home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Jeruk Nipis Ampuh untuk Bantu Diet?

Benarkah Jeruk Nipis Ampuh untuk Bantu Diet?

Pada dasarnya, tidak ada satu pun makanan atau minuman yang bisa memberikan efek instan dalam menurunkan berat badan. Meski begitu, jeruk nipis kabarnya mempunyai sejumlah manfaat yang mungkin berguna untuk diet sehat Anda.

Seperti apa efek jeruk nipis terhadap berat badan? Lalu, apakah buah ini bisa menjadi teman diet yang ampuh? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Hubungan antara jeruk nipis dan diet

jeruk nipis
Sumber: High Land Saroma Fresh

Jeruk nipis adalah bagian dari kelompok buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon. Berkat kandungan vitamin, serat, dan airnya yang tinggi, kelompok buah yang satu ini hampir tak pernah absen dari menu makanan dan minuman untuk diet.

Beberapa orang mencampurkan lemon ke dalam salad, mengonsumsi jeruk sebagai camilan, atau mengolah jeruk nipis menjadi infused water untuk diet. Alasannya karena buah-buahan sitrus dipercaya dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa buah-buahan sitrus bisa menurunkan berat badan dengan cara ini. Studi mengenai manfaat jeruk nipis untuk diet juga menunjukkan hasil yang beragam, tapi belum ada yang membuktikannya.

Satu-satunya cara meningkatkan laju metabolisme yaitu berolahraga dan membentuk massa otot. Beberapa jenis makanan dan minuman juga diyakini dapat meningkatkan laju metabolisme, tapi hal ini belum terbukti kuat secara ilmiah.

Minum air jeruk nipis untuk membantu diet

Jeruk nipis untuk obat batuk

Jeruk nipis memang tidak menurunkan berat badan secara langsung, tapi buah yang satu ini tetap memiliki manfaat bagi diet Anda. Faktanya, kandungan air dan gizi pada jeruk nipis dapat membantu orang-orang yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Meminum air dengan perasan jeruk nipis memiliki manfaat di bawah ini.

1. Membuat Anda lebih sering minum

Orang yang sedang berdiet dianjurkan untuk rajin minum air putih, tapi hal ini mungkin sulit dilakukan karena tidak semua orang menyukai rasanya. Inilah mengapa beberapa orang senang menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam air putih.

Jeruk nipis akan memberikan cita rasa yang segar sehingga Anda lebih sering minum. Asupan air jeruk nipis selama diet ampuh untuk menurunkan nafsu makan, membuang zat sisa dari tubuh, dan mencegah keinginan untuk minum minuman manis.

Sebuah penelitian dari jurnal Nutritional Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak air dibandingkan minuman manis lebih sukses dalam dietnya. Pasalnya, mereka secara tak langsung telah mengurangi asupan gula dan lemak.

2. Meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak

Asupan air dapat membantu meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak pada tubuh Anda. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian terbitan Journal of Clinical and Diagnostic Research pada 2013.

Pada penelitian tersebut, peserta yang minum dua cangkir air sebelum makan ternyata mengalami penurunan berat badan dan indeks massa tubuh (IMT). Bahkan, komposisi tubuh mereka juga mengalami sedikit perubahan.

Hal ini terjadi karena tubuh perlu menyesuaikan suhu air yang masuk agar sama dengan suhu internalnya. Proses ini membutuhkan lebih banyak energi. Oleh sebab itu, tubuh Anda membakar lebih banyak kalori dan cadangan energi berupa lemak.

3. Minuman rendah kalori yang kaya zat gizi

Air dengan jeruk nipis dapat menjadi teman terbaik untuk diet karena kalorinya sangat rendah. Satu gelas minuman ini bahkan hanya mengandung 11 kkal, jauh di bawah kalori rata-rata dalam minuman diet.

Jeruk nipis juga kaya akan vitamin C. Zat gizi ini membantu proses penguraian lemak menjadi energi, terutama saat berolahraga. Kekurangan vitamin C kemungkinan dapat memengaruhi proses ini sehingga penurunan berat badan menjadi kurang efektif.

Air jeruk nipis bukan solusi instan

jeruk nipis obat batuk

Meskipun bermanfaat untuk diet, minum air jeruk nipis saja tanpa berolahraga tidak akan menurunkan berat badan Anda. Idealnya, Anda perlu melakukan olahraga aerobik seperti berlari, bersepeda, atau berenang setidaknya 30 menit dalam sehari.

Anda juga dianjurkan untuk menambah massa otot dengan latihan beban setidaknya dua kali dalam seminggu. Semakin besar massa otot Anda, semakin banyak juga kalori yang tubuh Anda bakar.

Jangan pula mengonsumsi air jeruk nipis secara berlebihan. Jeruk nipis memiliki sifat asam yang dapat mengikis lapisan email gigi. Lindungi kesehatan gigi Anda dengan berkumur sehabis minum air jeruk nipis dan menyikat gigi secara teratur.

Jeruk nipis memang memiliki manfaat untuk diet. Akan tetapi, kunci menurunkan berat badan tetap terletak pada olahraga dan pola makan bergizi seimbang. Pastikan Anda menjalani keduanya agar tubuh tetap sehat selama diet.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Yes, drinking more water may help you lose weight. (2020). Retrieved 10 March 2021, from https://hub.jhu.edu/at-work/2020/01/15/focus-on-wellness-drinking-more-water/

Does Drinking Lime Water Make You Lose Weight?. (n.d.) Retrieved 10 March 2021, from https://www.livestrong.com/article/299222-does-drinking-lime-water-make-you-lose-weight/

Vij, V. A., & Joshi, A. S. (2013). Effect of ‘water induced thermogenesis’ on body weight, body mass index and body composition of overweight subjects. Journal of clinical and diagnostic research : JCDR, 7(9), 1894–1896. https://doi.org/10.7860/JCDR/2013/5862.3344

Madjd, A., Taylor, M., Delavari, A., Malekzadeh, R., Macdonald, I., & Farshchi, H. (2015). Effects on weight loss in adults of replacing diet beverages with water during a hypoenergetic diet: a randomized, 24-wk clinical trial. The American Journal Of Clinical Nutrition, 102(6), 1305-1312. https://doi.org/10.3945/ajcn.115.109397

An, R., & ‎McCaffrey, J. (2016). Plain water consumption in relation to energy intake and diet quality among US adults, 2005-2012. Journal Of Human Nutrition And Dietetics, 29(5), 624-632. https://doi.org/10.1111/jhn.12368

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x