home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Sendi Charcot

Definisi sendi charcot|Tanda & gejala sendi charcot|Penyebab sendi charcot|Faktor risiko sendi charcot|Diagnosis & pengobatan sendi charcot|Pengobatan sendi charcot di rumah
Sendi Charcot

Definisi sendi charcot

Apa itu sendi charcot?

Sendi charcot, juga dikenal sebagai neuropatik artropati atau sendi neuropatik, adalah kondisi yang memengaruhi orang dengan neuropati perifer, terutama pada penderita diabetes. Kondisi ini memengaruhi jaringan pada sistem gerak manusia, terutama tulang, sendi, dan jaringan lunak pada kaki atau pergelangan kaki

Pada kondisi ini, tulang bisa menjadi lemah dan bahkan patah (fraktur), serta persendian pada kaki atau pergelangan kaki bisa mengalami dislokasi. Bila tidak tertangani dengan baik, kaki Anda bisa mengalami perubahan bentuk dan cacat.

Lama kelamaan, kaki yang cacat bisa menimbulkan luka akibat tekanan pada satu bagian kaki. Adapun bila luka tekan ini terbuka berisiko untuk terkena infeksi hingga harus mendapat amputasi.

Meski umum terjadi pada kaki dan pergelangan kaki, sendi charcot juga bisa muncul pada tangan dan pergelangan tangan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Diabetes Care, penderita sendi charcot di tangan mengeluh kehilangan kekuatan pada tangan dan sulit untuk melakukan kehidupan sehari-hari, sama seperti penderita kaki charcot.

Seberapa umumkah sendi charcot?

Sendi charcot adalah komplikasi yang langka terjadi, tetapi serius. Komplikasi ini terjadi pada seseorang yang memiliki neuropati perifer, yaitu kondisi saraf pada kaki telah rusak, yang menyebabkan hilangnya sensasi di kaki.

Tanda & gejala sendi charcot

Apa saja tanda-tanda dan gejala sendi charcot?

Sindrom ini berkembang dalam tiga tahap sesuai dengan kemunculan gejalanya. Berikut adalah tahapan serta gejalanya yang muncul pada penderita sendi charcot:

  • Tahap pertama (akut atau fragmentasi)

Pada tahap ini, gejala yang muncul umumnya berupa rasa nyeri, kemerahan, sensasi hangat, serta pembengkakan di kaki atau sendi yang terkena. Fragmentasi tulang dan dislokasi pun dapat terjadi beberapa minggu setelah gejala awal muncul.

  • Tahap kedua (subakut atau koalesensi)

Pada tahap ini, ada tanda-tanda penyembuhan tulang yang terlihat. Biasanya, pada tahap ini, kemerahan, pembengkakan, dan sensasi hangat di area yang terkena mulai mengalami penurunan.

  • Tahap ketiga (kronis, rekonstruksi, atau konsolidasi)

Pada tahap ketiga ini, kemerahan, pembengkakan, dan sensasi hangat mulai teratasi. Meski demikian, perubahan bentuk tulang sering terjadi dan tidak bisa kembali seperti semula.

Selain gejala-gejala di atas, sendi charcot pun sering menimbulkan tanda-tanda lainnya, seperti mati rasa dan kesemutan atau hilangnya sensasi pada persendian yang terkena.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak ada pada penjelasan sebelumnya. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan harus periksa ke dokter?

Bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, seperti pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada sendi, terutama pada kaki, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Bila terdeteksi lebih awal, perkembangan penyakit ini bisa melambat. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Penyebab sendi charcot

Apa penyebab sendi charcot?

Para ahli belum menemukan satu penyebab tunggal dari kondisi ini. Meski demikian, mereka meyakini ini terjadi karena cedera atau trauma, seperti keseleo, yang tidak diketahui atau tidak terasa pada penderita neuropati perifer.

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, sendi charcot merupakan kondisi yang berkembang sebagai komplikasi dari neuropati perifer. Adapun neuropati perifer dapat menurunkan sensasi dan kemampuan untuk merasakan suhu, nyeri, atau trauma.

Pada kondisi ini, penderita neuropati perifer mungkin tidak menyadari jika dirinya pernah mengalami cedera hingga terjadilah kaki charcot. Mereka pun mungkin akan terus melakukan aktivitas dan berjalan yang menyebabkan kondisinya semakin parah.

Faktor risiko sendi charcot

Apa yang meningkatkan risiko seseorang terkena kondisi ini?

Memiliki riwayat penyakit atau kondisi tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena sendi charcot, seperti:

Jika Anda memiliki satu faktor risiko tersebut, bukan berarti Anda akan pasti mengalami penyakit ini. Tanda-tanda ini hanya untuk referensi saja. Anda harus konsultasi ke dokter spesialis untuk lebih jelasnya.

Diagnosis & pengobatan sendi charcot

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana dokter mendiagnosis sendi charcot?

Dokter mendiagnosis sendi charcot dengan melakukan pemeriksaan fisik dan rontgen. Pada tahap awal, hasil rontgen dapat menunjukkan pembengkakan jaringan lunak tanpa adanya perubahan tulang. Namun, beberapa minggu atau bulan setelahnya, rontgen bisa menunjukkan adanya perubahan pada tulang dan sendi.

Selain itu, dokter mungkin dapat meminta Anda untuk melakukan tes pencitraan lainnya atau jenis pemeriksaan lain untuk mengetahui secara pasti penyebab dari kondisi Anda. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Apa saja pilihan pengobatan untuk sendi charcot?

Diagnosis dan pengobatan dini kondisi ini dapat membantu mencegah perubahan bentuk tulang dan komplikasi lainnya. Adapun pengobatan yang biasa dokter berikan untuk mengobati kondisi ini adalah:

  • Perangkat imobilisasi

Pada tahap awal, tulang penderita charcot sangat rapuh sehingga perlu Anda lindungi dengan perangkat imobilisasi, seperti gips untuk tulang. Penggunaan alat ini untuk menjaga kaki agar tidak banyak bergerak selama tulang dalam proses penyembuhan.

Selain itu, penahan beban, seperti sepatu boot khusus, juga bisa Anda tambahkan untuk mengurangi beban pada kaki. Adapun hal ini dapat membantu mencegah peradangan dan deformitas pada sendi. Kemudian, Anda pun mungkin perlu menggunakan kruk, kursi roda, atau alat bantu jalan lainnya yang juga dapat mengurangi beban pada kaki.

  • Sepatu khusus atau alat orthotic brace

Sepatu dengan sisipan khusus mungkin akan dokter berikan bila tulang sudah sembuh. Alat ini dapat membantu pasien untuk bisa kembali menjalankan aktivitas sehari-hari serta mencegah kambuhnya gejala, perkembangan luka, serta kemungkinan amputasi.

  • Operasi

Prosedur operasi atau pembedahan umumnya akan dokter rekomendasikan bila Anda memiliki kondisi yang parah. Ini bisa berupa kelainan bentuk kaki dan pergelangan kaki yang parah dan tidak stabil serta berisiko tinggi mengalami luka pada kaki.

Adapun bentuk operasinya bisa beragam. Pada tahap awal, operasi pemasangan alat fiksasi pada tulan. Sementara pada tahap lanjutan, Anda mungkin perlu mendapat operasi osteotomi dan fusi untuk memperbaiki bentuk tulang atau ostektomi untuk mengangkat tulang menonjol yang bisa menyebabkan luka.

Pengobatan sendi charcot di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat membantu mengatasi kondisi ini?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi sendi charcot:

  • Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk memantau perkembangan gejala dan status kesehatan.
  • Jaga kadar gula darah tetap terkendali untuk mengurangi perkembangan kerusakan saraf.
  • Tidak melakukan aktivitas berat dan menghindari cedera.
  • Selalu ikuti saran dokter untuk mencegah kekambuhan hingga amputasi.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Charcot Arthropathy (Neuroarthropathy) | FootCareMD. Footcaremd.org. (2021). Retrieved 30 June 2021, from https://www.footcaremd.org/conditions-treatments/the-diabetic-foot/charcot-arthropathy.

Charcot Foot – Foot Health Facts. Foothealthfacts.org. (2021). Retrieved 30 June 2021, from https://www.foothealthfacts.org/conditions/charcot-foot.

Bone and joint problems associated with diabetes. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 30 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/diabetes/art-20049314.

Charcot Foot; Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment & Management. Cleveland Clinic. (2021). Retrieved 30 June 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15836-charcot-foot#management-and-treatment.

Bhattacharya, B. (2021). Charcot joint | Radiology Reference Article | Radiopaedia.org. Radiopaedia.org. Retrieved 30 June 2021, from https://radiopaedia.org/articles/charcot-joint.

Illgner, U., van Netten, J., Driste, C., Meiner, T., Postema, K., & Wetz, H.H. (2014). Diabetic Charcot Neuroarthropathy of the Hand: Clinical Course, Diagnosis, and Treatment Options. Diabetes Care. 37(5):e91-e92. https://doi.org/10.2337/dc13-2903.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 23/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri