5 Makanan Sehari-hari yang Kaya Akan Biotin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Biotin adalah vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Terkadang, biotin ini juga disebut sebagai vitamin H atau B7. Seperti vitamin B lainnya, biotin membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Bila tubuh memiliki jumlah biotin yang sehat, Anda mungkin memiliki rambut yang mengilat, kulit bercahaya, dan kuku yang kuat.

Selain untuk kesehatan, biotin juga penting untuk kehamilan. Biotin mampu membantu fungsi organ hati bekerja dengan baik dan sehat. Selain diproduksi lewat suplemen, ternyata biotin juga bisa diperoleh lewat makanan sehat yang bisa Anda makan setiap hari. Apa saja makanan mengandung biotin yang wajib dikonsumsi?

Berbagai macam sumber makanan mengandung biotin

1. Kuning telur

Pada kuning telur ayam, nyatanya mengandung sejumlah biotin di dalamnya. Kuning telur harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, meskipun panas bisa mengurangi jumlah kandungan biotin di dalamnya. Karena fungsi biotin berfungsi penting dalam perkembangan embrio ayam, maka Anda bisa menggunakan kuning telur sebagai salah satu makanan mengandung biotin yang mudah didapat.

2. Kacang-kacangan

Kacang almond yang mentah, asin, atau dipanggang sama-sama mengandung kadar biotin yang sama tinggi. Selain almond, kacang-kacangan lain dan kacang polong juga mengandung kadar biotin.

Dengan rajin mengonsumsi jenis kacang seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kenari, dan almond, ini bisa memberikan Anda protein, vitamin E, dan asupan biotin yang cukup untuk tubuh.

3. Keju

Sebagian besar produk susu umumnya mengandung sejumlah biotin di dalamnya. Gorgonzola atau keju biru dan keju Camembert merupakan sekian dari jenis keju yang mengandung biotin paling banyak menurut sebuah penelitian yang meneliti kandungan biotin dari 23 jenis keju.  

4. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beberapa kandungan biotin tertinggi yang ditemukan pada sayuran. Karena ubi jalar juga mengandung beta karoten, ini sangat bagus untuk Anda yang ingin mempercantik dan merawat kulit Anda dari dalam. Anda bisa mengonsumsi ubi jalar dengan cara dipanggang atau dioven agar kandungan biotin di dalamnya tidak berkurang banyak.

5. Daging atau organ hewan

Hati ayam atau sapi mengandung biotin yang tinggi, kira-kira sebanyak 27 sampai 35 mikrogram biotin dalam 3 ons hati yang dimasak. Biotin juga bisa ditemukan pada ikan seperti salmon dan sarden. Salmon yang dimasak dengan cara direbus, biasanya memiliki 4 sampai 5 mikrogram biotin per ukuran 3 ons.

Hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi suplemen biotin tambahan

Perlu diperhatikan, ketika Anda meggunakan suplemen biotin tambahan, ada beberapa risiko yang harus Anda ketahui bisa mengganggu pengobatan tertentu. Jika Anda memiliki masalah epilesi atau kejang, tanyakan pada dokter, apa Anda boleh mengonsumsi biotin tambahan atau tidak. Pasalnya, kombinasi obat kejang dan biotin tambahan bisa berisiko serius untuk kesehatan.

Lalu, jika Anda menyusui atau hamil, Anda mungkin sudah mendapatkan dosis biotin tambahan yang tinggi pada  vitamin prenatal Anda. Hindari mengonsumsi biotin tambahan kecuali jika dokter menyarankan Anda. Perlu diketahui juga, bahwa biotin adalah vitamin yang larut dalam air. Di mana artinya tubuh Anda tidak bisa menyimpang kandungan biotin lebih di dalam tubuh dalam jangka waktu lama.

Lalu, mengonsumsi vitamin B larut  juga malam bisa mengganggu siklus tidur Anda, jadi berhati-hatilah saat Anda mengonsumsi suplemen vitamin B. Vitamin biotin ini paling baik dikonsumsi pagi hari untuk meningkatkan energi dalam tubuh Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Dijadikan Wedang, Jangan Lewatkan 4 Manfaat Hebat Kayu Secang

Kayu secang sering diolah menjadi minuman wedang secang oleh orang-orang Jawa. Penasaran apa manfaat kayu secang untuk kesehatan? Klik di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Telat haid memang bisa jadi ciri hamil, tapi bisa juga tidak. Jadi berapa lama sejak telat datang bulan bisa menjadi pertanda kehamilan. Cek di sini ya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Menstruasi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Jangan membiarkan kesepian terlalu lama menggerogoti Anda. Cari tahu cara mengatasi kesepian agar hidup Anda jauh lebih bahagia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

arti desahan wanita

Mengapa Wanita Lebih Sering Mendesah di Ranjang Dibanding Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
lemon dan madu

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
apa itu kalori adalah

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, dan Jenis-Jenisnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips perawatan setelah sunat

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit