home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Sumber Makanan Sehari-hari yang Mengandung Biotin

5 Sumber Makanan Sehari-hari yang Mengandung Biotin

Biotin adalah vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Selain untuk kesehatan, biotin juga penting untuk kehamilan. Biotin pun mampu membantu fungsi organ hati dengan baik dan sehat. Simak apa saja makanan yang mengandung biotin berikut.

Berbagai sumber makanan yang mengandung biotin

Biotin disebut juga sebagai vitamin H atau B7. Seperti vitamin B lainnya, biotin membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Bila tubuh memiliki cukup jumlah biotin, Anda mungkin akan memiliki rambut sehat, kulit bercahaya, dan kuku yang kuat.

Selain diproduksi lewat suplemen, ternyata biotin juga bisa diperoleh lewat makanan sehat yang bisa Anda makan setiap hari. Apa saja makanan mengandung biotin yang wajib dikonsumsi?

1. Kuning telur

Kuning telur ayam nyatanya mengandung sejumlah biotin di dalamnya. Kuning telur harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, meskipun panas bisa mengurangi jumlah kandungan biotin di dalamnya.

Karena fungsi biotin berfungsi penting dalam perkembangan embrio ayam, Anda bisa menggunakan kuning telur sebagai salah satu makanan mengandung biotin yang mudah didapat.

2. Kacang-kacangan

Kacang almond yang mentah, asin, atau dipanggang sama-sama mengandung kadar biotin yang sama tinggi. Selain almond, kacang-kacangan lain dan kacang polong juga mengandung kadar biotin.

Dengan rajin mengonsumsi jenis kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kenari, dan almond, ini bisa memberikan Anda protein, vitamin E, dan asupan biotin yang cukup untuk tubuh.

3. Keju

Sebagian besar produk susu umumnya mengandung sejumlah biotin di dalamnya.

Gorgonzola (keju biru) dan keju Camembert merupakan sekian dari jenis keju yang mengandung biotin paling banyak menurut sebuah penelitian yang meneliti kandungan biotin dari 23 jenis keju.

4. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beberapa kandungan biotin tertinggi yang ditemukan pada sayuran. Karena ubi jalar juga mengandung beta karoten, ini sangat bagus untuk Anda yang ingin mempercantik dan merawat kulit Anda dari dalam.

Anda bisa mengonsumsi ubi jalar dengan cara dipanggang atau dioven agar kandungan biotin di dalamnya tidak berkurang banyak.

5. Daging atau organ hewan

Hati ayam atau sapi mengandung biotin yang tinggi, kira-kira sebanyak 27 sampai 35 mikrogram biotin dalam 3 ons hati yang dimasak.

Biotin juga bisa ditemukan pada ikan seperti salmon dan sarden. Salmon yang dimasak dengan cara direbus, biasanya memiliki 4 sampai 5 mikrogram biotin per ukuran 3 ons.

Bagaimana dengan suplemen sumber biotin tambahan?

Perlu diperhatikan, ketika Anda meggunakan suplemen sumber biotin tambahan, ada beberapa risiko yang harus Anda ketahui bisa mengganggu pengobatan tertentu.

Jika Anda memiliki masalah epilepsi dan kejang, tanyakan pada dokter, apa Anda boleh mengonsumsi biotin tambahan atau tidak. Pasalnya, kombinasi obat kejang dan biotin tambahan bisa berisiko serius untuk kesehatan.

Lalu, jika Anda menyusui atau hamil, Anda mungkin sudah mendapatkan dosis biotin tambahan yang tinggi pada vitamin prenatal Anda. Hindari mengonsumsi biotin tambahan kecuali jika dokter menyarankan Anda.

Perlu diketahui juga bahwa biotin merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Itu artinya, tubuh Anda tidak bisa menyimpang kandungan biotin lebih di dalam tubuh dalam jangka waktu lama.

Lalu, mengonsumsi vitamin B larut juga malah bisa mengganggu siklus tidur Anda. Jadi, berhati-hatilah saat Anda mengonsumsi suplemen vitamin B. Vitamin biotin ini paling baik dikonsumsi pagi hari untuk meningkatkan energi dalam tubuh Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

A list of biotin rich foods https://www.livestrong.com/article/437532-a-list-of-biotin-rich-foods/  Diakses pada 22 Januari 2018.

Biotin rich foods https://www.healthline.com/health/biotin-rich-foods Diakses pada 22 Januari 2018.

What you should know about biotin rich foods https://www.medicalnewstoday.com/articles/320222.php Diakses pada 22 Januari 2018.

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 19/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x