Memanfaatkan Jambu Biji untuk Pasien Demam Berdarah

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ketika Anda atau orang terdekat Anda diserang penyakit demam berdarah dengue (DBD), mungkin Anda akan disarankan untuk mengonsumsi buah jambu biji. Sepertinya memang masyarakat di negara-negara beriklim tropis percaya akan manfaat jambu biji untuk pasien demam berdarah.  

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Virus ini biasanya ditularkan pada manusia dari nyamuk Aedes aegypti. Populasi nyamuk penyebab DBD ini akan bertambah di musim hujan. Sayangnya, sampai saat ini belum ada obat yang bisa membunuh virus dengue. Penanganan DBD masih fokus pada mengobati gejalanya saja. Maka, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan jambu biji guna meredakan gejala DBD.

Yang terjadi pada tubuh ketika diserang demam berdarah

Virus dengue yang menginfeksi tubuh Anda akan mengakibatkan demam, nyeri otot dan sendi, lemas, mual, muntah, dan perdarahan ringan. Selain itu, virus ini juga menyerang sistem peredaran darah. Keping darah (trombosit) Anda akan mengalami kebocoran dan merembes ke jaringan-jaringan di sekitarnya. Inilah yang menyebabkan perdarahan ringan. Karena kebocoran ini pula, jumlah keping darah Anda berkurang cukup drastis.

Dalam keadaan sehat, jumlah keping darah Anda seharusnya berkisar pada angka 150.000 sampai 450.000. Kurang dari angka tersebut, Anda berisiko mengalami perdarahan hebat, kerusakan organ, hingga kematian.

Manfaat jambu biji untuk pasien demam berdarah

Untuk membantu mempercepat penyembuhan, pasien demam berdarah dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Salah satunya adalah jambu biji. Cari tahu apa saja manfaat jambu biji untuk pasien DBD berikut ini.

1. Mempercepat pembentukan trombosit darah baru

Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dalam tubuh Anda bertanggung jawab untuk memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru. Karena pasien demam berdarah sebaiknya makan makanan atau minuman yang mudah dicerna, sebaiknya proses dulu jambu biji jadi jus yang lembut. Kandungan airnya juga baik untuk mencegah dehidrasi.

2. Membantu menghentikan pertumbuhan virus

Jambu biji kaya akan quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur. Quercetin berfungsi sebagai antiperadangan, antihistamin, dan antioksidan yang mujarab sehingga bisa mencegah pembentukan enzim mRNA. Enzim inilah yang akan membuat virus dengue semakin kuat dan menyebar dalam tubuh pasien DBD. Maka, jangan lewatkan manfaat jambu biji ini untuk melawan infeksi virus secara alami.

3. Sumber kalsium dan mineral

Selain mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi penting, jambu biji juga mengandung berbagai jenis mineral serta kalsium. Untuk meningkatkan jumlah keping darah, Anda membutuhkan kalsium dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor. Selain itu, fosfor juga bisa memperbaiki jaringan-jaringan di sekitar pembuluh darah yang rusak dan mengalami kebocoran. Anda bisa menemukan kalsium serta mineral-mineral tersebut dalam jambu biji.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit