home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ikan Salmon Ternyata Bagus untuk Kesehatan Kulit, Lho!

Ikan Salmon Ternyata Bagus untuk Kesehatan Kulit, Lho!

Ikan salmon kerap diolah menjadi menu sushi atau untuk campuran topping salad sayur. Terlepas dari itu, tahukah Anda ikan berlemak ini punya manfaat untuk menjaga kesehatan kulit? Yuk, simak apa saja manfaat makan ikan salmon untuk kulit!

Manfaat makan ikan salmon untuk kesehatan kulit

Salmon terkenal sebagai makanan yang sehat karena mengandung asam lemak omega-3, vitamin D, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Di bawah ini berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk kulit dari konsumsi ikan berlemak yang kaya omega-3 ini secara rutin.

1. Mengatasi peradangan kulit

Daging ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kulit Anda. Manfaat omega 3 dari salmon dapat membantu menenangkan kulit yang meradang.

Dalam jangka panjang, manfaat makan ikan salmon dapat membantu menurunkan risiko kekambuhan gejala psoriasis, dan bahkan untuk menurunkan risiko terjadinya kanker kulit jenis non-melanoma dan melanoma.

2. Melembapkan kulit

Pada dasarnya, kulit memiliki lapisan minyak alami yang bertugas melindunginya dari bahaya kerusakan faktor luar. Lapisan minyak ini juga membantu kulit mempertahankan kelembapannya dan tetap terhidrasi.

Nah, asam lemak omega-3 dari ikan ini dipercaya dapat membuat kulit tampak kenyal dan bersinar. Dengan mengonsumsi lemak baik dari ikan ini, Anda sama saja seperti memberikan kulit Anda makanan yang menyehatkan.

Sebuah penelitian yang terbit di International Journal of Cosmetic Science membuktikan 90% peserta mengalami perbaikan kondisi kulit, yang tadinya terlihat kasar dan kering menjadi lembut, berkat pemakaian krim yang mengandung 3% DNA sperma salmon.

Para peneliti menemukan bahwa DNA sperma salmon bekerja dengan merangsang produksi asam hyaluronat (hyaluronic acid) pada sel jaringan ikat kulit.

3. Mencegah efek radiasi sinar UV matahari

Manfaat lain dari ikan salmon untuk kulit manusia yakni melindunginya dari efek radiasi sinar UV matahari karena mengandung vitamin D.

Vitamin D juga bagus untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit dan membantu melindungi terhadap radikal bebas yang berbahaya.

Ragam Jenis Vitamin untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Awet Muda

4. Bikin awet muda

Menurut penelitian dari Jepang terbitan Acta Biochimica Polonica pada 2012, kandungan astaxanthin dalam ikan salmon mampu secara alami menjaga kulit tetap awet muda dari dalam. Astaxanthin yaitu jenis antioksidan dan anti-radang yang baik bagi kulit.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa astaxanthin dapat membantu merangsang produksi kolagen di dalam kulit. Kolagen yaitu protein khusus yang membuat kulit tampak kenyak dan lembap.

Semakin banyak produksi kolagen dalam kulit, keriput dan garis halus, flek hitam, serta tekstur kulit yang tidak rata akan memudar.

5. Mencegah dan mengatasi jerawat

Menurut sebuah penelitian pada 2014, makan ikan salmon baik untuk mencegah dan mengatasi jerawat di kulit wajah. Vitamin D dalam daging salmon memiliki sifat anti-mikroba yang berfungsi untuk melawan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, vitamin D memiliki sifat anti-radang yang baik untuk meredakan gejala jerawat yang terlanjur meradang.

6. Membantu penyembuhan luka

Penelitian yang terbit di Archives of Craniofacial Surgery pada 2018 memperlihatkan bahwa sperma ikan ini menyembuhkan luka bakar di kulit tikus percobaan lebih cepat daripada ketika dioleskan cairan saline atau obat luka bakar lainnya.

Ini karena DNA ikan salmon membantu meningkatkan pembentukan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah ke kulit, sehingga penyembuhan luka jadi lebih cepat. Namun, perlu riset lanjutan karena obyek penelitian tersebut baru pada hewan.

Meski beberapa manfaat masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tak bisa Anda pungkiri bahwa ikan salmon dapat memberikan berbagai kebaikan untuk tubuh Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tominaga, K., Hongo, N., Karato, M. and Yamashita, E., 2012. Cosmetic benefits of astaxanthin on humans subjects. Acta Biochimica Polonica, 59(1). Retrieved 27 April 2021.

Abubakari, A. R., Naderali, M. M., & Naderali, E. K. (2014). Omega-3 fatty acid supplementation and cognitive function: are smaller dosages more beneficial? International journal of general medicine, 7, 463–473. Retrieved 27 April 2021.

Yildizgören, M. T., & Togral, A. K. (2015). Preliminary evidence for vitamin D deficiency in nodulocystic acne. Dermato-endocrinology, 6(1), e983687. doi:10.4161/derm.29799. Retrieved 27 April 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 05/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro