home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hati-Hati, Ini Jenis Buah-buahan yang Mengandung Pestisida Tinggi

Hati-Hati, Ini Jenis Buah-buahan yang Mengandung Pestisida Tinggi

Buah adalah sumber serat, vitamin, serta mineral bagi tubuh. sangat baik memang jika Anda mengonsumsi banyak buah dalam satu hari, sebab kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda akan terpenuhi. Namun apa jadinya jika buah yang Anda makan justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan karena mengandung pestisida tinggi? Apa saja efek samping pestisida tinggi pada buah bagi kesehatan?

Jenis buah yang mengandung pestisida tinggi

Sebenarnya, pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk melindungi tanaman dari hama, jamur, dan serangga. Pestisida yang biasanya berupa gas akan disemprotkan ke tanaman, sehingga semua bagian tanaman tersebut akan terkena pestisida, termasuk buah.

Berikut adalah jenis buah-buahan yang mungkin terkontaminasi pestisida dan mengandung pestisida tinggi di dalamnya, berdasarkan survei dari The Environmental Working Group 2017:

  • Strawberi
  • Apel
  • Peach
  • Anggur
  • Ceri
  • Pir

Menurut US Departemen Agriculture, jenis buah-buahan tersebut adalah jenis buah yang sangat rentan terkena residu pestisida. Sehingga, tidak heran jika buah-buahan tersebut mengandung residu pestisida yang tinggi.

Apa saja efek samping dari kadar pestisida tinggi pada buah bagi kesehatan?

Meskipun mampu membuat hama dan jamur tidak hinggap di tanaman, pestisida pada buah berpotensi menyebabkan keracunan pada manusia. Berikut adalah efek samping jangka panjang yang mungkin terjadi jika terdapat pestisida tinggi pada buah yang Anda makan:

  • Gangguan sistem saraf.
  • Meningkatkan risiko berbagai kanker, salah satunya kanker payudara.
  • Mengakibatkan kelainan janin.
  • Memicu kelainan darah.

Gejala yang terjadi jika Anda terpapar pestisida lewat makanan

Jika Anda tidak sengaja mengonsumsi pestisida pada buah yang Anda makan, berikut adalah gejala jangka pendek yang mungkin timbul:

  • Merasa mual, ingin muntah
  • Merasa pusing
  • Sakit pada perut
  • Susah bernapas, dan dapat menyebabkan reaksi hipersensitivitas
  • Mengalami kejang (pada kasus berat)

Bagaimana mengurangi pestisida tinggi pada buah?

Bukan berarti Anda harus menghindari atau tidak mengonsumsi buah-buah yang rentan terkena pestisida sama sekali. Anda dapat menyiasatinya dengan melakukan beberapa hal yang dapat membuat kadar pestisida pada buah berkurang atau bahkan hilang.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghilangkan residu pestisida dalam buah:

  • Sebelumnya, pastikan bahwa tangan Anda sudah bersih dan telah dicuci dengan sabun, untuk menghindari kontaminasi bakteri pada buah.
  • Sediakan wadah yang cukup besar untuk menampung buah yang Anda beli. Kemudian isi wadah tersebut dengan air.
  • Masukkan satu sendok garam ke dalam wadah yang telah terisi air dan aduk air secara perlahan.
  • Masukkan buah-buahan yang telah Anda beli tersebut ke dalam wadah yang sudah diisikan air garam.
  • Ambil satu per satu buah kemudian gosoklah permukaan buah dengan tangan Anda. metode menggosok ini efektif untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida.
  • Untuk jenis buah yang memiliki tekstur yang lembut atau lembek, jangan menggosoknya terlalu keras.
  • Hindari pemakaian sabun ketika mencuci buah-buahan, sebab sebenarnya mencuci buah dengan air saja sudah cukup.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ewg.org. (2017). EWG’s 2017 Shopper’s Guide to Pesticides in Produce. [online] Available at: https://www.ewg.org/foodnews/summary.php  [Accessed 13 Apr. 2017]

Npic.orst.edu. (2017). How can I wash pesticides from fruit and veggies? . [online] Available at: http://npic.orst.edu/faq/fruitwash.html  [Accessed 13 Apr. 2017].

Pesticide Education (Penn State Extension). (2017). Potential Health Effects of Pesticides (Pesticide Education). [online] Available at: http://extension.psu.edu/pests/pesticide-education/applicators/fact-sheets/pesticide-safety/potential-health-effects-of-pesticides  [Accessed 13 Apr. 2017].

Woodsen, J. (2015). How to Soak Vegetables & Fruit in Sea Salt Water to Remove Pesticides. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/505005-how-to-soak-vegetables-fruit-in-sea-salt-water-to-remove-pesticides/  [Accessed 13 Apr. 2017].

World Health Organization. (2017). Pesticide residues in food?. [online] Available at: http://www.who.int/features/qa/87/en/  [Accessed 13 Apr. 2017].

Penn State College of Agricultural Sciences. Potential health effects of pesticides [Internet]. USA: Penn State College of Agricultural Sciences; 2017 [cited 2017 Apr 17]. Available from: http://extension.psu.edu/pests/pesticide-education/applicators/fact-sheets/pesticide-safety/potential-health-effects-of-pesticides

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 26/04/2017
x