backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

10 Manfaat Jus Tomat dan Wortel serta Cara Membuatnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

10 Manfaat Jus Tomat dan Wortel serta Cara Membuatnya

Jus tomat dan wortel bisa jadi pilihan jus lezat dan praktis untuk dikonsumsi sehari-hari. Perpaduan tomat dan wortel yang kaya gizi juga membuat minuman ini berkhasiat bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat minum jus tomat dan wortel?

Manfaat jus tomat dan wortel untuk kesehatan

Buah tomat dan wortel dikenal menyehatkan karena kandungan gizi yang beragam seperti serat, protein, fosfor, zat besi, vitamin C, serta beta-karoten.

Berkat kandungan gizi tersebut, wortel dan tomat bisa memberikan manfaat berikut ini.

1. Menjaga imun tubuh

Jus tomat dan wortel dapat menjaga daya tahan tubuh. Hal ini karena wortel dan tomat kaya akan vitamin C.

Sebagai antioksidan, vitamin C mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel imun tubuh.

Selain itu, vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan bakteri atau virus penyebab penyakit, sehingga tubuh tetap sehat.

2. Menjaga kesehatan mata

vitamin mata yang bagus

Wortel dikenal bermanfaat untuk kesehatan mata. Manfaat wortel ini di dapat dari kandungan beta-karotennya.

Saat masuk ke tubuh, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A. Nah, vitamin A dibutuhkan oleh mata untuk memproduksi pigmen tertentu agar retina berfungsi dengan baik. 

Selain itu, tomat mengandung senyawa lutein yang berpotensi mengatasi degenerasi makula. Ini karena lutein dari wortel memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah perkembangan degenerasi makula.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat jus tomat dan wortel selanjutnya adalah melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Hal ini karena wortel dan tomat mengandung serat

Serat yang terdapat di dalam jus ini bersifat menyerap air sehingga melembutkan konsistensi feses. Dengan begitu, feses mudah dikeluarkan dan BAB lebih rutin.

Selain itu, studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makanan kaya serat dapat berpotensi mengurangi risiko kanker kolorektal (usus besar).

4. Menyehatkan jantung

Jus tomat dan wortel juga memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung karena kandungan kalium.

Kalium mampu merilekskan otot pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah tinggi, kondisi yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Tidak hanya itu, buah tomat juga mengandung likopen yang diketahui mampu mengontrol tekanan darah. 

Studi dalam European Journal of Preventive Cardiology mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi tomat dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko hipertensi hingga 36 persen. 

5. Berpotensi menurunkan berat badan

Selain dapat menyehatkan jantung, jus wortel dan tomat bisa menjadi salah satu pilihan jus untuk diet.

Manfaat jus tomat dan wortel ini berasal dari kandungan serat yang dapat membuat perut kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori berlebih.

Untuk mendapatkan manfaat tomat dan wortel ini, pilihlah jus yang tidak mengandung gula tambahan. Minuman tinggi gula justru dapat menaikkan berat badan.

6. Menurunkan kolesterol

Manfaat selanjutnya adalah jus tomat dan wortel membantu menurunkan kolesterol tinggi

Potensi manfaat just ini berasal dari kandungan senyawa antioksidan seperti beta-karoten, flavonoid, likopen, dan polifenol pada buah tomat

Penelitian dalam jurnal Phytotherapy Research menyebutkan kandungan senyawa antioksidan pada tomat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

Selain itu, wortel mengandung serat larut. Jenis serat ini mampu mengurangi penyerapan kolesterol dan berkontribusi menurunkan kadar kolesterol.

7. Mengontrol kadar gula darah

Minum jus tomat juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Manfaat ini disebutkan dalam studi yang diterbitkan oleh Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.

Dalam studi tersebut, wanita yang mengonsumsi jus tomat atau makan tomat 30 menit sebelum makan makanan berkarbohidrat mengalami penurunan kadar gula darah setelah makan. 

Hal ini karena tomat mengandung serat yang mampu memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga tidak membuat gula darah melonjak drastis.

Tak hanya itu, kandungan beta-karoten pada wortel juga dapat mengurangi resistensi insulin. Alhasil, tubuh dapat mengubah gula darah menjadi energi dengan lebih efektif.

8. Berpotensi menurunkan risiko kanker

faktor risiko kanker

Manfaat jus tomat dan wortel selanjutnya adalah berpotensi menurunkan risiko penyakit kanker

Beta karoten dan likopen dalam jus ini memiliki sifat antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker. 

Namun, para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikkan manfaat tomat dan wortel dalam mengurangi risiko kanker.

9. Meningkatkan fungsi otak

Jus tomat dan wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Manfaat jus tomat dan wortel ini berasal dari kandungan flavonoid

Mengutip Harvard Health, buah dan sayuran yang mengandung flavonoid dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, flavonoid mampu meningkatkan aliran darah ke otak serta menghentikan penumpukan plak beta-amiloid pada otak yang menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer

10. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya mampu meningkatkan kesehatan tubuh, minum jus tomat dan wortel membantu menjaga kesehatan kulit.

Salah satu manfaat jus tomat dan wortel yakni mencegah penuaan kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel kulit dari radikal bebas, yang menjadi faktor pemicu munculnya tanda penuaan kulit.

Selain itu, vitamin ini dapat merangsang pembentukan kolagen yang berperan dalam memperbaiki jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga kulit tampak kencang.

Artikel terkait

Cara membuat jus wortel dan tomat

resep jus tomat dan wortel

Untuk mendapatkan manfaat dari minuman ini, ikuti langkah berikut untuk membuat jus wortel dan tomat. 

Bahan

  • 2 buah tomat segar.
  • 1 buah wortel.
  • 1 gelas air matang.
  • Es batu secukupnya.

Cara membuat

  • Cuci bersih tomat dan wortel, lalu potong kecil-kecil.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Blender hingga wortel dan tomat menjadi halus.
  • Sajikan ke dalam gelas.
  • Hindari menambahkan gula atau pemanis tambahan terlalu banyak pada jus.

Meski memiliki banyak manfaat, jadikan jus buah dan sayuran ini hanya sebagai camilan. Lengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan mengonsumsi makanan padat lainnya seperti ikan, daging, ayam, atau telur. 

Ringkasan


  • Jus tomat dan wortel mengandung  vitamin C, vitamin A, serat, beta karoten dan likopen.
  • Rutin minum jus tomat dan wortel dapat menyehatkan jantung, mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, hingga meningkatkan fungsi otak.
  • Agar lebih sehat, sebaiknya konsumsi jus buah dan sayur ini tanpa tambahan gula.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan