home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Minum Air Putih vs Infused Water Saat Puasa, Mana yang Lebih Baik?

Minum Air Putih vs Infused Water Saat Puasa, Mana yang Lebih Baik?

Tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam ketika sedang berpuasa. Itu sebabnya, Anda dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air putih saat sahur dan berbuka guna mencegah dehidrasi atau kurangnya cairan. Nah, untuk mendukung kelancaran dan kesehatan tubuh saat puasa, lebih baik minum air putih atau infused water ya?

Apakah manfaat air putih dan infused water itu sama?

kandungan air putih

Jika di hari-hari biasanya Anda bisa minum air putih kapan pun dan dimana pun, berbeda dengan saat berpuasa.

Selama bulan Ramadan, waktu Anda untuk minum air putih menjadi lebih terbatas hanya pada saat sahur dan berbuka.

Meski waktu minum cairan tidak sebanyak biasanya, kebutuhan cairan tubuh tetap tidak berubah.

Dengan kata lain, waktu minum yang lebih singkat ini sebaiknya tetap mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama Anda berpuasa.

Akan tetapi, nyatanya tidak semua orang suka minum air putih biasanya dalam jumlah banyak. Atas dasar inilah biasanya orang berpikir untuk mengganti asupan air putih biasa dengan minum infused water saat puasa.

Infused water sebenarnya tidak jauh berbeda dengan air putih biasa. Hanya saja, ada tambahan potongan sayur, rempah, herbal, dan buah-buahan di dalamnya.

Pemberian potongan bahan-bahan tersebut pada infused water bukan hanya berguna untuk menambah rasanya, tetapi juga dapat memperkaya manfaat zat gizi di dalamnya saat puasa.

Menurut UPMC Health Beat, ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari infused water tergantung dari bahan yang dicampurkan ke dalamnya.

Ketika memasukkan potongan buah lemon dan jeruk yang merupakan sumber vitamin C, Anda akan mendapatkan manfaat buah tersebut.

Selain menambah asupan vitamin C, jeruk juga bermanfaat memberikan efek relaksasi, mengatasi kembung, hingga meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Metabolisme sendiri adalah proses mengubah zat gizi yang dimakan agar menghasilkan energi. Energi yang diperoleh ini dapat digunakan untuk mendukung aktivitas Anda selama berpuasa.

Begitu pula ketika Anda mencampurkan air putih biasa dengan sayur, buah, dan rempah-rempah lainnya, manfaat yang didapat juga beraneka ragam.

Menariknya lagi, infused water disebut-sebut juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini benar adanya mengingat ada tambahan sayur, buah-buahan, herbal, dan rempah di dalam air putih.

Dengan begitu, minum infused water bisa turut menjaga kesehatan tubuh saat puasa.

Ini berkat kandungan yang ada di dalam infused water untuk membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit selama puasa.

Sebaiknya minum air putih atau infused water saat puasa?

sudah cukup minum air putih belom

Melihat dari manfaatnya, pada dasarnya air putih maupun infused water sama-sama baik untuk diminum saat puasa, baik ketika waktu sahur dan berbuka tiba.

Jika Anda kurang menyukai rasa air putih yang tawar, infused water tentu bisa menjadi pilihan minuman yang baik sebagai pengganti air putih.

Sebaliknya, bagi Anda yang merasa minum air putih dalam jumlah banyak saja sudah cukup, tentu tidak masalah.

Minum infused water saat puasa seolah bisa membantu memberikan asupan zat gizi selain air putih berkat adanya tambahan sayur, buah, dan rempah.

Sementara untuk Anda yang lebih menyukai air putih tanpa tambahan bahan lainnya, Anda tetap bisa mendapatkan asupan zat gizi dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Sayur dan buah-buahan tersebut bisa dimakan langsung atau diolah terlebih dahulu dan dicampur dengan bahan makanan lainnya sesuai selera.

Bagaimana cara membuat infused water?

cara membuat infused water

Bila sedang bosan dengan air putih, infused water bisa menjadi pilihan lain dengan proses pembuatan yang cukup sederhana.

Anda hanya perlu mengisi satu botol minum atau satu pitcher dengan air putih biasa. Selanjutnya, siapkan dan potong sayur, buah, maupun rempah yang ingin Anda campurkan bersama air putih tersebut.

Masukan semua potongan buah, sayur, dan rempah ke dalam air putih kemudian simpan di dalam kulkas.

Supaya rasanya lebih kuat di dalam air putih, sebaiknya buat infused water saat puasa ini selama beberapa jam sebelum berbuka atau di malam hari sebelum bangun sahur.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Detox Water Health Benefits and Myths. Retrieved 21 April 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/detox-water-101 

Benefit Your Health with Infused Water. Retrieved 21 April 2020, from https://share.upmc.com/2014/07/benefit-health-infused-water/ 

12 Infused Water Recipes Video. Retrieved 21 April 2020, from https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/cooking-skills/cooking/fruit/12-infused-water-recipes

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x