Kekurangan Vitamin A

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Definisi

Apa itu kekurangan vitamin A? 

Kekurangan atau defisiensi vitamin A adalah kondisi ketika tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin A yang cukup dari makanan. Bila dibiarkan, kondisi ini dapat memicu masalah penglihatan dan tubuh lebih rentan terhadap penyakit. 

Umumnya, orang dewasa berusia di atas 19 tahun membutuhkan asupan vitamin A 700 mikrogram (mcg) per hari. Sementara itu, anak-anak memerlukan vitamin yang juga disebut retinol ini sebanyak 300-600 mcg per hari berdasarkan usianya.  

Defisiensi vitamin A adalah penyebab utama kebutaan yang terjadi pada anak-anak di seluruh dunia. Diperkirakan terdapat 250.000 hingga 500.000 anak yang mengalami kebutaan akibat tidak mendapatkan vitamin A yang cukup. 

Bahkan, separuh dari anak-anak tersebut meninggal dalam waktu satu tahun akibat kehilangan indera penglihatan. Sementara itu, kekurangan vitamin A pada ibu hamil dapat memicu rabun senja dan dapat menyebabkan kematian sang ibu. 

Tidak hanya itu, kondisi ini dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko kematian akibat penyakit tertentu, meliputi: 

  • malaria,
  • campak, dan
  • diare. 

Tanda-tanda dan Gejala

Apa saja tanda dan gejala kekurangan vitamin A? 

gangguan penglihatan akibat diabetes

Defisiensi vitamin A biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun pada tahap yang ringan hingga sedang. Namun, akibat dari defisiensi vitamin A yang lebih parah dapat memicu sejumlah masalah kesehatan. 

Berikut ini berbagai bahaya yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin A. 

1. Gangguan penglihatan 

Salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A adalah gangguan penglihatan. Perlu diingat bahwa orang, terutama anak-anak, yang mengalami kondisi ini tidak langsung menunjukkan gejala berupa mata kering. 

Artinya, terdapat lebih banyak anak lain yang menderita masalah ini tanpa memiliki masalah penglihatan. Itu sebabnya, orangtua dan masyarakat perlu memperhatikan asupan vitamin A anak dan diri sendiri agar tidak menyebabkan penyakit mata berupa:

  • rabun senja, 
  • keratomalacia, 
  • xerophthalmia (mata kering), 
  • bercak berbusa tidak beraturan pada bagian putih mata (bintik Bitot), 
  • perforasi kornea, dan 
  • jaringan parut pada kornea mata. 

2. Kulit kering

Selain gangguan penglihatan, kekurangan vitamin A juga dapat mengakibatkan efek keratinisasi pada kulit dan selaput lendir. Hal ini ternyata dapat menyebabkan masalah pada kulit, seperti: 

  • kulit kering, bersisik, dan menebal,
  • rambut kering, 
  • bibir kering dan lidah menebal, dan 
  • kulit gatal. 

3. Mengganggu perkembangan janin

Vitamin A adalah jenis vitamin yang penting untuk ibu hamil dan janinnya. Pasalnya, vitamin A bermanfaat dalam perkembangan organ dan kerangka janin. Bila ibu hamil dan janinnya mengalami defisiensi vitamin A, pertumbuhan janin pun terhambat. 

5 Vitamin Paling Penting untuk Ibu Hamil

Risiko ini paling tinggi dialami pada trimester ketiga, ketika pertumbuhan janin berlangsung dengan pesat. Meski begitu, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi vitamin A sembarangan karena bisa membahayakan kesehatan janin hingga mengalami keguguran.

4. Daya tahan tubuh menurun

Bila Anda kekurangan vitamin A, ternyata tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Pasalnya, vitamin A memiliki manfaat berupa menjaga dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Daya tahan tubuh yang menurun menyebabkan tubuh lebih mudah terserang infeksi virus atau bakteri, seperti:

  • sakit tenggorokan, 
  • nyeri dada, dan 
  • gastroenteritis.

5. Masalah kesuburan

Bahaya lain dari kekurangan vitamin A yang perlu diwaspadai adalah munculnya masalah kesuburan atau infertilitas. Vitamin A dibutuhkan untuk fungsi reproduksi pria dan wanita. 

Bila Anda kekurangan vitamin ini, kemandulan dapat terjadi, baik pada pria maupun wanita. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dari jurnal Nutrients

Penelitian ini memperlihatkan tikus betina yang tidak mendapatkan vitamin A yang cukup kesulitan untuk hamil dan memiliki embrio dengan cacat lahir. Meski begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut apakah hal yang sama berlaku pada manusia. 

Penyebab dan Faktor Risiko

Apa penyebab defisiensi vitamin A? 

tanda kekurangan vitamin

Pada dasarnya, penyebab utama kekurangan vitamin A adalah kekurangan sumber vitamin A dari makanan atau suplemen. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin yang disebut retinol ini, sehingga membutuhkan makanan atau suplemen. 

Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat disebabkan oleh berkurangnya penyerapan, penyimpanan, atau pengangkutan vitamin A. 

Apa faktor yang meningkatkan risiko saya untuk ini? 

Kekurangan vitamin A dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada anak-anak. Namun, beberapa faktor di bawah ini dapat meningkatkan risiko seseorang terhadap masalah defisiensi vitamin. 

Bayi prematur

Umumnya, defisiensi vitamin A jarang terjadi pada bayi yang tinggal di negara maju dan hanya terjadi pada bayi dengan gangguan malabsorbsi. Namun, hal ini tidak berlaku pada bayi prematur

Bayi prematur tidak memiliki cadangan vitamin A yang memadai dalam liver mereka ketika lahir. Selain itu, konsentrasi retinol dalam plasma mereka cukup rendah sepanjang tahun pertama. 

Itu sebabnya, bayi prematur yang tidak mendapatkan asupan vitamin A yang cukup lebih berisiko terhadap penyakit: 

  • gangguan penglihatan, 
  • paru-paru kronis, atau 
  • masalah saluran pencernaan.  

Balita dan anak yang tinggal di negara berkembang

indikator tumbuh kembang anak

Dibandingkan dengan negara berkembang, bayi dan anak yang tinggal di negara maju mendapatkan asupan vitamin A dan ASI yang cukup. Sayangnya, ibu menyusui yang mengalami defisiensi vitamin A ternyata memberikan pengaruh terhadap bayinya. 

Hal ini dikarenakan volume ASI dan kandungan vitamin A yang kurang tidak cukup mempertahankan simpanan vitamin A pada pada bayi yang mendapatkan ASI. Bahkan, angka kasus ini akan meningkat pada anak kecil di negara berkembang setelah berhenti menyusui. 

Ibu hamil dan menyusui

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ibu hamil membutuhkan vitamin A ekstra demi perkembangan janin yang normal. Bahkan, vitamin A juga bermanfaat untuk pemeliharaan jaringan dan mendukung metabolisme para ibu hamil. 

Meski begitu, WHO memperkirakan ada 9,8 juta ibu hamil di seluruh dunia yang mengalami xerophthalmia akibat kekurangan vitamin A. 

Pasien fibrosis kistik

Banyak pasien fibrosis kistik yang memiliki masalah pada pankreas. Kondisi ini ternyata dapat meningkatkan risiko kekurangan vitamin A akibat kesulitan menyerap lemak. 

Untungnya, masalah kekurangan nutrisi ini dapat diatasi dengan merawat gangguan pada pankreas hingga mengubah pola makan guna mendapatkan gizi seimbang

Faktor risiko lainnya

penyakit celiac (celiac disease) adalah

Selain keempat kategori yang telah disebutkan, ada sejumlah penyakit lainnya yang bisa menjadi faktor risiko defisiensi vitamin A, meliputi: 

  • penyakit Celiac, 
  • penyakit Crohn, 
  • sirosis hati, 
  • infeksi pada usus (giardiasis), dan
  • obstruksi saluran empedu menuju usus. 

Diagnosis dan Pengobatan

Bagaimana cara mendiagnosis kondisi ini? 

Normalnya, cara mendiagnosis kekurangan vitamin dilakukan dengan pemeriksaan mata dan melihat riwayat kesehatan. Selain itu, Anda mungkin juga akan diminta untuk menjalani tes darah guna mengukur jumlah vitamin A dalam darah. 

Sementara itu, defisiensi vitamin A pada anak juga bisa dideteksi dengan sinar X-Ray. Penggunaan X-Ray bertujuan melihat apakah ada tulang panjang yang bermanfaat untuk menilai pertumbuhan tulang. 

Apa saja cara mengatasi kekurangan vitamin A? 

cara memilih suplemen vitamin C

Pengobatan kekurangan vitamin A yang biasa direkomendasikan oleh dokter adalah suplemen vitamin A. Namun, dosis suplemen vitamin A akan tergantung pada usian dan kondisi tubuh. 

Penggunaan suplemen vitamin A setidaknya dapat mengatasi rabun senja dan mencegah mata kering. Namun, kehilangan indera penglihatan akibat ulkus kornea tidak dapat diobati dengan suplemen. 

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah kekurangan vitamin A?

manfaat vitamin a

Kabar baiknya, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kekurangan vitamin A dan salah satunya adalah program diet seimbang. Sumber makanan yang kaya akan vitamin A meliputi: 

  • sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, atau sawi, 
  • buah yang kaya beta-karoten, seperti aprikot atau buah persik, 
  • sayuran berwarna terang, seperti wortel, labu, atau ubi jalar, 
  • susu atau sereal yang diperkaya dengan vitamin A, 
  • organ hati sapi, 
  • kuning telur, dan 
  • minyak hati ikan. 

Sementara itu, tindakan pencegahan yang dilakukan di negara berkembang termasuk: 

  • menganjurkan untuk menyusui bayi, 
  • pemberian vitamin A dosis tinggi untuk anak-anak secara berkala, dan 
  • merekomendasikan keluarga untuk menanam buah dan sayuran. 

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter guna memahami solusi yang tepat untuk Anda. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit