Menguak Nutrisi dan 5 Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

    Pernah melihat jamur yang berwarna cokelat gelap dan bentuknya seperti kuping? Ya, sama seperti bentuknya, jamur ini disebut dengan jamur kuping. Jamur hitam ini sering ditambahkan pada tumisan atau dibuat sup. Penasaran dengan manfaat jamur kuping bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

    Kandungan nutrisi dan manfaat jamur kuping

    Jamur kuping yang memiliki nama latin Auricularia polytricha sering disebut juga dengan jamur hitam. Jamur ini berwarna cokelat gelap kehitaman yang bentuknya tidak beraturan, tapi mirip seperti telinga manusia. Anda dapat dengan mudah menemukannya pada batang pohon. Berbeda dengan jamur lainnya, jamur kuping terasa renyah dan kenyal ketika dimakan dan sangat populer pada masakan Asia.

    Selain enak dan mudah diolah, jamur ini memiliki nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah macam-macam manfaat jamur kuping.

    1. Mencegah penyakit Alzheimer

    Dilansir dari International Journal of Medicinal Mushrooms, mengonsumsi jamur kuping, jamur shitake,  jamur kancing, dan jamur enoki telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap demensia, termasuk penyakit Alzheimer. Nutrisi dari jamur mampu menghambat enzim beta site yang bertanggung jawab untuk melepaskan beta-amyloid peptida, senyawa yang dapat berdampak buruk bagi otak.

    Penyakit Alzheimer adalah kondisi penurunan fungsi otak yang biasanya terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Orang dengan kondisi ini akan menjadi sangat lemah dalam mengingat, berpikir, berbahasa, dan mengambil keputusan.

    2. Berpotensi merawat sel-sel tubuh

    Jamur kuping memiliki sedikit kalori dan lemak, tapi tinggi protein. Satu gelas jamur kuping menyediakan 80 kalori dengan lemak kurang dari 1 gram dan 2,6 gram protein. Kandungan protein membantu tubuh untuk membangun sel-sel tubuh yang telah rusak.

    Selain itu, jamur ini juga mengandung natrium yaitu sebesar 10 mg per gelasnya. Natrium sendiri adalah mineral yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

    3. Menjaga berat badan

    Jamur termasuk dalam deretan makanan yang tinggi serat. Satu cangkir jamur kuping menyediakan 19,6 gram serat makanan. Setiap harinya pria dewasa membutuhkan 38 gram serat, sementara wanita dewasa membutuhkan 30 sampai 32 gram serat. Jadi, satu cangkir jamur ini bisa memenuhi setengah kebutuhan serat per harinya.

    Serat pada makanan sangat baik untuk kesehatan pencernaan, yaitu dengan membantu gerakan usus sehingga bisa menghindari Anda dari sembelit. Selain itu, makanan yang tinggi serat bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet.

    4. Mencegah anemia

    Satu mangkuk jamur memiliki 1,7 mg zat besi. Mineral ini sangat penting untuk memproduksi sel darah merah. Selain itu, zat besi juga menghasilkan protein seperti hemoglobin dan mioglobin yang berperan untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan. Kekurangan zat besi pada tubuh bisa menyebabkan penyakit anemia. Gejalanya meliputi tubuh cepat lelah, lemah, dan pusing.

    Wanita yang memiliki anemia kemungkinan besar akan mengalami kesulitan saat hamil karena sel darah dalam tubuh dibutuhkan lebih banyak untuk pembentukan janin. Itulah sebabnya zat besi termasuk dalam nutrisi yang harus dipenuhi untuk persiapan hamil. Zat besi juga diketahui bisa mengurangi risiko terjadinya PMS pada wanita yang mengalami menstruasi.

    5. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Satu lagi manfaat jamur kuping yang sayang Anda lewatkan, yaitu mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan stres. Jamur kuping mengandung vitamin B2 yang disebut juga dengan riboflavin. Vitamin ini mengubah karbohidrat menjadi glukosa sebagai sumber energi nantinya. Selain itu, vitamin ini juga menutrisi rambut, kulit, mata, dan hati tetap sehat.

    Riboflavin juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Artinya, jamur kuping bisa mencegah Anda dari penuaan dini dan membuat Anda lebih kebal terhadap penyakit jantung dan kanker.

    Kalkulator BMI

    Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

    Ayo Cari Tahu!
    general

    Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Tinggalkan Kentang Goreng! Masak Kentang dengan 5 Cara Sehat Ini

    Jangan menyerah dulu begitu Anda baca judul di atas. Memasak kentang dengan cara-cara berikut malah bisa lebih enak dari kentang goreng, loh!

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Resep Sehat, Nutrisi, Hidup Sehat 17 November 2020 . Waktu baca 7 menit

    Mau Menyajikan Makanan Sehat untuk Anak? Ini Prinsip yang Harus Diketahui Orangtua

    Ingin anak untuk makan makanan sehat? Sebaiknya pahami dulu seputar pemberian makanan bergizi untuk anak. Meliputi sumber, prinsip, hingga contoh menunya.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 15 November 2020 . Waktu baca 17 menit

    Penyebab Panu yang Perlu Anda Ketahui Beserta Faktor Risikonya

    Penyakit panu adalah penyakit gangguan kulit yang datang apabila Anda tidak menjaga kebersihan diri. Cari tahu penyebab panu dan cara mencegahnya.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 11 November 2020 . Waktu baca 5 menit

    Kurap (Kadas)

    Kurap (kadas) adalah penyakit kulit akibat infeksi jamur yang menyerang permukaan kulit. Penyakit ini sangat menular dan ditandai dengan ruam.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 10 November 2020 . Waktu baca 11 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    resep rumput laut sehat dan enak

    3 Resep Olahan Rumput Laut yang Sehat dan Lezat

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit

    Mengenal Quinoa, Makanan Super yang Penuh Gizi

    Ditulis oleh: dr. Anastasia Shinta
    Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 4 menit
    makanan terbaik untuk kesehatan jiwa

    5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
    diet tanpa sayur

    5 Cara Diet Tanpa Sayur yang Aman untuk Tubuh

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit