home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Benarkah Lemon Ampuh untuk Diet?

Benarkah Lemon Ampuh untuk Diet?

Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan dan salah satunya memanfaatkan lemon. Berbagai campuran lemon kini dipahami banyak orang sebagai ramuan yang baik dikonsumsi untuk diet sehat. Benarkah demikian?

Manfaat air lemon untuk diet

yoga menurunkan berat badan

Siapa yang tak tahan dengan kesegaran yang ditawarkan air lemon? Perasan air lemon, atau jeruk nipis ini, kerap diklaim memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Bahkan, banyak orang menganggap bahwa dengan minum air lemon bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan. Di bawah ini fakta-fakta manfaat lemon untuk orang yang menjalani diet.

1. Rendah kalori

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memanfaatkan lemon sebagai cara menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah. Sebagai contoh, perasan setengah lemon ke dalam air biasanya mengandung 6 kalori.

Maka dari itu, menukar minuman berkalori tinggi seperti minuman bersoda dengan air lemon mungkin baik dalam mengurangi asupan kalori.

Meski begitu, para ahli masih butuh penelitian lanjutan untuk membuktikan manfaat yang satu ini. Terlebih lagi, air lemon tidak termasuk minuman bebas kalori, tetapi setidaknya dapat menghasilkan efek yang tidak jauh berbeda.

2. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Selain rendah kalori, air lemon dianggap dapat membantu untuk diet karena menjaga tubuh tetap terhidrasi. Memenuhi kebutuhan cairan merupakan salah satu hal yang penting, terutama ketika Anda menjalani diet.

Hal ini dikarenakan tubuh yang tetap terhidrasi membantu mengelola fungsi tubuh. Bahkan, penelitian dari Frontiers in Nutrition memperlihatkan bahwa meningkatkan kebutuhan cairan dapat membantu membakar lemak.

Tak hanya itu, tetap terhidrasi membantu mengurangi retensi air yang bisa menyebabkan perut kembung dan penambahan berat badan.

3. Membantu meningkatkan metabolisme

Beberapa ahli berpendapat bahwa peningkatan metabolisme tubuh dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini bisa dicapai dengan menjaga kebutuhan cairan tubuh, seperti minum air lemon.

Mereka mengungkapkan bahwa tubuh yang terhidrasi dapat meningkatkan fungsi mitokondria alias jenis organel (bagian sel) yang membantu menghasilkan energi. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam International journal of obesity.

Penelitian tersebut melaporkan efek air minum pada 21 anak yang kelebihan berat badan. Minum 0,3 ons air per 2,2 pon berat badan (10 ml/kg) meningkatkan metabolisme 25% selama 40 menit.

4. Melancarkan pencernaan

Banyak orang yang menggunakan air lemon sebagai cara menurunkan berat badan karena dapat melancarkan pencernaan. Asam membantu memecah makanan, sehingga perut mengandung asam untuk membantu pencernaan.

Sementara itu, asam dalam lemon mungkin membantu menambah kadar asam lambung yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia.

Itu sebabnya, air lemon sering dimasukkan sebagai selingan dalam menu diet sehat.

5. Membantu menurunkan berat badan

Lemon termasuk buah yang mengandung senyawa polifenol. Antioksidan ini dapat mengurangi penambahan berat badan. Sebuah studi dari Journal of clinical biochemistry and nutrition melaporkan polifenol dapat mengurangi risiko obesitas.

Meski penelitian ini baru diujicobakan pada tikus, ada kemungkinan bahwa air lemon mendukung penurunan berat badan.

Walaupun demikian, cara kerja air lemon terhadap berat badan belum diketahui dengan pasti, entah karena merasa kenyang atau kandungan di dalamnya.

Cara lemon digunakan untuk diet

Air lemon sebenarnya termasuk minuman yang sangat mudah dikreasikan atau ditambah dengan buah atau tanaman herbal lainnya.

Beberapa orang mungkin merasa cukup mencampur perasan lemon dengan segelas air. Sedangkan, tidak sedikit pula orang yang menambahkan bahan lainnya, seperti:

Kabar baiknya, air lemon bisa dikonsumsi dengan air hangat atau beberapa es batu untuk minuman dingin yang menyegarkan, seperti infused water.

Cara diet dengan lemon memang belum terbukti secara ilmiah. Namun, ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh air lemon terhadap kesehatan. Konsultasikan dengan ahli diet (dietisien) guna memahami solusi diet yang tepat untuk Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dubnov-Raz, G., Constantini, N. W., Yariv, H., Nice, S., & Shapira, N. (2011). Influence of water drinking on resting energy expenditure in overweight children. International journal of obesity (2005), 35(10), 1295–1300. https://doi.org/10.1038/ijo.2011.130. Retrieved 21 May 2021. 

Thornton S. N. (2016). Increased Hydration Can Be Associated with Weight Loss. Frontiers in nutrition, 3, 18. https://doi.org/10.3389/fnut.2016.00018. Retrieved 21 May 2021. 

Lemon juice, raw. (n.d). Nutrition Data. Retrieved 21 May 2021, from https://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/1938/2 

Fukuchi, Y., Hiramitsu, M., Okada, M., Hayashi, S., Nabeno, Y., Osawa, T., & Naito, M. (2008). Lemon Polyphenols Suppress Diet-induced Obesity by Up-Regulation of mRNA Levels of the Enzymes Involved in beta-Oxidation in Mouse White Adipose Tissue. Journal of clinical biochemistry and nutrition, 43(3), 201–209. https://doi.org/10.3164/jcbn.2008066. Retrieved 21 May 2021. 

Link, R. (2017). Does Lemon Water Help You Lose Weight?. Healthline. Retrieved 21 May 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/lemon-water-for-weight-loss 

7 Reasons to Start Your Day With Lemon Water. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 21 May 2021, from https://health.clevelandclinic.org/7-reasons-to-start-your-day-with-lemon-water-infographic/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro