home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berapa Batas Konsumsi Minuman Ringan dalam Sehari?

Berapa Batas Konsumsi Minuman Ringan dalam Sehari?

Kalau cuaca sedang panas terik, enaknya memang menenggak minuman ringan yang disajikan dingin. Akan tetapi, di balik segarnyaminuman ringan kesukaan Anda, ada berbagai bahaya yang mengintai kesehatan.

Anda mungkin beralasan, “Ah, tapi kan saya cuma sesekali saja minum minuman ringan.” Namun, tahukah Anda sebenarnya berapa batas aman konsumsi soft drink manis, misalnya dalam sehari atau seminggu? Simak jawabannya berikut ini!

Kandungan nutrisi dalam minuman ringan

dampak buruk minum soda

Minuman ringan alias softdrink ada banyak jenisnya, mulai dari minuman bersoda, minuman energi, jus buah kemasan, teh atau kopi siap minum, vitamin water, yogurt, hingga air kelapa yang dijual dalam kemasan botol atau kotak.

Intinya, macam-macam minuman yang telah diproses sedemikian rupa (tak lagi alami) yang kemudian dikemas siap minum dikategorikan sebagai minuman ringan.

Anda mungkin menyangka bahwa jus buah kemasan, misalnya, mengandung buah asli. Padahal, meski pada botolnya diiming-imingi teks seperti itu, Anda kemungkinan besar dikecoh. Kandungan jus buah aslinya mungkin hanya beberapa persen.

Sedangkan kandungan paling besar dari berbagai jenis minuman ringan yaitu air dan gula. Gula yang dipakai untuk meracik minuman dalam kemasan biasanya pun merupakan pemanis buatan seperti sirup jagung tinggi fruktosa atau sukrosa.

Dalam tubuh Anda, gula akan menjadi kalori. Karena itu, minuman jenis ini biasanya minim nutrisi tetapi tinggi kalori.

Apa saja bahaya minuman ringan untuk kesehatan?

Mengonsumsi softdrink yang tinggi gula membuat Anda rentan terkena berbagai penyakit. Beberapa di antaranya yaitu penyakit diabetes, obesitas, penyakit jantung, penyakit ginjal, serta penyakit kronis lainnya.

Selain itu, berbagai penelitian juga membuktikan kalau orang yang terbiasa mengonsumsi minuman jenis ini cenderung mengabaikan kesehatannya secara umum.

Karena itu, para dokter dan ahli kesehatan tidak menganjurkan Anda untuk sering-sering mengonsumsi softdrink.

Berapa banyak minuman ringan yang boleh dikonsumsi dalam sehari?

Kemudian, Anda mungkin bertanya-tanya berapa kali minum minuman jenis ini yang masih aman buat kesehatan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus tahu dulu berapa batas konsumsi gula yang wajar dalam sehari.

Orang dewasa sebaiknya tidak mengonsumsi gula lebih dari 50 gram (setara dengan 5 – 9 sendok teh) per hari. Untuk anak-anak, batasnya yaitu 12 – 25 gram per hari (sekitar setengah dari konsumsi orang dewasa).

Sementara itu, dalam sekaleng minuman kesukaan Anda, kadar gulanya bisa mencapai 17 gram. Padahal, dalam sehari Anda pasti mengonsumsi gula dari sumber lainnya, seperti nasi dan makanan ringan.

Jika ditotal rata-rata, Anda bisa mengonsumsi gula lebih dari 80 gram sehari. Belum lagi kalau Anda mengonsumsi sampai dua kaleng atau kemasan kardus. Risiko Anda terhadap bahaya penyakit yang disebut di atas dapat naik berkali-kali lipat.

Menurut sebuah penelitian oleh para ahli di Swedia, mengonsumsi 200 mililiter minuman ringan dalam sehari membuat Anda 10 kali lebih rentan terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang tidak minum minuman kemasan setiap hari.

Padahal, satu kaleng minuman ringan biasanya memiliki massa 300 mililiter. Itu berarti satu kaleng per hari saja bahkan sudah berpotensi membahayakan tubuh.

Karena itu, mengonsumsi minuman jenis ini sekali per hari sudah dianggap tidak wajar. Bila Anda tetap ingin mengonsumsinya, sebaiknya batasi paling banyak dua kali seminggu agar tubuh Anda punya kesempatan mencernanya hingga tuntas.

Tips agar tidak berlebihan

Untuk mempercepat proses pencernaan minuman sekaligus mengurangi risiko penyakit akibat kebanyakan konsumsi minuman jenis ini, sebaiknya perhatikanlah gaya hidup Anda.

Tetap jaga pola makan yang sehat, rutin berolahraga, kendalikan berat badan agar tetap ideal, serta istirahat yang cukup.

Nantinya, bila sudah bisa membatasi konsumsi minuman ini dua kali seminggu, pelan-pelan kurangi lagi menjadi sekali seminggu. Lama-lama, Anda pun akan terbebas dari rasa ngidam minuman ringan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Do You Drink Soda Every Day? https://health.clevelandclinic.org/2013/03/soda-do-you-drink-it-every-day/. Diakses pada 21 Juli 2017.

Sugary Drinks. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-drinks/sugary-drinks/. Diakses pada 21 Juli 2017.

How Much is Too Much? http://sugarscience.ucsf.edu/the-growing-concern-of-overconsumption/#.WXGU4dOGORs. Diakses pada 21 Juli 2017.

Effects of Soft Drink Consumption on Nutrition and Health: A Systematic Review and Meta-Analysis https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1829363/ Diakses pada 21 Juli 2017

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 3 hari lalu
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x