Timun

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Manfaat

Apa manfaat timun?

Dalam dunia obat herbal tradisional, manfaat timun sudah tidak diragunakan lagi. Timun membantu mengendalikan tekanan darah akibat hipertensi ataupun hipotensi.

Satu porsi timun 50 gram mengandung 80 gram kalium yang baik untuk menurunkan darah. Dalam tubuh, kalium bekerja untuk melebarkan pembuluh darah sehingga membuat tekanan darah yang awalnya tinggi jadi menurun. Secara sederhana, timun dinggap memiliki efek yang sama seperti obat hipertensi.

Selain itu, kandungan vitamin K yang berlimpah dalam timun juga dikaitkan untuk kesehatan tulang dan mencegah tulang mudah patah. Kandungan senyawa cucurbita dalam timun juga memberikan banyak manfaat kesehatan seperti membantu mengurangi lonjakan gula darah, mencegah aterosklerosis dan kanker.

Selain itu, timun juga digunakan secara topikal untuk mendinginkan kulit yang sedang iritasi karena bersifat antiradang. Biji timun juga mungkin memiliki properti anthelmintic.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum  ada  cukup  studi tentang bagaimana  suplemen herbal ini bekerja.  Silakan diskusikan dengan  ahli  atau dokter untuk informasi  lebih  lanjut.

Namun, timun  sudah  digunakan  sebagai  diuretik  ringan  selama  bertahun‐tahun.  Fungsi  diuretik  ini  mungkin  disebabkan  oleh cucurbitin,  sebuah  glikosida.  Sementara timun memiliki efek yang sama seperti obat hipertensi ACE inhibitor untuk menghambat protein angiotensin I dalam darah.

Namun,  semua informasi  yang  tersedia  hanyalah  berdasarkan  info  obat  herbal  tradisional  tanpa ada bukti pasti dari  penelitian ilmiah. Itu sebabnya, selalu konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi timun dalam bentuk obat.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk timun untuk orang dewasa?

Dosis tanaman herbal ini berbeda‐beda bagi setiap pasien, karena bergantung  pada umur, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.  Tanaman herbal tidak selalu aman digunakan. Konsultasikan dengan herbalis atau dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Dalam bentuk apa saja timun tersedia?

Tanaman herbal ini tersedia dalam bentuk dosis berikut:

  • Jus
  • Benih
  • Shampo
  • Conditioner
  • Kosmetik yang menggunakan komponen timun

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh timun?

Manfaat timun memang banyak, namun tanaman herbal satu ini juga berpotensi menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping paling umum dari timun adalah:

Tidak  semua orang mengalami efek  samping tersebut. Terdapat beberapa efek  samping  lain yang tidak tercantum di atas. Jika Anda  memiliki kekhawatiran apapun tentang efek samping obat ini, silakan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi timun?

Agar manfaat timur dapat dirasakan secara maksimal, Anda harus menyimpan produk timun di tempat yang kering, sejuk, dan jauh dari panas maupun lembap.

Regulasi yang mengatur penggunaan tanaman herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya.

Sebelum menggunakan tanaman herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah timun?

Suplemen timun tidak boleh digunakan selama hamil atau menyusui sebagai obat. Juga tidak untuk anak‐anak. Produk timun juga sebaiknya tidak digunakan oleh orang yang hipersensitif terhadap herbal ini.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi timun?

Tanaman herbal ini mungkin dapat berinteraksi dengan obat Anda saat yang lain atau kondisi medis Anda saat ini. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya. Timun dapat meningkatkan efek diuretik dari obat‐obatan diuretik yang sedang Anda konsumsi, dan menurunkan level potassium.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Obat Herbal yang Berpotensi Mengobati Kanker Lambung (Perut)

Selain kemoterapi, kanker lambung (perut) mungkin juga bisa diredakan gejalanya dengan obat tradisional. Apa saja obat herbal kanker lambung yang aman?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Kanker Lambung 25 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Beragam Obat Herbal dan Pengobatan Alami untuk Kanker Prostat

Selain cara medis, obat herbal dan alami bisa Anda gunakan untuk mengobati kanker prostat. Apa saja bahan herbal dan pengobatan alami untuk kanker prostat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker Prostat, Kanker 13 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Daftar Obat Herbal yang Berpotensi Mengobati Kanker Ovarium

Selain pengobatan dokter, periset terus meneliti berbagai obat herbal kanker ovarium. Apa saja obat tradisional untuk kanker ovarium?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Kanker Ovarium 23 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Bahan-bahan Herbal untuk Pengobatan Gangguan Lambung

Tak jarang orang memilih obat alami untuk bantu atasi maag. Apakah sajakah obat herbal yang bisa membantu atasi sakit maag? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Gastritis, Health Centers 18 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat temulawak untuk kesehatan obat

9 Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 3 November 2020 . Waktu baca 13 menit
obat herbal dan alami untuk kanker prostat

Pedoman Memilih Suplemen dan Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
7 Obat Rematik Alami

7 Jenis Obat Rematik Alami untuk Membantu Mengatasi Gejala yang Timbul

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
obat tradisional dan herbal kanker otak

Pilihan Obat Tradisional (Herbal) untuk Membantu Mengatasi Kanker Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 6 menit