Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

5 Manfaat Kesehatan Timun Suri, Buah Favorit untuk Buka Puasa

    5 Manfaat Kesehatan Timun Suri, Buah Favorit untuk Buka Puasa

    Biasanya tiap menjelang bulan Ramadan, banyak dijual dan disajikan sajian minuman berbahan timun suri.

    Buah yang banyak muncul ketika bulan puasa ini memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuning-kuningan. Tekstur dagingnya cenderung lembut serta mengandung banyak air.

    Kira-kira selain sebagai santapan berbuka yang menyegarkan di waktu puasa, apa saja manfaat timun suri yang baik untuk kesehatan? Mari simak penjelasannya berikut ini.

    Kandungan gizi timun suri

    manfaat timun suri

    Walau nama buah ini menggunakan nama timun, tapi nyatanya timun suri salah satu anggota keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae), masih satu keluarga dengan buah labu dan melon.

    Buah dengan nama latin Cucumis melo L var reticulatus Naudin ini paling populer disajikan menjadi es buah untuk menu buka puasa.

    Sebelum memahami manfaat dari timun suri, sebaiknya Anda pahami lebih dahulu kandungan zat gizi makro dan mikro di dalamnya.

    Per 100 gram buah mentimun suri, mengandung zat gizi sebagai berikut.

    • Air: 96,32 gram (g)
    • Protein: 1,26 g
    • Lemak: 0,04 g
    • Karbohidrat: 2,09 g
    • Kalsium: 768 miligram (mg)
    • Zat besi: 0,20 mg
    • Serat: 0,89 mg
    • Vitamin C: 24,86 mg
    • Kalium: 1008 mg
    • Fosfor: 422 mg

    Manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh

    manfaat timun suri untuk ibu hamil

    Mentimun suri kaya akan nutrisi sehingga sangat mungkin berpotensi baik untuk kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai aturan.

    Bila dilihat dari kandungan gizinya, di bawah ini beberapa manfaat yang mungkin bisa Anda dapatkan dari timun suri.

    1. Membantu mencukupi cairan tubuh

    Ada beberapa alasan kenapa timun suri sangat populer di bulan Ramadan.

    Pertama, rasa timun suri yang menyegarkan dan lembut dapat memanjakan lidah ketika berbuka. Kedua, rasanya yang hambar mirip alpukat, cocok jika ditambahkan dengan sirup dan susu.

    Di antara alasan tersebut, perlu Anda ketahui bahwa timun suri kaya akan air. Selama bulan puasa, Anda tidak makan dan minum setidaknya 12 hingga 13 jam dalam sehari.

    Dalam mode tersebut, tubuh tentu akan kehilangan banyak cairan. Nah, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini, timun suri bisa jadi memenuhi asupannya.

    2. Mencegah sekaligus mengatasi sembelit

    Manfaat timun suri yang umumnya banyak diketahui adalah dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Sama seperti buah lainnya, timun suri mengandung serat.

    Setiap hari, Anda setidaknya perlu mendapatkan serat sekitar 20 hingga 30 gram. Nah, kebutuhan serat ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi timun suri.

    Serat yang terkandung dari mentimun suri dibantu dengan konsumsi air putih yang mencukupi akan membuat feses jadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh.

    Anda tentu akan terhindar dari sembelit. Jika pada saat itu sedang sembelit, konsumsi buah dan air yang ditingkat bisa membantu mengatasi gejalanya.

    Konsumsi serat juga bisa membantu perut kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

    3. Menurunkan risiko berbagai penyakit

    Timun suri mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Bahan aktif pada timun suri ini memberi manfaat perlindungan yang melimpah.

    Mengutip situs Mayo Clinic, antioksidan yang terkandung pada jenis vitamin ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

    Molekul berbahaya ini dihasilkan tubuh ketika memecah zat gizi makanan, paparan sinar matahari, atau asap rokok.

    Paparan radikal bebas pada tubuh bisa menimbulkan peradangan yang dapat meningkatkan risiko banyak penyakit, seperti kanker usus, flu atau pilek, penyakit jantung, dan gangguan pada mata.

    Bila asupan vitamin C setiap hari terpenuhi lewat timun suri dan buah lainnya, risiko penyakit tersebut dapat menurun.

    Menurut Angka Kecukupan Gizi, wanita usia 19 sampai 80 tahun membutuhkan 75 mg vitamin C per harinya. Sementara pria dengan usia yang sama membutuhkan sekitar 90 mg vitamin C per harinya.


    Ingin mendapatkan berat badan ideal?

    Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


    4. Menyehatkan tulang

    Manfaat timun suri yang satu ini mungkin jarang diketahui. Kebanyakan mengira bahwa manfaatnya hanya didapat dari susu dan produk susu.

    Memang, tulang akan tetap sehat jika konsumsi vitamin D tercukupi. Namun, nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya itu saja.

    Tulang juga membutuhkan mineral lain, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Nah, nutrisi tersebut bisa didapat dari timun suri.

    5. Menurunkan risiko anemia

    Satu lagi kandungan nutrisi timun suri yang memberi manfaat dalam pencegahan anemia, yakni zat besi.

    Sekitar 70% zat besi ditemukan di dalam sel darah merah yang disebut hemoglobin, dan di dalam sel otot yang disebut dengan mioglobin.

    Hemoglobin sangat penting untuk mengantar oksigen dalam darah dari paru-paru ke jaringan.

    Sementara mioglobin, dapat menerima, menyimpan, mengangkut, sekaligus melepaskan oksigen yang terikat oleh hemoglobin.

    Bila kadar zat besi dalam tubuh rendah, kondisi ini bisa berujung dengan anemia. Nah, timun suri yang kaya zat besi ini secara tidak langsung dapat membantu menurunkan risiko anemia.

    Sekarang sudah paham berbagai manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh? Anda bisa kok mendapatkannya jika buah ini dikonsumsi secara rutin, tapi dalam porsi yang tepat.

    Maksudnya, timun suri tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena pasti bisa menimbulkan masalah.

    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK SELAI TIMUN-SURI. Retrieved March 2, 2022, from https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/D11A/2014/D.111.14.0095/D.111.14.0095-05-BAB-II-20180912030720–KARAKTERISTIK-FISIKOKIMIA-DAN-ORGANOLEPTIK-SELAI–TIMUN-SURI-(Cucumis-melo-l-var-reticulatus-naudin)-DENGAN-BERBAGAI-KONSENTRASI-GULA-DAN-CMC-.pdf

    Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2020, November 17). Vitamin C. Mayo Clinic. Retrieved March 2, 2022, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-c/art-20363932

    Peraturan menteri Kesehatan republik … – kemkes.go.id. (n.d.). Retrieved March 2, 2022, from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

    American Bone Health. (2021, January 4). Minerals for Bone Health. American Bone Health. Retrieved March 2, 2022, from https://americanbonehealth.org/nutrition/minerals-for-bone-health/

    Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2021, January 6). How to add more fiber to your diet. Mayo Clinic. Retrieved March 2, 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983

    Hemoglobin and Functions of Iron. (2022). Retrieved 2 March 2022, from https://www.ucsfhealth.org/education/hemoglobin-and-functions-of-iron

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Apr 07
    Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
    Next article: