home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Agar Tak Bosan di Rumah, Ini Menu Takjil yang Bisa Dimasak Bersama Si Kecil

Agar Tak Bosan di Rumah, Ini Menu Takjil yang Bisa Dimasak Bersama Si Kecil

Apakah si kecil sedang belajar berpuasa? Agar ia tidak mudah bosan ketika harus berpuasa di rumah saja, ibu bisa mengajaknya ke dapur untuk mengolah menu berbuka atau takjil bersama anak. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, ada beragam menu makanan yang dapat dimasak bersama si kecil. Lebih lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini.

Beragam kreasi menu takjil untuk anak

Menjelang adzan magrib, ibu dan si kecil bisa membuat menu berbuka puasa yang sehat dan bernutrisi.

Jangan lupa memastikan bahwa takjil yang dibuat juga harus mengandung kadar air yang cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Berikut pilihan menu takjil yang dapat ibu masak bersama si kecil.

1. Bubur kacang hijau

Kacang hijau yang kaya dengan nutrisi penting ini sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil untuk anak. Kacang yang mudah ditemukan di Indonesia ini merupakan salah satu sumber protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan terbaik.

Tingginya kandungan serat pada kacang hijau juga mampu melancarkan pencernaan tubuh.

Manfaat kesehatan lain dari kacang hijau adalah kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang ini. Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas yang mampu merusak dalam tubuh.

Agar anak tak bosan ketika menunggu menu takjil ini disajikan, Anda dapat mengajaknya bermain permainan yang sesuai dengan usianya.

Apabila di bawah 2 tahun, ajak anak menebak warna peralatan masak yang digunakan. Jika telah menginjak usia sekolah, ibu dapat memintanya untuk menyebutkan huruf pada buku resep yang ibu gunakan untuk memasak bubur kacang hijau.

2. Kue kering dari wortel

Wortel adalah sayuran dengan kandungan air yang tinggi, yakni sebesar 88,29%. Saat berpuasa, sangat penting untuk menjaga kadar air di dalam tubuh supaya tidak dehidrasi.

Selain minum air putih yang cukup, sumber cairan saat puasa juga didapatkan dari makanan dan minuman lain yang dikonsumsi. Oleh karena itu, usahakan menu takjil untuk anak merupakan makanan dengan kandungan air yang tinggi.

Dengan mengonsumsi wortel, ibu dapat membantu si kecil dan keluarga memenuhi kebutuhan cairan, sehingga tidak mengalami dehidrasi ketika berpuasa.

Selain itu, aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika membuat menu takjil untuk anak ini adalah mengajaknya untuk membuat adonan kue kering wortel.

Ibu bisa mengajak si kecil untuk bantu memasukkan bahan-bahan kue kering sebelum diolah. Kemudian ia dapat membantu menaruh choco chip di atas adonan kue yang telah dibentuk.

3. Pisang bakar

Menu pisang bakar mampu memenuhi keinginan berbuka puasa dengan yang manis. Tak hanya memiliki rasa yang manis, pisang juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Sebuah pisang berukuran sedang mengandung nutrisi:

  • vitamin B6,
  • serat,
  • kalium,
  • magnesium, dan
  • vitamin C.

Membantu ibu memasak pisang bakar bisa menjadi salah satu aktivitas yang disukai oleh anak sebelum jam berbuka puasa. Si kecil dapat membantu mengoleskan pisang dengan mentega sebelum pisang dipanggang.

Setelah dipanggang hingga kecokelatan, pisang bakar pun siap dinikmati menjadi takjil manis nan lezat.

4. Es buah sebagai menu takjil untuk anak

Membuat es buah bersama ibu dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dengan anak menjelang waktu berbuka. Pilih buah-buahan yang memiliki warna dan rasa yang beragam, serta mampu mengembalikan cairan dalam tubuh yang hilang selepas berpuasa.

Contoh buah-buahan yang dapat dijadikan es buah sekaligus membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah:

  • semangka,
  • nanas,
  • apel,
  • jeruk, dan
  • stroberi.

Aktivitas yang dapat dilakukan bersama anak saat membuat es buah ini berupa menebak nama-nama buah, membedakan warna-warna buah, atau membedakan rasa buah.

Ibu bisa juga menambahkan kolang kaling sebagai buah kaya antioksidan yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Cara menjaga tubuh tetap terhidrasi saat puasa

Di samping memasak menu takjil yang kaya akan nutrisi untuk anak, jangan lupa ibu memastikan si kecil mendapat asupan cairan yang paling utama, yakni dengan minum air putih.

Sebelum menyantap takjil, awali berbuka dengan air putih dan kurma. Air putih akan lebih cepat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa dan beraktivitas di rumah.

Sebaiknya sediakan air mineral di rumah karena air mengandung nutrisi penting yang menunjang kesehatan tubuh, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Kandungan mineral ini dapat membantu pertumbuhan tulang, aktivitas otot, dan saraf.

Pastikan ibu memilih air mineral berkualitas, berasal dari sumber air pegunungan alami, yang ekosistem di sekitar sumber airnya terlindungi. Sumber yang terlindungi akan menjaga kekayaan dan kealamian mineralnya, yang baik bagi kesehatan keluarga.

Oleh karena itu, agar puasa berjalan lancar dan tubuh tetap segar, minum 8 gelas air mineral per hari dengan pembagian 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah berbuka dan shalat tarawih, dan 2 gelas lagi saat sahur.

Ajak keluarga mengikuti pola minum ini agar tubuh tetap terhidrasi selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Harahap, S., Nasution, M. N. H., & Nasution, D. P. Y. (n.d.). KANDUNGAN NILAI GIZI KOLANG KALING DARI AREN (Arenga pinnata) SEBAGAI SUMBER PANGAN BARU DI TAPANULI BAGIAN SELATAN. Retrieved from jurnal.ugn.ac.id

Berry, J. (n.d.). The top 20 most hydrating foods. Health News – Medical News Today. Retrieved May 4, 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/325958

A Healthy Ramadan. (n.d.). British Nutrition Foundation. Retrieved May 4, 2020, from https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html

Water: How much should you drink every day? (2017, September 6). Mayo Clinic. Retrieved May 4, 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256

Bananas. (2019, October 21). The Nutrition Source. Retrieved May 5, 2020, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/bananas/

Kerri-Ann Jennings, MS, RD. (n.d.). 9 health benefits of eating whole grains. Healthline. Retrieved May 5, 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-of-whole-grains

Ryan Raman, MS, RD. (n.d.). 10 impressive health benefits of mung beans. Healthline. Retrieved May 5, 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Willyson Eveiro
Tanggal diperbarui 3 hari lalu
x