home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Suka Makan Ikan Kembung? Ini 4 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan

Suka Makan Ikan Kembung? Ini 4 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan

Ikan merupakan sumber protein yang terjangkau dan ada banyak jenisnya, salah satunya ikan kembung. Selain daging yang lembut, ikan kembung juga kaya kandungan nutrisi sehingga membuat orang menyakini, jika mengonsumsinya secara rutin, tentu akan ada manfaatnya bagi tubuh. Namun, apa saja, ya, manfaatnya?

Kandungan gizi ikan kembung

manfaat kandungan khasiat ikan kembung

Rastrellliger kanagurta adalah nama ilmiah dari ikan kembung. Ikan yang hidup di laut ini masih sekerabat dengan ikan tenggiri, ikan tuna, dan ikan tongkol. Anda bisa mengolah ikan kembung dengan berbagai cara, mulai dari menggorengnya hingga membuatnya menjadi pepes. Sungguh nikmat, bukan?

Di balik rasanya yang enak, ikan kembung ternyata kaya kandungan gizi sehingga memberi manfaat pada kesehatan tubuh. Dalam 100 gram ikan kembung, terdapat berbagai nutrisi, di antaranya:

  • Protein: 21,3 gram.
  • Lemak: 3,4 gram
  • Karbohidrat: 2.2 gram.
  • Kalsium: 136 mg.
  • Fosfor: 69 mg.
  • Besi: 0,8 mg.
  • Natrium: 214 mg.
  • Kalium: 245,0 mg.
  • Tembaga: 0,20 mg.
  • Seng: 1,1 mg.
  • Thiamin (vitamin B1): 0,26 mg..
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,03 mg
  • Niasin (vitamin B3): 0,2 mg.

Manfaat ikan kembung untuk kesehatan

manfaat kandungan khasiat ikan kembung

Berdasarkan kandungan nutrisinya, berikut ini adalah manfaat ikan kembung yang mungkin Anda dapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

1. Memiliki potensi mencegah peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh ketika terdeteksi zat asing yang bisa menginfeksi. Meski menjadi bagian dari proses perlindungan diri dari penyakit dan gangguan, peradangan dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Salah satu cara mencegah peradangan pada tubuh adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan. Selain buah, makanan tinggi antioksidan ada pada ikan, contohnya ikan kembung.

Nah, kandungan antioksidan pada ikan kembung ini memberi manfaat dalam melindungi sel-sel tubuh dari peradangan akibat radikal bebas. Khasiat antioksidan dari ikan kembung ini tercantum dalam studi pada Pakistan journal of pharmaceutical sciences pada tahun 2014.

2. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, ikan kembung bisa menjadi salah satu makanan pilihan. Kenapa? Pertama, ikan kembung kaya akan protein yang punya manfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme tubuh, maka semakin banyak kalori akan dibakar. Nah, efeknya berat badan akan turut menurun.

Kedua, alasan lain kenapa protein penting untuk diet, yakni karena protein memberikan energi bagi tubuh. Tentu tubuh Anda jadi tetap berenergi menjalani aktivitas walaupun sedang menjalani diet.

3. Menyehatkan tulang

Agar tulang tetap sehat dan kuat, Anda butuh asupan kalsium yang mencukupi. Kalsium bisa Anda temukan pada banyak makanan, termasuk ikan kembung ini.

Kandungan kalsium pada ikan kembung berkhasiat untuk menjaga kekokohan tulang dan gigi Anda. Apalagi bagi lansia, peran kalsium amatlah penting, yakni mencegah osteoporosis dan patah tulang.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat ikan kembung ini, Anda juga perlu mencukupi vitamin D. Pasalnya, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang ada pada makanan. Nah, vitamin D ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dari sinar matahari pagi atau produk susu.

Selain kalsium, ikan kembung juga dilengkapi dengan fosfor, tembaga, dan seng yang juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

4. Menjaga kesehatan otot dan saraf

Selain menyehatkan tulang, makan ikan kembung secara rutin juga memberikan manfaat pada kesehatan otot dan saraf. Ini karena ikan bandeng kaya akan kalium dan natrium.

Tubuh membutuhkan kedua mineral ini agar otot dan saraf dapat berfungsi dengan baik. Kadar kalium atau natrium yang rendah dalam tubuh, meningkatkan risiko Anda mengalami lemah, lelah, atau nyeri pada otot (myalgia).

Di samping itu, kalium juga bertugas untuk menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Tujuannya, kadar natrium tidak terlalu tinggi dan menyebabkan tekanan darah naik.

Tips aman menyantap ikan kembung

Sangat melimpah bukan manfaat ikan kembung bagi kesehatan? Jika Anda ingin mendapatkan khasiatnya ini, Anda bisa menambahkan ikan kembung sebagai menu makan bersama keluarga.

Biasanya, cara menyajikan ikan kembung adalah dengan menggorengnya sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Sayangnya, menggoreng ikan bisa meningkatkan kandungan lemak dan mungkin juga menghilangkan asam amino yang terkandung.

Oleh karena itulah, Anda lebih baik merebus, mengukus, atau memanggang ikan ketimbang menggorengnya. Selain memperhatikan cara mengolahnya, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih ikan. Pilih ikan yang segar, yakni tidak berbau dan dagingnya tidak lembek maupun berair.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Beranda. (n.d.). Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. https://www.panganku.org/id-ID/view [Accessed on March 5th, 2021]

Rahman, M. M., Zamri, M., & Fadilla, N. (2012). Effects of deep frying on proximate composition and micronutrient of Indian mackerel (Rastrelliger kanagurta), eel (Monopterus albus) and cockle (Anadara granosa)Pakistan journal of biological sciences : PJBS15(12), 589–594. https://doi.org/10.3923/pjbs.2012.589.594. [Accessed on March 5th, 2021]

Abdulazeez, S. S., Sundaram, B., Ramamoorthy, B., & Ponnusamy, P. (2014). Production and antioxidant properties of protein hydrolysate from Rastrelliger kanagurta (Indian mackerel)Pakistan journal of pharmaceutical sciences27(5), 1295–1302. [Accessed on March 5th, 2021]

Leidy HJ, Clifton PM, Astrup A, Wycherley TP, Westerterp-Plantenga MS, Luscombe-Marsh ND, Woods SC, Mattes RD. The role of protein in weight loss and maintenance. Am J Clin Nutr. 2015 Jun;101(6):1320S-1329S. doi: 10.3945/ajcn.114.084038. Epub 2015 Apr 29. PMID: 25926512. [Accessed on March 5th, 2021]

Potassium. (2020, October 1). Office of Dietary Supplements (ODS). https://ods.od.nih.gov/factsheets/Potassium-HealthProfessional/ [Accessed on March 5th, 2021]

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x