Benarkah Ada Khasiat Khusus Minum Kopi Campur Lemon?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Minum kopi merupakan salah satu kebiasaan yang banyak orang setiap hari. Jika biasanya kopi dicampur dengan susu atau krim, bagaimana jika minum kopi campur lemon? Cara ini sudah mulai dilakukan oleh beberapa orang sebagai alternatif minum kopi. Kopi campur lemon disebut-sebut memiliki khasiat tertentu, benarkah demikian? Hal yang tidak kalah penting diketahui,  apakah aman minum kopi yang dicampur lemon?

Kandungan nutrisi di dalam kopi dan lemon

Kopi dan lemon merupakan dua bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat minuman. Minuman kopi dibuat dengan menyeduh biji kopi yang sudah dipanggang. Dari hasil seduh tersebut, kopi bisa disajikan tanpa campuran atau berbagai campuran hingga menjadi sajian minuman, seperti espresso, cappuccino dan macchiato.

Berbeda dengan kopi, lemon merupakan buah yang termasuk dalam kelompok citrus. Lemon biasa dikonsumsi dalam bentuk jus atau dicampur dengan teh.

Kedua bahan ini sama-sama memiliki khasiat dan efek samping bagi kesehatan. Berikut ini kandungan dalam kopi dan lemon beserta khasiat dan efek sampingnya untuk kesehatan:

Kopi

Kopi mengandung beragam nutrisi, yaitu vitamin B2, vitamin B3, magnesium, kalium, dan polifenol yang bersifat sebagai antioksidan. Dengan kandungannya tersebut, khasiat kopi termasuk untuk mengurangi risiko terkena diabetes, penyakit parkinson, penyakit hati, dan kanker hati, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Kopi juga mengandung kafein yang dapat membawa manfaat bagi kesehatan, tetapi juga bisa meningkatkan risiko kecemasan bagi yang mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Selain itu, sebagian besar varietas kopi bersifat asam dengan rata-rata PH 4,85 – 5,10. Pada beberapa orang, sifat asam dalam kopi dapat memperburuk kondisi kesehatannya, seperti menimbulkan penyakit asam lambung (GERD), tukak lambung, dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Lemon

Sementara itu, lemon terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi, serat, dan berbagai senyawa yang bermanfaat lainnya. Adapun manfaat lemon bagi kesehatan, yaitu untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol berat badan, mencegah penyakit batu ginjal, melindungi dari anemia, mengurangi risiko terkena kanker, serta meningkatkan kesehatan pencernaan.

Lemon pun mengandung zat asam yang tinggi sehingga buah ini memiliki sifat asam dengan rata-rata PH 2-3. Sifat asam pada lemon dapat meningkatkan kadar asam pada urine seseorang yang mengonsumsinya. Bila dikonsumsi terlalu berlebihan, lemon dapat menyebabkan erosi gigi, heartburn akibat naiknya asam lambung, serta dehidrasi.

Apakah benar ada khasiat khusus minum kopi campur lemon?

Di samping dampak negatifnya bila dikonsumsi secara berlebihan, kopi dan lemon memang dapat membawa manfaat baik bagi kesehatan. Namun, mencampur keduanya bukan berarti akan mendapat manfaat yang lebih besar.

Dikutip dari Healthlinemanfaat minum kopi campur lemon lebih banyak diperoleh dari kandungan kopinya. Adapun lemon hanya akan memberi sedikit kontribusi.

Banyak orang menyebut minum kopi campur lemon dapat menurunkan berat badan, mengurangi sakit kepala, dan baik untuk kesehatan kulit. Meski ini sudah dirasakan beberapa orang, tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar.

Beberapa penelitian menunjukkan, kopi memang memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan serta mengurangi rasa sakit kepala dan migrain. Oleh karena itu, seseorang yang minum kopi campur lemon bisa saja merasakan hal tersebut. Namun, manfaat ini tidak didapat karena campuran keduanya, tetapi karena manfaat dari kopi saja.

Minum kopi campur lemon pun disebut dapat memberi manfaat untuk kesehatan kulit. Hal ini memang benar adanya karena kopi mengandung zat asam yang dapat meningkatkan aliran darah dan hidrasi kulit. Sementara lemon mengandung vitamin C yang dapat merangsang produksi kolagen, yaitu kandungan yang dapat memberi elastisitas kulit.

Meski demikian, manfaat tersebut pun bisa didapat ketika mengonsumsi kopi dan lemon secara terpisah, bukan karena dari campuran keduanya. Jadi, tidak sepenuhnya benar bila minum kopi campur lemon dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Amankah minum kopi campur lemon?

Pada dasarnya, minum kopi campur lemon tidak dilarang dan aman untuk dikonsumsi oleh sebagian orang. Namun, bagi sebagian orang lainnya, minum kopi yang dicampur lemon bisa berbahaya dan bisa menyebabkan penyakit asam lambung semakin parah.

Pasalnya, kopi dan lemon sama-sama memiliki sifat asam, dengan kadar PH asam pada lemon yang lebih tinggi. Bila keduanya dicampur, akan menghasilkan minuman dengan kadar PH di antara keduanya. Dengan demikian, minuman kopi dan lemon tetap akan bersifat asam ketika dicampurkan.

Adapun minuman yang bersifat asam tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Pada beberapa kasus, minum kopi campur lemon justru dapat menyebabkan diare semakin parah.

Dengan demikian, bila selama ini Anda mengalami masalah dengan asam lambung ketika mengonsumsi kopi atau lemon, sebaiknya Anda menghindari minum kopi yang dicampur lemon.

Namun, bila Anda tidak bermasalah ketika mengonsumsi keduanya secara terpisah, Anda boleh saja mengonsumsi campuran keduanya selama tidak berlebihan. Meski demikian, segeralah ke dokter bila Anda merasakan gejala kesehatan tertentu setelah mengonsumsi campuran minuman ini.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Gemetar Setelah Minum Kopi? Mungkin Anda Overdosis Kafein

Tangan atau tubuh tiba-tiba gemetar setelah minum kopi? Hati-hati, mungkin Anda sudah mengalami overdosis kafein. Apa saja gejala lainnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

4 Alternatif Sehat Pengganti Kopi di Pagi Hari

Tahukah Anda bahwa minum kopi sebaiknya tidak dilakukan di pagi hari? Lalu apa yang bisa jadi alternatifnya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Tips Makan Sehat, Nutrisi 5 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Cek Menu Harian Anda: 9 Makanan Ini Membuat Anda Tampak Cepat Tua

Ingin terus terlihat awet muda hingga bertahun-tahun ke depan? Hindari makanan yang ada di dalam artikel ini jika tidak ingin tampak cepat tua!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan, Informasi Kesehatan 1 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Kopi untuk Kemampuan Seks, Bermanfaat atau Sebaliknya?

Anda mungkin sudah sering minum kopi untuk menyegarkan pikiran. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada manfaat kopi untuk seks?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 30 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit


Direkomendasikan untuk Anda

mengeluarkan racun dari tubuh detoksifikasi

8 Cara Mengeluarkan Racun dari Tubuh (Detoksifikasi)

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
apa saja penyebab maag

10 Penyebab Maag, dari Penyakit Hingga Kebiasaan Sehari-hari

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
minum kopi sebelum olahraga

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
lemon dan madu

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit