home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Populer Sebagai Camilan Sehat, Kenali 7 Manfaat Buah Jujube Berdasarkan Nutrisinya

Populer Sebagai Camilan Sehat, Kenali 7 Manfaat Buah Jujube Berdasarkan Nutrisinya

Jujube atau angco adalah buah asli dari Asia Selatan. Buah ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah kurma, tetapi memiliki warna kemerahan. Itu sebabnya, buah jujube dikenal juga dengan nama kurma merah atau kurma Cina. Di beberapa daerah di Asia, banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan buah jujube sebagai obat karena khasiatnya. Nah, sebenarnya seperti apa kandungan nutrisi jujube sampai dianggap begitu bermanfaat?

Kandungan nutrisi pada buah jujube (angco)

Jujube (angco)

Buah jujube (Ziziphus jujuba) telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif di Asia untuk mengatasi insomnia dan gangguan kecemasan.

Selain itu, buah yang dikenal dengan nama angco ini juga memiliki rasa manis dengan tekstur yang kenyal. Oleh karena itu, angco sering dikeringkan menjadi camilan atau manisan buah.

Tak hanya rasanya yang lezat, daya tarik buah jujube juga terdapat pada kandungan nutrisinya, sehingga dikenal sebagai camilan sehat.

Jujube termasuk buah rendah kalori yang mengandung serat serta beragam vitamin dan mineral. Kandungan antioksidan dalam buah jujube juga memberikan manfaat tersendiri.

Seperti dilansir dari US. Department of Agriculture, dalam 100 gram (g) buah jujube memiliki komposisi gizi seperti berikut:

Selain protein, karbohidrat, lemak, dan nutrisi lainnya di atas, buah jujube mengandung gula alami yang bisa menambah asupan energi.

Akan tetapi, buah yang dikeringkan akan memiliki total kalori dan gula yang lebih tinggi dari buah angco segar.

Manfaat buah jujube (angco) untuk kesehatan

Sajian jujube angco

Dari kandungan nutrisi seperti serat, vitamin C, dan senyawa antioksidan lainnya, buah jujube dapat memberikan sederet manfaat untuk kesehatan tubuh.

Inilah khasiat atau manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah jujube:

1. Mengoptimalkan fungsi otak

Buah jujube dikenal punya manfaat karena kandungan antioksidannya. Senyawa antioksidan seperti flavonoid dan saponin dalam buah jujube sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Studi dari Hong Kong University of Science and Technology menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dan saponin pada jujube mampu melindungi otak dari peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Selain itu, khasiat antioksidan dalam buah jujube atau angco ini berpotensi dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya.

7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

2. Meningkatkan kualitas tidur

Khasiat buah jujube dalam mengatasi peradangan di otak juga dapat memengaruhi kerja otak dalam mengatasi stres dan gangguan cemas yang menyebabkan insomnia.

Flavonoid dan saponin pada buah angco dapat menurunkan akivitas otak yang menghasilkan rasa cemas dan meningkatkan hormon yang dapat menenangkan pikiran.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Menariknya lagi, buah jujube memiliki kandungan serat yang tak kalah tinggi dari buah-buahan lain. Nah, kandungan serat dalam buah jujube memiliki manfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan.

Serat mampu melembutkan feses dan mempercepat gerakan usus untuk mencerna makanan. Jujube juga termasuk makanan yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus.

Selain itu, beberapa senyawa aktif di dalam buah jujube memiliki manfaat untuk membantu memberikan perlindungan pada dinding lambung dan usus besar.

4. Mengurangi risiko kanker

Kandungan antioksidan dalam buah angco dapat memperkuat fungsi sekaligus memperbaiki kerusakan sel, terutama dari serangan radikal bebas.

Manfaat buah jujube ini berasal dari jenis gula polisakarida yang berperan sebagai komponen antioksidan. Senyawa ini bekerja mengatasi kerusakan sel dengan meredakan peradangan.

Alhasil, secara tidak langsung, buah jujube punya manfaat baik untuk menurunkan risiko Anda mengalami kanker.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah jujube yang utama juga berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C memiliki banyak fungsi bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan di dalam buah jujube ini bisa menambah produksi sel untuk melawan infeksi kuman penyakit yang merusak sel-sel sehat.

Selain itu, kandungan lignin pada ekstrak jujube punya manfaat baik untuk meningkatkan jumlah sel imun yang mampu menetralisasi komponen penyebab penyakit di dalam tubuh.

Tips dan Suplemen Makanan untuk Daya Tahan Tubuh Orang Dewasa

6. Menjaga kadar gula darah

Khasiat buah jujube ini berasal dari kandungan vitamin yang dapat meningkatkan kemampuan sel untuk menyerap gula darah.

Jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat, buah angco dapat membantu mengontrol glukosa darah agar tetap dalam kadar normalnya. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

7. Melindungi kesehatan jantung

Senyawa aktif dalam buah jujube diketahui memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Di saat yang bersamaan, konsumsi buah angco pun bisa meningkatkan kadar kolesterol baik.

Hal ini tentunya dapat mencegah penyumbatan aliran darah yang disebabkan oleh penggumpalan kolesterol.

Jika dibiarkan tanpa perawatan, kondisi ini berisiko menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke.

Meskipun ukurannya kecil, jujube merupakan buah rendah kalori yang memiliki banyak manfaat karena tinggi vitamin, antioksidan, dan serat.

Jika ingin mendapatkan manfaat buah jujube dengan maksimal, sebaiknya pilihlah buah yang masih segar sebagai camilan sehat.

Buah jujube kering mengandung kalori dan gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar sehingga Anda perlu berhati-hati jangan sampai berlebihan mengonsumsinya.

Terakhir, pastikan Anda juga mencukupi kebutuhan gizi harian dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya, ya.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Miklavčič Višnjevec, A., Ota, A., Bandelj, D., Poklar Ulrih, N., Bučar-Miklavčič, M., & Ban, D. et al. (2019). An Integrated Characterization of Jujube (Ziziphus jujuba Mill.) Grown in the North Adriatic Region. Food Technology And Biotechnology, 57(1), 17-28. doi: 10.17113/ftb.57.01.19.5910

Chen, J., Liu, X., Li, Z., Qi, A., Yao, P., & Zhou, Z. et al. (2017). A Review of DietaryZiziphus jujubaFruit (Jujube): Developing Health Food Supplements for Brain Protection. Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine, 2017, 1-10. doi: 10.1155/2017/3019568

Zhang, L., Liu, X., Wang, Y., Liu, G., Zhang, Z., Zhao, Z., & Cheng, H. (2017). In vitro antioxidative and immunological activities of polysaccharides from Zizyphus Jujuba cv. Muzao. International Journal Of Biological Macromolecules, 95, 1119-1125. doi: 10.1016/j.ijbiomac.2016.10.102

Yue, Y., Wu, S., Li, Z., Li, J., Li, X., Xiang, J., & Ding, H. (2015). Wild jujube polysaccharides protect against experimental inflammatory bowel disease by enabling enhanced intestinal barrier function. Food & Function, 6(8), 2568-2577. doi: 10.1039/c5fo00378d

San, A., Thongpraditchote, S., Sithisarn, P., & Gritsanapan, W. (2013). Total Phenolics and Total Flavonoids Contents and Hypnotic Effect in Mice ofZiziphus mauritianaLam. Seed Extract. Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine, 2013, 1-4. doi: 10.1155/2013/835854

U.S. Department of Agriculture. (2021). Jujube, raw. Retrieved 5 March 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/168151/nutrients

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fidhia Kemala Diperbarui 15/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.