7 Hal yang Bisa Menjadi Penyebab Bayi Lahir Cacat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/04/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Bukan perkara mudah bagi para orangtua untuk menyadari kenyataan bahwa penyebab sang bayi lahir tidak sempurna yakni karena kondisinya yang cacat. Kekhawatiran memikirkan buah hatinya akan mengalami kesulitan untuk bertumbuh dan berkembang seperti anak lainnya wajar jika terlintas di pikiran orangtua.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab bayi mengalami cacat saat lahir. Oleh karena itu, jika Anda sebentar lagi akan menjadi orangtua, sebaiknya ketahui penyebab dari kelahiran cacat agar bisa mencegah kondisi ini pada bayi.

Apa itu cacat lahir pada bayi?

kulit bayi baru lahir

Sebelum mengetahui penyebab bayi lahir cacat, sebaiknya Anda mengerti terlebih dahulu apa itu cacat lahir. Cacat lahir merupakan suatu keadaan di mana struktur dan fungsi tubuh bayi tidak normal saat lahir.

Kondisi yang tidak sempurna tersebut menyebabkan fungsi organ tubuh bayi bekerja kurang optimal. Bahkan, beberapa kasus cacat lahir pada bayi bisa menimbulkan akibat yang fatal selama satu tahun pertama kehidupannya.

Ada dua jenis cacat lahir pada bayi, yakni cacat lahir struktural dan cacat lahir fungsional. Cacat lahir struktural adalah masalah yang berhubungan dengan bagian tubuh.

Ambil contoh kasusnya seperti bibir sumbing, cacat jantung, clubfoot, dan spina bifida. Clubfoot dan spina bifida merupakan beberapa jenis cacat lahir pada anggota badan bayi.

Sementara yang dikatakan cacat lahir fungsional adalah berhubungan dengan masalah pada fungsi atau sistem anggota tubuh untuk melakukan kerjanya.

Masalah ini sering menyebabkan ketidakmampuan dalam berkembang yang mencakup perkembangan sistem saraf atau masalah pada otak, seperti ditemukan pada penyandang autisme dan Down syndrome.

Cacat lahir jenis fungsional ini juga termasuk masalah sensorik seperti gangguan pada penglihatan bayi dan pendengaran bayi.

Penting untuk dipahami bahwa apa pun penyebab cacat lahir, tingkat keparahan kondisi tersebut dapat bervariasi dari ringan hingga berat.

Kondisi kesehatan bayi yang mengalami cacat lahir biasanya tergantung dari organ atau bagian tubuh mana yang terkena dan seberapa besar pengaruhnya.

Meski cacat lahir pada bayi merupakan kondisi yang terjadi tanpa bisa dikontrol alias tidak disengaja, Anda tetap perlu tahu apa penyebab di baliknya.

Apa saja penyebab bayi lahir cacat?

kondisi bayi baru lahir

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), cacat lahir pada bayi dapat diketahui sebelum kelahiran atau saat hamil, saat kelahiran, maupun setelah kelahiran.

Namun, sebagian besar cacat lahir pada bayi ditemukan pada tahun pertama kehidupannya. Sementara untuk proses terjadinya bayi lahir cacat biasanya sudah mulai berjalan sekitar usia tiga bulan pertama atau kurang dari 12 minggu usia kehamilan.

Pasalnya, di masa tersebut merupakan waktu ketika berbagai organ tubuh bayi mulai terbentuk. Itu sebabnya, waktu ini merupakan saat terpenting bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Meski begitu, cacat lahir pada bayi juga bisa terjadi selama enam bulan terakhir kehamilan. Ini karena di enam bulan terakhir kehamilan jaringan dan organ tubuh terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan sampai nantinya si kecil lahir.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bayi cacat lahir dan terkadang faktor-faktor ini tidak diketahui dengan pasti sebagai penyebabnya.

Sulit untuk menemukan satu faktor tepat yang menyebabkan bayi cacat lahir karena biasanya terjadi dalam gabungan dari banyak faktor.

Cacat lahir bisa muncul karena faktor genetik, gaya hidup dan perilaku ibu, penggunaan obat atau bahan kimia lain, infeksi selama kehamilan, maupun kombinasi dari semua faktor ini.

Beberapa penyebab bayi lahir cacat adalah sebagai berikut:

1. Penyebab bayi lahir cacat karena genetik

Ibu atau ayah dapat menjadi pembawa kelainan genetik pada bayi mereka. Kelainan pada faktor genetik terjadi ketika satu atau lebih gen tidak bekerja dengan baik atau sebagian gen hilang.

Gen bisa menjadi cacat karena suatu mutasi atau perubahan yang dialami oleh gen tersebut. Kelainan pada gen dapat terjadi pada saat pembuahan, yakni ketika sperma bertemu dengan sel telur, dan hal ini tidak dapat dicegah.

Perubahan atau mutasi pada satu atau lebih gen membuat mereka tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Begitu pula halnya ketika ada bagian gen yang hilang.

Inilah alasan mengapa genetik menjadi salah satu penyebab bayi lahir cacat.

2. Penyebab bayi lahir cacat karena masalah kromosom

Melansir dari National Institute of Health, dalam beberapa kasus tertentu, bayi lahir cacat bisa disebabkan karena adanya kromosom maupun bagian dari kromosom yang hilang.

Namun, ada juga penyebab bayi lahir cacat yang dikarenakan oleh kelebihan kromosom, contohnya pada Down syndrome.

bayi lahir masih terbungkus kantung ketuban

3. Gaya hidup dan lingkungan

Bayi cacat lahir bisa terjadi karena faktor lingkungan yang terjadi saat kehamilan, termasuk penggunaan obat, merokok, dan minum alkohol saat kehamilan.

Faktor lainnya, seperti keracunan bahan kimia dan virus juga dapat meningkatkan faktor risiko bayi lahir cacat. Kehamilan di atas usia 35 tahun juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat.

Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan kapan waktu yang paling baik bagi Anda untuk memiliki anak. Sebaiknya, jangan pada usia yang terlalu muda atau terlalu tua untuk hamil.

4. Infeksi

Ibu hamil yang terserang infeksi tertentu selama kehamilan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan cacat lahir.

Ambil contohnya infeksi virus Zika pada ibu hamil bisa menjadi penyebab bayi mengalami cacat lahir yang disebut mikrosefalus.

Mikrosefalus adalah kondisi saat ukuran otak dan lingkar kepala bayi lebih kecil ketimbang yang seharusnya.

5. Paparan obat dan bahan kimia

Paparan bahan kimia dan konsumsi obat-obatan tertentu juga menjadi satu dari penyebab cacat lahir pada bayi. Atas dasar itulah penting untuk selalu memerhatikan adanya kemungkinan terpapar bahan kimia saat berada di suatu tempat.

Anda juga perlu selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum minum obat-obatan saat sedang hamil.

Merawat Bayi Baru Lahir

6. Merokok dan minum alkohol saat hamil

Penyebab bayi lahir cacat lainnya yang juga perlu ibu ketahui yakni kebiasaan merokok dan minum alkohol selama masa kehamilan.

Ada baiknya untuk menghindari minum alkohol saat Anda sedang hamil, bahkan dalam jumlah sedikit sekali pun. Ini karena tidak ada jumlah pasti yang mengatakan alkohol masih aman diminum saat hamil.

Alkohol yang masuk ke aliran darah ibu hamil dapat mengalir pada bayi melalui tali pusat. Akibatnya, alkohol berisiko menyebabkan bayi lahir cacat, keguguran, bayi lahir mati, hingga berbagai masalah lainnya.

Semua jenis alkohol sama-sama memiliki bahaya, termasuk anggur (wine) dan bir. Sementara bahaya merokok selama kehamilan bukan hanya menyebabkan bayi lahir cacat, tetapi juga mengakibatkan bayi lahir prematur, mengalami bibir sumbing, hingga kematian.

7. Penyebab bayi lahir cacat karena ibu obesitas

Hal lain yang juga tidak boleh disepelekan karena bisa menjadi penyebab bayi lahir cacat yaitu berat badan berlebih atau obesitas saat hamil.

Jika sebelum hamil Anda mengalami berat badan kurang, berlebih, maupun obesitas, sebisa mungkin konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Dokter biasanya akan membantu memberi saran agar Anda dapat mencapai berat badan ideal saat hamil nantinya sebagai cara mencegah agar bayi tidak lahir cacat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengulik Lebih Dalam Seputar Kelainan Kongenital pada Bayi

Meski baru lahir, cacat bawaan atau kelainan kongenital berisiko terjadi pada bayi. Agar lebih jelas, simak informasi selengkapnya, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Anak, Parenting 01/05/2020 . 11 mins read

Encephalocele

Encephalocele atau ensefalokel adalah cacat lahir pada bayi. Cari tahu mengenai definisi, gejala, penyebab, dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 28/04/2020 . 8 mins read

Hernia Diafragmatika

Hernia diafragmatika atau hernia diafragma adalah cacat lahir bayi. Cari tahu seputar penyebab, diagnosis, dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 27/04/2020 . 9 mins read

Thalasemia pada Anak

Thalasemia adalah penyakit kelainan bawaan pada anak. Cari tahu selengkapnya seputar definisi, penyebab, dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 27/04/2020 . 8 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

omphalocele adalah omfalokel

Omphalocele

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020 . 9 mins read
atresia esofagus adalah esophageal atresia

Atresia Esofagus

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020 . 8 mins read
tumbuh kembang bayi prematur

Anophthalmia

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020 . 8 mins read
mikrotia atau microtia adalah

Microtia

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020 . 8 mins read