home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Sayur untuk MPASI Terbaik dan Bergizi yang Perlu Diberikan

8 Sayur untuk MPASI Terbaik dan Bergizi yang Perlu Diberikan

Saat bayi sudah masuk ke dalam fase MPASI, apa saja menu yang sudah Anda siapkan? Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman baru untuknya saat mencoba berbagai macam varian makanan. Selain karbohidrat dan protein, Anda juga perlu menambahkan sayur untuk menambah nutrisi. Berikut 8 pilihan sayur untuk MPASI terbaik yang perlu diberikan kepada anak.

Apa manfaat sayur untuk MPASI?

sayur untuk mpasi bayi

Tidak hanya membutuhkan asupan ASI ekslusif, pada usia 6 bulan kebutuhan gizi si kecil perlu ditambahkan dari MPASI.

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan perkembangan bayi karena energi dan kalori yang dibutuhkan sudah semakin besar.

Sayur untuk MPASI pertama sangat bermanfaat karena mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan mulai dari berbagai vitamin, mineral, hingga serat.

Walaupun penting, Anda cukup menambahkan 10 gram hingga 20 gram asupan sayur untuk MPASI bayi setiap harinya.

Dikutip dari UNICEF, hal yang perlu diperhatikan orangtua adalah hindari memberikan MPASI yang terlalu cair karena nutrisinya akan berkurang.

Agar anak mendapatkan makanan yang bernutrisi, perhatikan pula variasi makanannya dimulai dari karbohidrat, protein, lemak, sayuran, serta buah.

Macam-macam sayur untuk MPASI

sayur untuk mpasi

Dikutip dari WHO, menu MPASI yang bervariasi perlu diberikan orangtua untuk memastikan agar anak mendapatkan gizi serta nutrisi yang dibutuhkan.

Begitu juga dengan variasi sayur untuk MPASI pertama. Berikan jenis sayuran berbeda setiap harinya atau selang-seling untuk memaksimalkan gizi dan nutrisi.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa tahu sayuran apa yang disukai, tidak disukai, atau bahkan memberikan efek tertentu pada tubuh anak.

Perlu diketahui bahwa semakin gelap, cerah, dan memperlihatkan warna maka akan semakin tinggi kandungan nutrisi di dalam sayuran tersebut.

Berikut macam-macam sayur yang bagus untuk MPASI bayi, seperti:

1. Brokoli

Sebagai salah satu sayur untuk MPASI yang dapat dikonsumsi bayi, brokoli tergolong rendah kalori, kaya nutrisi, dan dapat dikonsumsi dengan cara apapun.

Tidak hanya itu saja, brokoli juga mempunyai kandungan zinc, magnesium, vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, serta kalium.

Kandungan ini bermanfaat sebagai anti-oksidan, membentuk jaringan tubuh dan tulang, menyehatkan pencernaan, dan memaksimalkan kandungan protein dalam makanan.

2. Bayam

Salah satu sayuran yang disukai banyak orang ini juga menjadi jenis sayur yang baik untuk MPASI. Kandungan serat di dalamnya baik untuk pencernaan anak sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Tidak hanya itu saja, pada bayam juga terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, asam folat, kalsium, serta zat besi yang juga dibutuhkan bayi.

Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, melancarkan sirkulasi oksigen, serta menjaga kesehatan tulang.

3. Wortel

Selain dapat menambah warna pada makanan, wortel juga dapat menjadi pilihan sayur untuk MPASI yang diberikan kepada bayi.

Dikutip dari Eminence Kids Foundation, di dalam wortel terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh anak seperti beta karoten, vitamin A, serat, vitamin K1, serta kalium.

Kandungan di dalam wortel tersebut bermanfaat untuk tubuh anak, di antaranya adalah:

4. Tomat

Ada banyak kandungan di dalam tomat yang bermanfaat untuk tubuh. Oleh karena itu, tomat juga menjadi salah satu sayur yang direkomendasikan dan bagus untuk MPASI bayi.

Hindari memberikan tomat mentah kepada bayi karena lebih asam. Hal ini yang membuat Anda perlu memasaknya terlebih dahulu dengan bahan makanan lainnya.

Tomat mempunyai kandungan vitamin C, provitamin A, likopen, dan kaya akan kandungan air.

Bahan makanan yang satu ini bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, meningkatkan imun, mencegah sembelit, serta menjaga kesehatan mata.

5. Ubi

Ubi juga menjadi salah satu varian sayur yang bisa dimanfaatkan untuk MPASI bayi. Selain serat, sayuran ini juga mempunyai kandungan karbohidrat di dalamnya.

Beberapa kandungan lainnya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serta kalium.

Maka dari itu, ubi juga bermanfaat untuk menambah imun, meningkatkan memori, serta mencegah gangguan pencernaan pada anak.

6. Kubis

Kubis atau biasa juga disebut kol kaya akan kandungan vitamin serta mineral sehingga dapat dijadikan sebagai sayur untuk MPASI bayi.

Beberapa kandungan yang perlu diketahui orangtua adalah serat, folat, kalsium, magnesium, vitamin C, vitamn B6, juga vitamin K.

Ada juga kandungan mikronutrien lainnya yang dibutuhkan bayi seperti vitamin A serta zat besi walaupun dalam jumlah yang kecil.

Dilihat dari kandungannya, kubis bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi, mengatasi radikal bebas, meningkatkan fungsi tulang, hingga menjaga kesehatan pencernaan.

7. Labu

Sama seperti wortel, labu juga mempunyai warna yang dapat memberikan tambahan warna pada makanan bayi.

Salah satu sayur yang bisa dijadikan makanan untuk MPASI ini mempunyai kandungan kalsium, magnesium, fosfor, vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin B6, zinc, serta folat.

Selain dapat menjaga imun di dalam tubuh, labu juga bermanfaat untuk membunuh kuman di dalam usus sehingga pencernaan pun lancar.

Lalu, manfaat lainnya untuk bayi adalah menjaga kesehatan mata, memperkuat fungsi tulang, sekaligus menstumulasi perkembangan otak.

8. Buncis

Sayuran berwarna hijau ini juga bisa dijadikan alternatif lain untuk dijadikan sebagai bahan MPASI bayi.

Hal ini karena buncis mempunyai kandungan serat, sodium, vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, juga zat besi.

Tidak hanya untuk orang dewasa, ada beberapa manfaat untuk bayi, seperti meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan fungsi tulang, sekaligus melancarkan saluran pencernaan.

Apa pun jenis sayuran atau varian makanan lainnya yang diberikan pada anak di masa MPASI, jangan lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter.

Selalu sesuaikan porsi, dan tekstur sesuai usia bayi. Pemberian sayuran dalam MPASI sifatnya pengenalan.

Dengan begitu, porsinya tidak perlu terlalu banyak dan tetap dikombinasikan dengan zat gizi yang lain seperti karbohidrat, lemak dan protein.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Portions and healthy eating habits for babies . (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://www.education.vic.gov.au/parents/feeding-nutrition/Pages/babies-portions.aspx

Feeding your baby: 6–12 months. (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://www.unicef.org/parenting/food-nutrition/feeding-your-baby-6-12-months

GUIDING PRINCIPLES FOR COMPLEMENTARY FEEDING OF THE BREASTFED CHILD. (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://www.who.int/nutrition/publications/guiding_principles_compfeeding_breastfed.pdf

Complementary feeding: family foods for breastfed children. (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://www.who.int/publications/i/item/complementary-feeding-family-foods-for-breastfed-children

Breastfeeding and Complementary Nutrition in Central America. (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://www.eatrightpro.org/practice/practice-resources/international-nutrition-pilot-project/breast-feeding-and-complementary-nutrition

Memberi Makan pada Bayi: Kapan, Apa, dan Bagaimana?. (2016). Retrieved 21 January 2021, from https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana

Health Benefits of Broccoli. (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://www.healthyeating.org/blog/detail/health-benefits-of-broccoli

Cabbage. (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ingredientsprofiles/Cabbage

Green Beans. (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://defeatdiabetes.org/resources/healthful-eating/vegetables/green-beans/

Robbins, O. (2018). Are Sweet Potatoes Good for You? Everything You Need to Know. Retrieved 21 January 2021, from https://foodrevolution.org/blog/sweet-potato-health-benefits/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 04/03/2021
x