home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Penuaan

Definisi penuaan|Tanda-tanda & gejala penuaan|Penyebab & faktor risiko penuaan|Diagnosis & pengobatan untuk penuaan|Pengobatan penuaan di rumah|Pencegahan penuaan
Penuaan

Definisi penuaan

Apa itu penuaan?

Penuaan (aging) adalah proses yang terjadi perlahan-lahan akibat metabolisme yang menurun secara bertahap. Kondisi ini melibatkan banyak hal, seperti proses biologis, fisiologis, lingkungan, psikologis, perilaku, dan sosial seseorang.

Tandanya cukup beragam, bisa Anda sadari maupun tidak. Pasalnya, beberapa tanda bisa Anda lihat dengan jelas, contoh kulit keriput dan rambut beruban. Namun, beberapa tanda di antaranya tidak terlihat, contohnya menurunkan fungsi organ vital di dalam tubuh.

Penurunan fungsi tubuh inilah yang membuat orang bertambah tua usianya, berisiko tinggi mengalami penyakit degeneratif.

Perubahan pada tubuh ini umumnya mulai terlihat ketika seseorang menginjak usia 30 tahun ke atas. Akan tetapi, ada orang yang mengalami perubahan tubuh ini lebih cepat daripada usia rata-rata dan ini disebut sebagai penuaan dini atau premature aging.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Penuaan adalah proses alami pada tubuh yang semua orang akan alami seiring bertambahnya usia. Hanya saja prosesnya terjadi pada usia yang berbeda-beda, bahkan ada yang lebih cepat daripada seharusnya karena beberapa faktor.

Jika berdasarkan jenis kelamin, pria cenderung lebih cepat tua ketimbang wanita. Pasalnya, massa otot pria lebih banyak, tulangnya lebih berat, dan lemak di tubuhnya lebih sedikit ketimbang wanita.

Meski bisa terjadi pada siapa pun, termasuk Anda, proses perubahannya bisa Anda perlambat dengan tindakan pencegahan.

Tanda-tanda & gejala penuaan

malnutrisi pada lansia

Baik penuaan normal maupun penuaan dini, keduanya menunjukkan gejala yang sama, di antaranya:

Melambatnya metabolisme tubuh

Metabolisme adalah proses kimiawi yang berlangsung di dalam tubuh, untuk menjaga organ, jaringan, dan sel tetap berfungsi normal.

Seiring bertambahnya usia, proses ini juga akan semakin melambat. Akibatnya, tubuh Anda bisa menunjukkan beberapa tanda seperti:

  • Nafsu makan menurun

Umumnya penurunan nafsu makan terjadi pada lansia terjadi karena metabolisme tubuh yang lambat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengosongkan perut dari makanan.

Di samping itu, produksi hormon yang merangsang rasa lapar juga melambat. Keduanya, membuat orang yang berusia lanjut tidak ingin makan atau tidak cepat lapar.

  • Massa otot berkurang

Tanda penuaan secara fisik yang bisa Anda lihat adalah berkurangnya massa otot. Kondisi ini terjadi akibat kemampuan tubuh untuk mengubah protein menjadi menurun dan produksi hormon yang berfungsi membentuk otot juga menurun akibat metabolisme tubuh yang melambat.

Oleh karena itulah, lansia sulit menurunkan berat badan ketimbang remaja atau orang berusia 20 tahunan.

  • Jam tidur berkurang

Durasi tidur pada lansia, terutama malam hari, akan mengalami pengurangan. Siklus tidur yang berubah ini merupakan dampak menuanya usia, sehingga membuat jam biologis tubuh berubah dan produksi melatonin berkurang.

Melatonin merupakan hormon yang mengatur jam bangun dan tidur. Itulah sebabnya, orang yang sudah tua akan tidur lebih sedikit ketimbang kelompok usia lain.

Pendengaran dan penglihatan menurun

Tanda penuaan yang bisa Anda rasakan selanjutnya adalah ketajaman indera, seperti kemampuan penglihatan dan kemampuan pendengaran menurun pada lansia. Anda mungkin mendapati diri tidak bisa mendengar dengan baik atau melihat objek dengan jelas sehingga membutuhkan bantuan kacamata.

Menurunnya ketajaman indera terkait dengan menuanya usia ini terjadi akibat kebiasaan sedari muda, seperti mendengar suara berisik dan melihat layar komputer terlalu lama.

Menopause dan kesehatan tulang yang menurun

Pada wanita, tanda penuaan bisa berupa menopause, yakni wanita yang sudah tidak lagi mengalami menstruasi dan hamil. Efek dari kondisi ini juga berpengaruh pada kepadatan tulang yang ikut menurun karena produksi hormon seks yang sedikit.

Menurunnya produksi hormon seks juga tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga pada pria. Umumnya gairah seks menurun pada lansia.

Tanda penuaan lainnya

Tanda penuaan yang sangat khas adalah rambut yang beruban, kulit keriput karena usia bertambah tua, rambut rontok pada lansia, mudah lupa, dan berbagai risiko penyakit lansia yang semakin meningkat.

Orang yang bertambah tua, lebih mungkin memiliki hipertensi, penyakit jantung, osteoporosis, atau kadar kolesterol tinggi. Ini karena pembuluh darah jantung yang berkurang fleksibilitasnya, penumpukan plak akibat kolesterol, dan kepadatan tulang yang menurun.

Kapan harus periksa ke dokter?

Perubahan tubuh akibat penuaan tidak selalu membahayakan, contohnya rambut beruban dan kulit keriput. Meski begitu, ada pula perubahan yang bisa menyebabkan kualitas hidup menurun dan membahayakan jiwa, seperti hipertensi dan kadar kolesterol tinggi.

Jika Anda mengalami penurunan kesehatan tubuh, segera periksa ke dokter untuk mengikuti pengobatan yang tepat.

Penyebab & faktor risiko penuaan

penuaan

Penuaan adalah bagian normal dari kehidupan. Seiring menuanya usia, Anda akan merasa adanya perubahan pada tubuh. Walaupun semua orang akan menua, munculnya perubahan tidak selalu terjadi di waktu yang sama.

Penuaan bisa terjadi lebih cepat, akibat beberapa faktor risiko seperti genetik dan penyakit terkait adanya gangguan pada gen, efek negatif merokok, stres jangka panjang, dan sering terpapar sinar matahari.

Penerapan gaya hidup sedentari alias malas gerak semasa muda juga bisa mempercepat risiko terjadinya penyakit degeneratif, yang umumnya menyerang orang usia tua.

Diagnosis & pengobatan untuk penuaan

vaksin untuk lansia

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Anda dapat melakukan pemeriksaan fisik ke dokter atau tes kesehatan tertentu untuk mengetahui kesehatan Anda ketika mulai menua.

Apa saja pengobatan untuk penuaan?

Penuaan yang sifatnya tidak membahayakan, tidak memerlukan pengobatan dokter.

Namun, konsultasi dokter bisa Anda lakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat perubahan yang terjadi pada tubuh. Sebagai contoh, masalah rambut rontok, kulit kering, gejala menopause, dan kualitas seks yang menurun bisa Anda konsultasikan lebih lanjut pada dokter.

Pengobatan dokter sangat perlu Anda jalani, ketika sudah menyebabkan penyakit serius seperti hipertensi atau penyakit jantung. Dokter akan meresepkan obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, atau meminta Anda menjalani pengobatan penyakit jantung lebih lanjut, seperti operasi bypass arteri koroner.

Pengobatan penuaan di rumah

aktivitas sehat untuk otak lansia

Kunci untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi efek samping dari penuaan, perawatan di rumah perlu Anda lakukan. Caranya tidak berbeda jauh dengan penerapan gaya hidup sehat pada orang berusia tua pada umumnya, seperti:

  • Konsumsi makanan bernutrisi dengan cara mengolah makanan yang sehat dan porsi makan untuk lansia yang sesuai.
  • Olahraga secara rutin, setidaknya 30 menit per hari.
  • Hindari tidur larut malam agar waktu tidur tercukupi.
  • Lakukan perawatan rumahan yang berkaitan dengan keluhan akibat penuaan. Contoh, menggunakan pelembap untuk mencegah kulit kering dan gatal, dan sebagainya.
  • Cukup minum air setiap hari dan kelola stres.

Pencegahan penuaan

obat berhenti merokok

Penuaan tidak bisa Anda cegah sepenuhnya. Meski begitu, Anda tetap bisa memperlambat prosesnya. Mengutip dari laman America Academy of Dermatology, ada beberapa cara memperlambat proses penuaan, di antaranya:

  • Berhenti merokok karena asap rokok bisa menyebabkan kerutan pada wajah, menurunkan kesehatan jantung, dan meningkatkan tensi darah.
  • Rajin olahraga dan kurangi kebiasaan minum alkohol.
  • Konsumsi makanan yang sehat, seperti sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  • Gunakan pelindung kulit, seperti topi atau payung untuk mengurangi paparan sinar matahari ketika beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa untuk memakai pelembap dan tabir surya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ageing and health. WHO. Retrieved March 23, 2021, from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/ageing-and-health.

What is ageing? Universitat of Barrcelona. Retrieved March 23, 2021, from http://www.ub.edu/senesciencia/noticia/what-is-ageing/.

Understanding the dynamics of the aging process. National Institute of Aging. Retrieved March 23, 2021, from https://www.nia.nih.gov/about/aging-strategic-directions-research/understanding-dynamics-aging.

11 ways to reduce premature Skin aging. American Academy of Dermatology. Retrieved March 23, 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/reduce-premature-aging-skin.

Neikrug, A. B., & Ancoli-Israel, S. (2010).Sleep disorders in the older adult – a mini-reviewGerontology56(2), 181–189. https://doi.org/10.1159/000236900.

Aging: What to expect. (2020, November 19). Mayo Clinic. Retrieved March 23, 2021, from https://www.mayoclinic.org/aging/art-20046070?reDate=23032021.

Menopause. (2020, October 14). Mayo Clinic. Retrieved March 23, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menopause/symptoms-causes/syc-20353397.

High blood pressure (hypertension). (2021, January 16). Mayo Clinic. Retrieved March 23, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20373410.

Heart disease. (2021, February 09). Mayo Clinic. Retrieved March 23, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/symptoms-causes/syc-20353118.

Nhs choices. How I Can Speed Up My Metabolism?. Retrieved March 23, 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/metabolism-and-weight-loss/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 14/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri