Mencegah penyakit dan kerusakan mata

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Manfaat ini dapat membantu mencegah sejumlah masalah pada mata, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan penglihatan seperti mata minus, rabun dekat, dan astigmatisme.

Sel-sel mata juga tidak luput dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel. Untungnya, antioksidan berupa karoten dan lutein pada wortel bisa membantu mencegah kerusakan mata akibat faktor ini.

4. Menjaga kesehatan otak

Seiring pertambahan usia, fungsi otak akan mengalami penurunan. Kondisi ini lagi-lagi berkaitan dengan pengaruh radikal bebas. Radikal bebas sebenarnya adalah bagian dari reaksi kimia tubuh, tapi hal ini juga bisa merusak sel-sel otak dan saraf.

Salah satu manfaat beta karoten pada wortel adalah mencegah dampak radikal bebas terhadap otak. Meskipun jumlahnya kecil, beta karoten yang merupakan antioksidan kuat mungkin saja dapat menghambat penurunan fungsi otak di kemudian hari.

5. Membersihkan mulut dari bakteri

Selain menggosok gigi, mengonsumsi sayuran tertentu ternyata juga dapat melindungi gigi. Ini karena ketika Anda mengunyah sayuran berserat kuat seperti wortel, otot-otot gusi terlatih untuk menjadi lebih kuat.

Hal ini juga dapat merangsang kelenjar ludah untuk memproduksi lebih banyak air liur. Air liur akan membersihkan mulut dan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel. Dengan begitu, kuman tidak tumbuh dan menyebabkan gigi berlubang.

6. Membuat kulit lebih sehat

Jika Anda memiliki riwayat masalah kulit seperti ruam atau psoriasis, konsumsi jus wortel bisa jadi solusi alami yang tepat. Pasalnya, vitamin C pada wortel mendorong pembentukan kolagen, sejenis protein yang penting untuk memperbaiki jaringan kulit.

Selain itu, beta karoten pada wortel juga mengurangi peradangan pada kulit, melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan mempercepat proses pemulihan. Secara keseluruhan, sayuran umbi ini bisa memperbaiki tampilan kulit Anda.

7. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang diet, minum jus wortel dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena wortel rendah kalori dan tinggi serat. Mengonsumsi umbi ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama tanpa harus memberikan tubuh kalori ekstra.

Wortel juga dapat meningkatkan produksi empedu. Hal ini dapat meningkatkan laju metabolisme karena tubuh harus mengubah makanan menjadi energi. Di samping serat yang membuat Anda kenyang, Anda juga tetap memiliki energi meski belum makan.

Perhatikan ini saat mengonsumsi wortel

manfaat vitamin a

Meskipun kaya manfaat, wortel sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Bila dimakan dalam jumlah banyak, beta karoten pada wortel dapat membuat kulit Anda tampak kekuningan untuk sementara.

Selain itu, perhatikan pula asupan vitamin A yang terkandung di dalamnya. Kelebihan vitamin A dalam tubuh dapat menyebabkan keracunan, apalagi jika Anda memakai obat-obatan yang berbasis vitamin ini, seperti isotretinoin.

Beberapa orang juga bisa mengalami reaksi alergi setelah makan wortel dalam jumlah banyak. Jadi, tetaplah mengonsumsi wortel dalam jumlah yang wajar agar Anda dapat memperoleh manfaat makanan ini tanpa mengalami dampak negatif.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jangan Digaruk! Ini 2 Jenis Obat Infeksi Jamur Vagina untuk Meredakan Gejala

Vagina gatal akibat infeksi jamur tentu sangat mengganggu aktivitas. Redakan dengan berbagai obat infeksi jamur vagina, mulai dari krim sampai obat minum.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Wanita, Infeksi Jamur Vagina 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Badan pegal bisa jadi lebih segar setelah dipijat. Ada beragam jenis pijat yang memberikan manfaat yang berbeda-beda. Anda lebih suka yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Pengobatan Alternatif, Pengobatan Herbal dan Alternatif 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit


Direkomendasikan untuk Anda

penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit