home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Diet Jamur yang Konon Ampuh Kecilkan Pinggang dan Paha

Mengenal Diet Jamur yang Konon Ampuh Kecilkan Pinggang dan Paha

Salah satu diet yang mungkin pernah Anda dengar yaitu diet jamur. Diet yang dilakukan oleh beberapa artis luar negeri ini dikatakan bisa menurunkan berat badan dalam waktu 14 hari. Bagaimana cara melakukan diet yang satu ini?

Apa itu diet jamur?

resep jamur

Diet jamur adalah diet yang dilakukan dengan menggantikan satu kali waktu makan Anda dengan makanan berbahan dasar jamur setiap harinya. Contohnya, menggantikan menu daging dalam makan malam Anda menjadi menu olahan jamur.

Pola makan yang juga disebut dengan M-plan ini berlangsung selama 14 hari. Selain menurunkan berat badan, diet ini juga diklaim dapat mengurangi lingkar paha dan pinggul.

Meski tubuh bagian bawah mengecil, bagian payudara tidak akan menyusut. Ibaratnya, diet ini dianggap bisa membantu kaum wanita mendapatkan bentuk badan yang ideal dan proporsional.

Jenis jamur apa pun bisa digunakan dalam diet ini. Tidak ada aturan juga dalam mengolah jamur yang akan dikonsumsi, entah itu dimakan mentah, dipanggang, dikukus, atau ditumis dengan minyak sesedikit mungkin.

Namun bila pengolahan jamur disertai dengan banyak saus-saus tambahan, maka diet selama 14 hari ini tidak akan berhasil.

Apakah diet ini bisa menurunkan berat badan?

Memang, mengganti makanan tinggi kalori dengan bahan makanan jamur yang rendah kalori secara logis dapat membantu menurunkan berat badan.

Pasalnya, selain jamur memiliki kalori yang rendah, cara mengolahnya yang menggunakan sedikit minyak juga membantu memangkas jumlah kalori.

Jamur kaya akan kandungan serat, sehingga bisa menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dan membantu metabolisme dalam tubuh semakin lancar.

Tentu, jika Anda mengganti daging dengan jamur, kalori yang Anda dapatkan akan jauh lebih sedikit, sehingga klaim diet ini yang disebut-sebut dapat membantu menurunkan berat badan mungkin saja terwujud.

Tak hanya itu, jamur mengandung banyak nutrien penting seperti kalium, vitamin B, vitamin D, dan sedikit protein. Menambahkan jamur dalam menu makanan Anda bisa membantu pemenuhan gizi seimbang.

Lalu, apakah diet jamur boleh dilakukan?

Jika Anda mencari cara menurunkan berat badan yang simpel, diet jamur bisa saja dilakukan. Tidak masalah jika sekali waktu mengganti jenis makanan Anda dengan menu vegetarian yang sehat seperti jamur.

Sayangnya, jamur tidak memiliki kekuatan ajaib untuk menjaga payudara tetap besar sementara bagian bawah tubuh Anda mengecil sebagaimana yang diidam-idamkan oleh para penggiat diet.

Sampai saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa suatu jenis diet bisa menurunkan berat badan pada satu bagian tubuh tertentu saja.

Kelihatannya, pola makan tanpa aturan ketat seperti ini memang mudah. Namun, diet yang satu ini bisa saja malah membuat Anda makan dengan porsi berlebih.

Selain itu, menurunkan berat badan sebenarnya tidak hanya dengan jamur. Mengganti bahan makanan Anda dengan sayuran lain juga bisa membantu orang menurunnkan berat badan. Sebab, kalori pada sayuran juga sama rendahnya seperti jamur.

Jika ingin membentuk satu bagian tubuh, lakukan dengan olahraga. Pilihlah olahraga yang cocok untuk bagian tubuh yang Anda inginkan, misalnya yoga untuk mengencangkan perut atau gerakan untuk mengecilkan paha.

Bila berhasil, alasan paling mungkin yaitu ada pada jamur yang rendah kalori. Dengan mengonsumsi kalori lebih rendah dan dilakukan dengan disiplin, Anda bisa saja menurunkan berat badan secara perlahan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Julie M. Hess, Qi Wang, Clarissa Kraft, Joanne L. Slavin. (2017). Impact of Agaricus bisporus mushroom consumption on satiety and food intake.
Appetite. Volume 117, Pages 179-185, ISSN 0195-6663.  Retrieved 20 April 2021.

Metabolism and Weight Loss: How You Burn Calories. (2020). Mayo Clinic. Retrieved 20 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/metabolism/art-20046508

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 28/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x