Susu Almond vs Susu Kedelai, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi seseorang yang memiliki kondisi kesehatan seperti intoleransi laktosa dan alergi, mungkin belum pernah merasakan minum susu dan mendapat asupan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Selain itu, sebagian orang yang menganut gaya hidup vegan atau vegetarian dan yang ingin/perlu mengurangi asupan kolesterol memilih untuk menghindari susu sapi. Dengan alasan tersebut, beberapa alternatif susu sekarang ini cukup mudah ditemukan. Contohnya adalah susu almond dan susu kedelai. Keduanya secara alami bebas dari laktosa dan rendah kolesterol. Namun, perbedaan antara susu almond dan susu kedelai terdapat dalam kandungan nutrisi.

Perbedaan kandungan nutrisi pada susu almond dan kedelai

Secara nutrisi, susu sapi tentu memiliki kandungan yang paling baik dibandingkan jenis susu lainnya. Namun, kondisi kesehatan dan pilihan gaya hidup tetap menjadi faktor penting dalam menentukan jenis susu yang dikonsumsi. Untuk itu, Anda perlu tahu perbedaan kandungan nutrisi yang masing-masing terdapat susu almond dan susu kedelai sebelum memilih salah satunya sebagai alternatif susu sapi.

Kandungan nutrisi susu almond

Susu almond termasuk susu nabati karena terbuat dari kacang almond yang dihaluskan. Susu ini terkadang juga mengandung pati dan pengental untuk meningkatkan konsistensi dan masa kedaluwarsanya.

Susu almond sebanyak 245 gram menyediakan nutrisi seperti:

  • 40 kalori
  • 1,45 gram karbohidrat (lebih jika mengandung pemanis)
  • 3,58 gram lemak
  • 1,51 gram protein

Meskipun kacang almond adalah salah satu sumber protein nabati, hal tersebut tidak sejalan dengan susu almond karena protein pada susu ini cukup rendah. Anda juga tidak dapat mendapatkan asupan kalsium dari susu nabati ini. Namun, terdapat beberapa susu almond yang telah difortifikasi kalsium dan vitamin D untuk menambah kekurangan nutrisinya.

Kandungan nutrisi susu kedelai

Susu kedelai dibuat dari kacang kedelai dan sama halnya seperti susu almond, sebagian dari susu nabati ini mengandung pengental untuk meningkatkan konsistensi dan masa kedaluwarsanya.

Nutrisi pada susu kedelai sebanyak 100 gram di antaranya adalah:

  • 41 kalori
  • 5 gram karbohidrat (lebih jika mengandung pemanis)
  • 2,5 gram lemak
  • 3,5 gram protein

Susu kedelai juga dapat menjadi sumber probiotik apabila melalui proses fermentasi. Kacang dan susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang baik. Susu kedelai juga dapat menjadi sumber asupan kalsium apabila telah difortifikasi seperti susu almond.

Perbedaan manfaat kesehatan dari susu almond dan susu kedelai

Susu almond dan kedelai mampu memberikan manfaat kesehatan. Namun, keduanya mengandung nutrisi yang berbeda sehingga manfaat yang diberikan pun tidak sama.

Susu almond

Almond mentah merupakan sumber protein, vitamin, serat, dan antioksidan. Manfaat kesehatan dari almond mentah tersebut membantu popularitas susu almond meningkat sehingga jenis susu nabati ini menjadi alternatif dari susu sapi.

Susu almond kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan berat badan dan menjaga keseimbangannya.

Para peneliti menyatakan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau biasa dikenal dengan kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, susu almond dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, hingga kanker.

Susu kedelai

Sama seperti susu almond, susu kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, susu nabati ini juga mengandung asam lemak tak jenuh jamak.

Di samping mengandung asam lemak yang baik untuk tubuh, susu kedelai adalah satu-satunya alternatif produk susu yang menyediakan jumlah protein yang hampir sama dengan susu sapi. Bahkan kandungan proteinnya sebanding dengan yang ada pada susu sapi.

Lalu, manfaat susu kedelai lainnya berasal dari isoflavon. Kandungan ini dapat menjadi antioksidan bagi tubuh dan berfungsi untuk mengurangi inflamasi atau peradangan, dan mungkin juga bersifat sebagai antikanker.

Mana susu nabati yang lebih baik?

Secara keseluruhan, perbedaan susu almond dan susu kedelai tidak jauh berbeda karena sebagian besar kedua susu nabati ini telah difortifikasi atau ditambahkan kalsium dan vitamin D.

Keduanya dapat menjadi alternatif dari susu sapi selama Anda membaca informasi gizi dan mencari sumber makanan lain untuk mengganti kekurangan nutrisi dari kedua jenis susu.  Anda akan mendapat kandungan nutrisi yang hampir sama sehingga semua bergantung pada selera atau pilihan pribadi.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    3 Cara Terbaik untuk Mengobati Gusi Turun yang Mengganggu

    Gusi turun tak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan masalah gigi yang lebih parah. Sebelum terlambat, ketahui cara mengatasi gusi turun berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Gigi dan Mulut 7 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

    Alasan Merawat Kulit Wajah Harus Dilakukan Sedini Mungkin

    Merawat kulit wajah dan tubuh perlu dilakukan sejak dini. Selain mencegah penuaan dini, merawat kulit juga turut menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Kesehatan 3 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

    6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

    Sikap pasangan yang berubah drastis bisa menjadi tanda-tanda bahwa ia sedang selingkuh. Apa saja tanda-tanda yang bisa diperhatikan?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit

    Benarkah Masker dari Air Mani Pria Bisa Membuat Kulit Wajah Mulus dan Awet Muda?

    Tren masker wajah yang mengandung air mani pria sempat booming karena katanya dapat menghaluskan keriput. Namun, hati-hati. Tidak semua klaim itu benar.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    mengatasi keringat dingin

    Memahami Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Keringat Dingin

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
    scrub matcha dari bahan alami

    Ragam Scrub dari Bahan Alami yang Bagus dan Bikin Glowing

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
    manfaat alpha arbutin

    Mengenal Alpha Arbutin, Bahan Andalan untuk Produk Perawatan Kulit

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
    produk skincare

    Fungsi Produk Skincare dan Urutan Pemakaiannya Secara Umum

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit