home
close

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Alasan Penting Mengonsumsi Air Mineral yang Berkualitas

6 Alasan Penting Mengonsumsi Air Mineral yang Berkualitas

Air merupakan komponen penting bagi manusia karena 70% dari tubuh Anda terdiri dari air. Kadar air yang seimbang menjadi kunci untuk menjaga tubuh agar dapat berfungsi dengan optimal sepanjang hari. Itulah sebabnya setiap harinya Anda perlu minum setidaknya minimal 2 liter air per hari. Seperti yang kita tahu, sekarang ini banyak sekali jenis dan merek air mineral dalam kemasan yang beredar di masyarakat. Lalu, apa alasan yang mendasari seseorang mengonsumsi suatu merk air mineral atau AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) tertentu?

Berbagai alasan mengapa orang minum air mineral dalam kemasan

Selain menjadi solusi praktis, sebagian besar masyarakat sekarang ini juga sudah terbiasa minum air mineral dalam kemasan setiap hari. Kemasan yang dipilih pun beragam, mulai dari botol hingga galon untuk konsumsi di rumah. Saat ini, air mineral dalam kemasan atau air minum dalam kemasan (AMDK) dinilai lebih higienis dan praktis untuk dikonsumsi.

kebutuhan minum air putih untuk perokok

Penting bagi kita untuk memenuhi asupan cairan, salah satunya dengan cara minum air mineral sesuai jumlah yang dianjurkan. Hal ini tergantung pada kebutuhan cairan yang berbeda-beda pada masing-masing orang, aktivitas harian yang dijalani, komposisi tubuh, dan lain sebagainya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap hari, European Federation of Bottled Water mengungkapkan beberapa alasan dan manfaat dari mengonsumsi air mineral.

Manfaat kesehatan

Air mineral merupakan jenis minuman yang tidak mengandung kalori, gula, dan zat adiktif dan pastinya memastikan Anda terhindar dari dehidrasi. Dalam sehari, Kementerian Kesehatan Indonesia melalui panduan Angka Kecukupan Gizi 2019 menganjurkan anak-anak untuk minum setidaknya 700 mililiter sampai dua liter sehari, sedangkan untuk orang dewasa sekitar 2 sampai 2,5 liter.

Tak hanya dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh air mineral juga memberikan manfaat lain untuk tubuh. Jurnal Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism yang diterbitkan pada tahun 2017 menemukan bahwa air mineral memiliki manfaat bagi sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Ciri Air Mineral yang Baik

Sebagian besar produk AMDK telah lulus uji BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sehingga menawarkan kualitas air mineral yang terjamin. Bicara soal air mineral yang baik, berikut persyaratan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no. 492 tahun 2010.

  • Tidak berasa, berbau, dan berwarna atau jernih
  • Tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh atau tercemar, seperti:
    • Mikroba (misalnya E. coli)
    • Cemaran fisik (misalnya kotoran, pasir)
    • Pestisida
    • Logam berat (misalnya timbal, tembaga, cadmium, merkuri, arsen)
    • Cemaran kimia lain (misalnya nitrat, nitrit)

Persyaratan di atas merupakan tolok ukur dasar air minum yang aman untuk diminum. Selain hal di atas, terdapat beberapa point yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi AMDK.

Proses pengemasan harus terjamin

Kandungan mineral yang baik dalam AMDK perlu dikemas dengan baik sebelum dikonsumsi. Pengemasan memiliki peranan yang vital pada air mineral untuk menjaga higienitas agar terhindar dari kontaminasi virus dan bakteri dari luar. Untuk itu, sangatlah penting memilih kemasan air mineral yang disegel rapat. Salah satu air minum dalam kemasan yang tersegel dengan baik adalah Le Minerale, dengan teknologi mineral protection system yang menjaga kandungan mineralnya tetap utuh dan tidak terkontaminasi bakteri dan virus.

Selain itu, Le Minerale benar-benar terproteksi dengan kondisi tersegel rapat atau terdapat seal cap pada kemasan tutup nya sehingga aman dari pemalsuan. Cara ini merupakan salah satu langkah yang dapat Anda lakukan dalam menentukan produk AMDK yang aman, bersih, dan berkualitas.

Memastikan kandungan mineral dalam suatu produk

Salah satu poin tambahan yang bisa mempermudah Anda dalam memilih air mineral dalam kemasan adalah dengan memilih air mineral yang mencantumkan kandungan mineral dalam kemasannya. Salah satunya adalah Le Minerale yang mengandung anugerah mineral alami yang diambil langsung dari sumber mata air pegunungan terpilih.

Berkat proses dan perizinan yang ketat, rasa maupun komposisi air mineral dalam kemasan cenderung konsisten. Dengan mencermati label pada kemasan, Anda dapat mengetahui komposisi mineral dan zat apa saja yang bermanfaat bagi tubuh.

Praktis

Anda tidak akan kesulitan ketika sering merasa haus atau ingin menjaga kadar cairan dalam tubuh. Air mineral dalam kemasan praktis untuk dibawa kemanapun dan mudah ditemui dimana saja, serta memiliki harga yang sangat terjangkau.

Sebagai sumber alami yang berkelanjutan

Bagi masyarakat perkotaan, mungkin salah satu cara untuk mendapat air mineral alami dengan kandungan murni hanya melalui AMDK (Air Minum Dalam Kemasan). Untuk itu, produsen AMDK berdedikasi untuk melindungi sumber daya alam, dalam hal ini mata air.

Beberapa bagian dari pelestarian dan perlindungan sumber daya alam ini meliputi pengelolaan, keamanan, hingga mempertahankan proses yang efisien tanpa merusak alam.

Air mineral sekarang ini mungkin akan sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan sifatnya yang praktis dan higienis, tidak heran jika banyak orang yang mengandalkan air mineral dalam kemasan.

Hal ini juga yang terkadang menjadi solusi ketika terjadi situasi atau keadaan darurat. Misalnya ketika pasokan air berkurang akibat bencana alam seperti banjir.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

European Federation of Bottled Water. (2014). EFBW: Why choose Bottled Water? https://www.efbw.org/index.php?id=42

Quattrini, S. (2016). Natural mineral waters: chemical characteristics and health effects. Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism. https://doi.org/10.11138/ccmbm/2016.13.3.173

International Water Bottle Association. (n.d.). Bottled Water Quality – Bottled Waterhttps://bottledwater.org/the-healthy-choice/water-quality/#:~:text=Unlike%20tap%20water%2C%20which%20is

European Journal of Nutrition. (2019). Fluid intake of children, adolescents and adults in Indonesia: results of the 2016 Liq.In7 national cross-sectional survey. https://europepmc.org/article/med/29923119

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.492/MENKES/PER/IV/2010. http://www.ampl.or.id/digilib/read/24-peraturan-menteri-kesehatan-republik-indonesia-no-492-menkes-per-iv-2010/50471

Direktorat P2PTM – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (n.d.). Berapa takaran normal air agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh ? http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infograpihc-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/14/berapa-takaran-normal-air-agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 04/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x