home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Kandungan Gizi dan Manfaat Sehat Kacang Tolo

Mengenal Kandungan Gizi dan Manfaat Sehat Kacang Tolo

Selain kacang merah, kacang kedelai, kacang tanah, sudahkah Anda mencoba mengonsumsi kacang tolo atau cowpea? Ya, kacang ini sering ada di dalam masakan seperti sambal goreng krecek, aneka gulai, atau juga campuran untuk camilan bersama dengan ketan dan singkong parut. Kacang yang nama aslinya Vigna unguiculata ini termasuk jenis kacang-kacangan yang mudah ditanam, memiliki rasa yang nikmat, dan tak kalah pentingnya, kaya akan zat gizi. Ini dia manfaat kacang tolo yang harus Anda ketahui.

Kacang yang memiliki banyak nama panggilan ini, kadang ada yang menyebutnya kacang tolo, tunggak, dadap atau bahkan kacang kebo sangat mudah ditemukan di Indonesia dan di negara-negara Asia. Biasanya kacang ini dijual dalam bentuk kering sehingga perlu diolah dengan direndam dalam air terlebih dahulu sebelum di masak. Sesudah direndam dan mengembang, barulah kacang ini dimasak dimasak dalam campuran sayur atau camilan tradisional. Kacang ini memiliki berbagai komponen zat gizi yang sangat penting untuk tubuh berikut ini.

Protein

Manfaat kacang tolo yang paling penting adalah kandungan proteinnya. Kacang tolo adalah sumber protein nabati yang baik, apalagi bagi orang yang tidak mengonsumsi daging. Protein adalah zat gizi yang sangat penting untuk menyokong kebutuhan tubuh, termasuk membentuk otot, membentuk jaringan kulit, rambut, dan kuku. Protein jugalah yang bertugas untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak.

Asupan protein orang dewasa dikatakan cukup jika setidaknya telah memenuhi 62-65 gram protein per hari untuk laki-laki, dan 56-57 gram protein per hari untuk wanita. Sekitar 100 gram kacang tolo dalam data komposisi pangan Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Indonesia memberikan 24.4 gram protein. Itu artinya, sekitar 40% kebutuhan protein tubuh dapat dipenuhi dengan kacang tolo.

Zink

Kacang tolo juga merupakan sumber zink dari produk nabati yang sangat baik. Zink adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh, meskipun jumlah zink yang dibutuhkan tidak banyak di dalam tubuh. Dilansir dari laman Medical News Today, zink berfungsi mengaktivasi sel T yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Itulah mengapa jika kekurangan zink maka sistem kekebalan tubuh pun akan menurun dan mudah sakit. Zink juga diperlukan untuk menjaga kesuburan, khususnya pada pria. Kekurangan zink berhubungan dengan terjadinya penurunan kualitas sperma.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 10-13 mg zink per harinya. Kacang tolo dapat membantu memenuhi kebutuhan zink dengan menyediakan sekitar 6,1 mg zink dalam 100 gram kacang tolo yang sudah direbus. Oleh karena itu, hampir setengah kebutuhan zink dapat dipenuhi dengan konsumsi kacang tolo.

Folat

Mengonsumsi kacang tolo sekitar sebanyak satu cangkir penuh sudah memberikan 52 persen asupan folat harian yang direkomendasikan. Folat memiliki peran penting dalam menciptakan materi genetik, yakni gen pada setiap makhluk hidup dan akan diturunkan ke anaknya.

Itulah mengapa folat sangat penting selama masa pertumbuhan. Folat harus selalu tercukupi selama remaja hingga nantinya mengalami kehamilan. Wanita yang mendapatkan cukup asupan folat sebelum hamil, dan selama bulan-bulan awal kehamilan, menurunkan risiko bayi cacat lahir.

Pada semua umur dan kalangan, folat juga dibutuhkan untuk memproduksi cukup sel darah merah untuk meghindari anemia.

Kalsium

Kacang tolo merupakan bahan makanan nabati yang tinggi akan kalsium. Dalam data komposisi pangan Indoensia Kemenkes RI, 100 gram kacang tolo berbentuk kering yang banyak dijual di pasaran mengandung 481 mg kalsium. Jumlah ini dapat memenuhi hingga hampir setengah kecukupan gizi kalsium orang dewasa sebesar 1.000 mg kalsium per hari.

Kacang tolo dapat dijadikan bahan makanan pengganti sumber kalsium lainnya untuk meningkatkan variasi makanan sehari-hari, tidak melulu harus dari ikan teri nasi, atau susu. Kalsium sangat dubutuhkan tubuh untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga yang dibutuhkan oleh jantung, otot, dan saraf agar dapat berfungsi dengan baik.

Serat

Salah satu manfaat kacang tolo untuk kesehatan adalah dari komposisi seratnya. Serat adalah zat yang membantu melancarkan sistem penccernaan, mencegah dari terjadinya sembelit dan juga gejala irritable bowel syndrome. Serta juga membantu menjaga tingkat kolesterol di dalam aliran darah dan mengurangi risiko Anda mengalami penyakit jantung.

Selain itu, makanan berserat ini dapat membuat perut terasa kenyang lebih cepat karena mereka diolah perlahan-lahan di dalam tubuh dan sangat penting untuk pengendalian berat badan.

Rendah lemak

Manfaat kacang tolo lainnya adalah kandungan lemaknya yang rendah. Bagi Anda yang sedang diet rendah lemak dan menurunkan berat badan, kacang tolo bisa dijadikan camilan sehat dan juga campuran dalam sayuran Anda. Dalam 100 gram kacang tolo yang sudah direbus hanya mengandung 1,1 gram lemak.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Martinez Eliza. 2017. Health Benefits of Black-Eyed Peas. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/414892-health-benefits-of-black-eyed-peas/ (Diakses 26 Febuari 2018)

SF Gate. Tanpa Tahun. Health beenfits of Black-Eyed Peas. [Online] Tersedia pada: http://healthyeating.sfgate.com/health-benefits-blackeyed-peas-4253.html (Diakses 26 Febuari 2018)

Miller Perry. Tanpa Tahun. Health Benefits of Black-Eyed Peas. [Online] Tersedia pada: https://healthyliving.azcentral.com/health-benefits-blackeyed-peas-17189.html (Diakses 26 Febuari 2018)

Kemenkes RI. Tanpa Tahun. Data Komposisi Pangan Indonesia. [Online] Tersedia pada: http://panganku.org/id-ID/beranda (Diakses 26 Febuari 2018)

Wilson Debra Rose. 2017. What Are The Health Benefits of Zinc?. [Online] Tersedia pada: https://www.medicalnewstoday.com/articles/263176.php (Diakses 26 Febuari 2018)

Mayo Clinic. 2015. Calcium and Calcium Spplements: Achieving the Right Balance. [Online] Tersedia pada: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/calcium-supplements/art-20047097?pg=1 (Diakses 26 Febuari 2018)

Sunarjono Hendro. 2012. Kacang Sayur. Bogor: Penebar Swadaya

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x