home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Bakteri asam laktat, seperti Lactobacillus, merupakan jenis bakteri baik yang terdapat dalam banyak makanan dan minuman sehat. Apa fungsinya, dan apa saja manfaat bakteri jenis ini untuk kesehatan?

Apa itu bakteri asam laktat?

Bakteri asam laktat adalah kelompok bakteri yang mampu mengubah karbohidrat (glukosa) menjadi asam laktat. Sebagian bakteri baik ini berpotensi memberikan dampak positif bagi kesehatan dan nutrisi manusia

Beberapa manfaatnya yaitu meningkatkan nilai nutrisi makanan, mencegah infeksi pada usus, meningkatkan pencernaan laktosa, mencegah beberapa jenis kanker (terutama kanker usus dan lambung), serta mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Sebetulnya, tubuh manusia dapat memproduksi asam laktat sendiri. Asam laktat berfungsi mengubah karbohidrat menjadi energi jika kadar oksigen dalam darah rendah.

Sementara itu, asam laktat pada makanan umumnya digunakan sebagai cara untuk memperpanjang usia makanan dan sebagai nutrisi yang baik diberikan pada usus manusia.

Makanan dan minuman yang mengandung bakteri asam laktat

1. Yogurt

Jenis Lactobacillus dan Streptococcus secara alami menghasilkan asam laktat. Salah satu satu minuman yang terkenal terbuat dari bakteri baik ini yaitu yogurt.

Yogurt dibuat dengan menambahkan campuran bakteri bermanfaat, seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus ke dalam susu. Bakteri tersebut menghasilkan asam laktat selama proses fermentasi dengan laktosa (gula) dalam susu.

Sementara itu, asam laktat yang muncul bisa menurunkan kadar pH dari susu yang difermentasi. Hal tersebut dapat menyebabkan protein pada susu yang difermentasi menebal dan memberi rasa asam pada yogurt.

2. Acar sayuran dan kimchi

Acar sayuran umumnya terbuat dari timun dan wortel yang dicampur dengan cairan asam dan garam. Acar sayuran ini pada dasarnya juga terbuat dari asam laktat.

Asam laktat berperan penting dalam proses fermentasi yang menghasilkan rasa asam yang berbeda pada acar ataupun kimchi. Pasalnya, bakteri jenis ini seperti Lactobacillus dapat mengubah karbohidrat menjadi asam laktat tanpa memerlukan oksigen.

Perlu diketahui, proses fermentasi asam pada acar dibuat dengan cara menutup makanan di wadah yang kedap udara selama beberapa waktu. Maka itu, rasa asam timbul karena bakteri asam laktat yang tumbuh alami selama makanan di fermentasi.

3. Keju

Keju yang biasa Anda makan merupakan salah satu produk susu yang mengandung bakteri baik ini di dalamnya.

Beberapa jenis bakteri di dalamnya yaitu Streptococcus thermophilus, Lactobacillus bifidus, Lactobacillus bulgaricus, dan Lactobacillus acidophilus. Mereka bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan pencernaan.

4. Wine

Wine terbuat dari fermentasi anggur yang dicampur bakteri jenis ini. Setelah fermentsi kandungan gula dalam anggur menjadi alkohol, bakteri mengubah rasa pada anggur menjadi senyawa asam malat dan asam laktat.

Hal tersebutlah yang membuat rasa anggur dalam wine menjadi khas dan bisa untuk dikonsumsi.

5. Tahu

Tidak banyak yang mengerti bahwa tahu merupakan makanan yang juga memiliki kandungan asam laktat. Bersama dengan vitamin B12, kandungan bakteri baik ini atau bisa disebut probiotik.

Kandungan tersebut baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Bahkan, kandungan protein yang ada pada tahu lebih tinggi dibandingkan dengan protein dari segelas susu.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Lactic Acid and Fermented Foods https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0956713597000157 Diakses pada 3 Desember 2017.

What Foods Contain Lactic Acid https://www.livestrong.com/article/322340-what-foods-contain-lactic-acid/ Diakses pada 3 Desember 2017.

11 Super Healthy Probiotic Foods https://www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods Diakses pada 3 Desember 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 26/02/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x