home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Minuman Pelancar ASI yang Ampuh untuk Ibu Menyusui

8 Minuman Pelancar ASI yang Ampuh untuk Ibu Menyusui

Semua ibu pasti berharap agar produksi ASI tetap lancar dan cukup untuk asupan si kecil. Namun terkadang, ada berbagai kondisi yang kadang membuat produksi ASI seret. Agar produksi ASI lebih banyak, yuk coba minuman pelancar atau penambah ASI berikut ini, Bu!

Berbagai minuman pelancar ASI

Minuman pelancar ASI

Mengutip dari Pregnancy Birth, & Baby, produksi ASI yang sedikit bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Namun tenang, kondisi ini biasanya hanya sementara waktu karena berbagai faktor. Mungkin hari ini ASI Anda tidak keluar, tetapi jika terus dirangsang lama-lama bisa menjadi banyak.

Untuk meningkatkan produksi ASI, Anda bisa mencoba minuman pelancar atau penambah ASI berikut ini.

1. Air mineral

Minuman pelancar ASI

Tak hanya mencukupi kebutuhan cairan tubuh, air mineral juga menjadi minuman pelancar atau penambah ASI yang paling mudah ibu temukan.

Apalagi, ibu juga perlu menjaga asupan cairan karena setelah menyusui biasanya akan merasa lebih haus.

Oksitosin yang dikeluarkan tubuh selama menyusui memicu rasa haus. Oleh karena itu, cara alami tubuh untuk memastikan produksi ASI terjaga yaitu melalui air mineral.

Kebutuhan cairan ibu menyusui memang lebih banyak dibanding wanita tidak menyusui. Dalam sehari, kebutuhan cairan ibu bisa mencapai 3-3,5 liter. Jika kekurangan cairan, produksi ASI juga bisa berkurang.

2. Green smoothie

Minuman pelancar ASI
Sumber: Theveglife.com

Bagi Anda penggemar jus hijau, ada kabar baik, lho. Pasalnya, smoothies hijau ternyata bisa menjadi salah satu minuman pelancar ASI.

Biasanya, green smoothies adalah minuman yang berasal dari campuran sayuran hijau dan buah seperti bayam, kale, sawi, dan lain-lain.

Sayuran hijau ini mempunyai kandungan mineral, serat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Kandungan vitamin A dan fitoestrogen dalam sayuran hijau bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi ASI lebih banyak.

3. Air kaldu

air kaldu untuk melancarkan ASI

Saat sakit, sup mungkin menjadi salah satu pilihan makanan untuk Anda konsumsi karena menghangatkan dan menyegarkan tubuh.

Nah, ibu juga bisa memanfaatkan kuah sup yang berasal dari air kaldu sebagai salah satu minuman pelancar ASI.

Air kaldu mempunyai kandungan kolagen, protein, vitamin, dan mineral yang dapat mengatasi kelelahan, nyeri sendi, serta menyeimbangkan kadar hormon setelah melahirkan.

Lalu, air kaldu juga mempunyai nutrisi yang baik untuk jaringan kelenjar payudara sehingga membantu melancarkan produksi ASI.

4. Jus alpukat

jus alpukat Minuman pelancar ASI

Buah alpukat mempunyai kandungan nutrisi berupa folat, kalium, serat, lemak baik, serta antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh termasuk pada ibu menyusui.

Anda bisa membuat jus alpukat dengan tambahan susu cokelat supaya minuman penambah ASI yang satu ini lebih enak untuk dinikmati.

Buah alpukat mengandung asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9. Selain itu, ada pula kandungan lainnya berupa asam folat, vitamin C, vitamin E, dan kalium yang bermanfaat untuk membantu perkembangan bayi.

5. Teh barley

biji barley adalah
Sumber: Resep Koki

Barley atau jelai adalah salah satu jenis gandum yang ternyata mempunyai manfaat untuk ibu menyusui. Hal ini karena di dalamnya terdapat galactogog, molekul sintetis yang berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI.

Barley juga menjadi sumber polisakarida sehingga membantu meningkatkan kadar prolaktin atau hormon menyusui.

Ibu bisa menjadikannya sebagai minuman pelancar ASI dengan merendamnya ke dalam air atau memanfaatkan teh barley.

Namun, apabila ibu menyusui mempunyai penyakit celiac sebaiknya tidak mengonsumsi barley.

6. Teh herbal

Tahukah Anda bahwa ada teh laktasi berupa campuran dari bahan herbal yang dapat ibu manfaatkan sebagai minuman pelancar atau penambah ASI?

Apabila campuran herbal di dalamnya tidak terlalu efektif untuk meningkatkan ASI, setidaknya teh dapat menambah asupan cairan tubuh ibu.

Tubuh yang terhidrasi dengan cukup juga menjadi kunci produksi ASI yang seimbang.

Tumbuhan herbal yang digunakan sebagai teh laktasi adalah adas, fenugreek, jelatang, serta daun kelor. Ibu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi teh herbal.

7. Jahe hangat

Minuman penambah ASI

Sebagian besar orang memanfaatkan minuman air jahe untuk membantu meredakan ketidaknyamanan serta menghangatkan tubuh.

Air jahe hangat juga bisa ibu manfaatkan sebagai minuman pelancar atau penambah ASI. Jahe mempunyai senyawa galactogog untuk membantu merangsang produksi ASI.

8. Susu kacang

minuman penambah asi

Dalam laman Sanford Health tertulis bahwa kacang mempunyai kandungan protein, serat, vitamin, mineral, antioksidan, serta lemak baik.

Salah satunya kacang almond yang mengandung asam lemak omega-3 cukup tinggi sehingga dapat merangsang hormon sekaligus meningkatkan produksi ASI.

Jika ibu alergi susu sapi, susu almond atau kedelai juga dapat menjadi alternatif minuman pelancar ASI sekaligus menambah asupan kalsium.

Ada berbagai alasan mengapa produksi ASI ibu terkadang stabil, meningkat, atau pun menurun.

Saat mengalami masalah menyusui, tidak ada salahnya untuk bertemu dokter atau konsultan laktasi untuk melancarkan kembali produksi ASI.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to increase milk supply. (2021). Retrieved 21 April 2021, from https://raisingchildren.net.au/newborns/breastfeeding-bottle-feeding/breastfeeding-challenges/increase-supply

Increasing your breast milk supply. (2021). Retrieved 21 April 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/increasing-your-breast-milk-supply

Breastfeeding: Diet and Fluid Intake l University Hospitals l Northeast Ohio | University Hospitals. (2021). Retrieved 21 April 2021, from https://www.uhhospitals.org/services/obgyn-womens-health/patient-resources/pregnancy-resources/Breastfeeding-Guide/breastfeeding-diet-and-fluid-intake

Breastfeeding superfoods for moms | Sanford Health News. (2019). Retrieved 21 April 2021, from https://news.sanfordhealth.org/womens/top-10-breastfeeding-superfoods/

Comerford, K., Ayoob, K., Murray, R., & Atkinson, S. (2016). The Role of Avocados in Maternal Diets during the Periconceptional Period, Pregnancy, and Lactation. Nutrients, 8(5), 313. doi: 10.3390/nu8050313

Barley. (2021). National Library Of Medicine (US). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK501827/

Alessandra N. Bazzano, K. (2016). A Review of Herbal and Pharmaceutical Galactagogues for Breast-Feeding. The Ochsner Journal, 16(4), 511. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5158159/

Paritakul, P., Ruangrongmorakot, K., Laosooksathit, W., Suksamarnwong, M., & Puapornpong, P. (2016). The Effect of Ginger on Breast Milk Volume in the Early Postpartum Period: A Randomized, Double-Blind Controlled Trial. Breastfeeding Medicine, 11(7), 361-365. doi: 10.1089/bfm.2016.0073

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 24/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x