home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Macam Buah dan Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit

7 Macam Buah dan Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit

Ingin memiliki wajah glowing alami dan awet muda? Tenang, tidak harus selalu menggunakan perawatan mahal. Makan buah bisa jadi solusi praktis, lho! Sudah tahu apa saja buah yang bisa mencerahkan kulit secara alami?

Ragam buah dan bahan alami untuk mencerahkan kulit

1. Buah alpukat untuk mencerahkan kulit

resep alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya vitamin A, E, C, K, B6, B1, folat, dan asam pantotenat. Selain itu, alpukat memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan DNA dalam sel tubuh termasuk mencegah kerusakan sel kulit.

Bukan hanya itu, buah alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak sehat dalam alpukat inilah yang dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan iritasi atau luka.

Maka dari itu, alpukat merupakan buah yang sangat ampuh membentuk kulit wajah yang cerah alami.

2. Timun

manfaat kulit timun

Timun mengandung banyak air. Karena tingginya kadar air pada timun, ini membuat timun memiliki efek menyejukkan yang baik bagu tubuh. Ditambah lagi timun memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga bisa menjadi pelindung sel-sel tubuh.

Timun yang tidak dikupas sangat kaya akan vitamin K, vitamin C, serta serat makanan yang dibutuhkan tubuh.

Bahkan seperti dimuat dalam Asian Pacific Journal Tropical Medicine, timun dianggap sebagai buah yang dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi kerutan. Karena efek tersebut, timun bisa membantu mencerahkan warna alami kulit.

3. Buah pepaya untuk mencerahkan kulit

manfaat daun pepaya

Buah yang terkenal dengan manfaatnya mencegah sembelit ini bukan hanya baik untuk pencernaan. Makan pepaya pun bisa membuat kulit Anda akan lebih glowing secara alami.

Buah pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, vitamin C, asam pantotenat, folat, tembaga, magnesium, serta kalium.

Pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain yang membantu mencegah kerusakan kulit dari radikal bebas dan sebagai anti bakteri. Karena enzim inilah pepaya membuat pertahanan sel kulit semakin kuat dan tidak mudah rusak.

Ditambah lagi, kandungan berbagai nutrisi dan vitamin di dalamnya membantu mencerahkan rona wajah secara alami. Maka itu, pepaya menjadi buah yang sangat penting untuk mencerahkan kulit.

4. Mangga

manfaat jus mangga

Mangga merupakan buah yang kaya dengan vitamin A, E, C, dan K. Bukan hanya itu, komponen antioksidan di dalam mangga pun sangat banyak, ada flavonoid, beta karoten, dan xanthophylls.

Karena komponen-komponen itulah, buah mangga dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan DNA dan peradangan pada kulit. Karena kulit lebih terlindungi, cerah alami kulit pun akan tetap terjaga sepanjang hari dengan mangga.

Karena termasuk buah dengan antioksidan tinggi, mangga juga semakin sering digunakan dalam industri kosmetik dan skincare sebagai komponen dalam produk untuk kulit dan rambut.

5. Apel

manfaat apel an apple a day keeps the doctor away

Peribahasa tentang makan satu buah apel sehari, dapat menjauhkan Anda dari penyakit ternyata memang bukan kabar burung.

Kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, dan magnesium pada apel inilah yang jadi kekuatan utamanya. Paduan vitamin A dan C ini pula yang bisa membantu mencerahkan warna kulit Anda secara alami.

Bagian buah maupun kulit apel juga kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas berbahaya bagi sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Kulit jadi jauh lebih sehat dengan makan apel secara rutin.

6. Pisang

makan pisang bisa atasi sembelit

Siapa yang tidak kenal dengan buah kaya serat satu ini? Buah pisang juga kaya akan vitamin A, C, E, K, serta mineral seperti kalium, kalsium, fosfor dan magnesium.

Semua vitamin dan mineral ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kelancaran proses metabolisme dalam tubuh. Bukan itu saja, buah pisang ternyata dapat dicampur menjadi produk pelembap yang alami yang memiliki sifat antioksidan dan antimikroba.

Maka itu, pisang dipercayai sebagai buah yang bisa membuat kulit glowing secara alami alias bisa untuk mencerahkan kulit tanpa perlu repot.

7. Lemon

mitos air lemon
(Source: www.shutterstock.com)

Lemon merupakan buah yang memiliki zat pemutih alami. Buah tinggi vitamin C ini juga memiliki antioksidan yang sangat kuat membantu mengeluarkan racun dan melindungi kulit dari hiperpigmentasi.

Jadi, kalau terdapat pigmentasi yang tidak merata, bintik-bintik hitam, hingga bekas jerawat, lemon bisa jadi solusinya.

Anda bisa menggunakan buah lemon dalam minuman sehari-hari untuk mendapatkan efeknya secara optimal. Dengan begitu, lemon akan mencerahkan kulit Anda secara alami.

8. Centella asiatica

tanaman english ivy
Sumber: Molekule

Centella asiatica bukanlah buah melainkan tumbuhan yang sering dijadikan bahan aktif dalam produk skincare. Tumbuhan ini terkenal dengan efeknya yang bisa mempercepat proses regenerasi kulit.

Proses regenerasi membuat pembentukan kulit baru semakin cepat. Alhasil, sel kulit mati yang membuat kulit kusam jadi cepat berganti. Maka itu, bahan ini juga termasuk tumbuhan yang tidak bisa disepelekan khasiatnya untuk mencerahkan kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dawkins, G., Hewitt, H., Wint, Y., Obiefuna, P. C., & Wint, B. (2003). Antibacterial effects of Carica papaya fruit on common wound organisms. The West Indian medical journal, 52(4), 290–292.

Dreher, M. L., & Davenport, A. J. (2013). Hass avocado composition and potential health effects. Critical reviews in food science and nutrition, 53(7), 738–750. https://doi.org/10.1080/10408398.2011.556759.

Mukherjee, P. K., Nema, N. K., Maity, N., & Sarkar, B. K. (2013). Phytochemical and therapeutic potential of cucumber. Fitoterapia, 84, 227–236. https://doi.org/10.1016/j.fitote.2012.10.003.

Ratz-Łyko, A., Arct, J., & Pytkowska, K. (2016). Moisturizing and Antiinflammatory Properties of Cosmetic Formulations Containing Centella asiatica Extract. Indian journal of pharmaceutical sciences, 78(1), 27–33. https://doi.org/10.4103/0250-474x.180247.

Shah, K. A., Patel, M. B., Patel, R. J., & Parmar, P. K. (2010). Mangifera indica (mango). Pharmacognosy reviews, 4(7), 42–48. https://doi.org/10.4103/0973-7847.65325.

Sundaram, S., Anjum, S., Dwivedi, P., & Rai, G. K. (2011). Antioxidant activity and protective effect of banana peel against oxidative hemolysis of human erythrocyte at different stages of ripening. Applied biochemistry and biotechnology, 164(7), 1192–1206. https://doi.org/10.1007/s12010-011-9205-3.

Telang P. S. (2013). Vitamin C in dermatology. Indian dermatology online journal, 4(2), 143–146. https://doi.org/10.4103/2229-5178.110593.

Wolfe, K., Wu, X., & Liu, R. H. (2003). Antioxidant activity of apple peels. Journal of agricultural and food chemistry, 51(3), 609–614. https://doi.org/10.1021/jf020782a.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x