Kapan Waktu Tepat Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi sebagian orang, memulai hubungan baru setelah bercerai terbilang sulit. Banyaknya pertimbangan seperti anak, masih ada perasaan dengan mantan pasangan, atau berbagai hal lain yang mengganjal di hati seperti trauma akan kegagalan terdahulu menjadi penghalang Anda memulai kehidupan baru . Tapi, bagaimana cara mengetahui bawah diri ini siap untuk memulai hubungan baru lagi?

Waktu tepat memulai hubungan baru setelah bercerai

Sangat penting untuk memahami bahwa proses mencari hubungan baru setelah perceraian berbeda untuk semua orang. Beberapa orang mungkin siap-siap saja untuk langsung berkencan. Tapi untuk sebagian lainnya? Belum tentu, ada pula yang butuh bertahun-tahun untuk bisa meyakinkan dirinya kalau mereka sudah bisa memulai hubungan lagi.

Hal paling penting yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah emosi Anda sendiri. Tanyakan juga pada diri Anda mengapa Anda ingin mulai berkencan lagi. Jika tujuan memulai hubungan baru hanya untuk mengobati sakit hati setelah bercerai, ada baiknya untuk menetralkan itu semua terlebih dahulu.

Bagaimana caranya saya tahu kalau siap untuk menjalin hubungan lagi?

1. Pikirkan apa yang Anda inginkan untuk saat ini dan ke depannya

Ketahuilah apa yang Anda inginkan untuk melanjutkan hidup yang baru ini. Contoh, mungkin di hubungan yang berikutnya Anda ingin mendapatkan karakteristik yang baru dari pasangan nanti.

Atau Anda mungkin ingin menemukan seseorang dengan beberapa karakteristik yang sama dengan diri Anda. Baiknya buat daftar tentang hal yang apa inginkan, dan pastikan untuk membuat prosesnya menyenangkan. Jika Anda sudah bisa menentukannya, barulah Anda boleh yakin kalau diri Anda sudah siap untuk merajut kasih yang baru. 

2. Pastikan kalau perasaan Anda sudah netral pada mantan pasangan

Penting untuk memastikan perasaan yang Anda punya, khususnya perasaan mengenai mantan pasangan Anda. Mungkin saja, Anda masih memiliki beberapa perasaan cinta dan perhatian pada mantan pasangan

Jika Anda masih memikirkan apa yang mantan istri atau suami Anda lakukan maupun dengan siapa saja dia akan berkencan, itu artinya Anda masih dalam kondisi yang tidak bagus dalam memulai hubungan baru yang sehat. Lebih baik jangan terlalu memaksakan diri lagi membuktikan sesuatu pada mantan. Percaya saja bahwa hal ini tidak akan berakhir dengan lebih baik.

3. Anda sudah mulai menjalani rutinitas seperti biasa

Pada saat menjalani proses perceraian, pastinya rutinitas harian Anda sedikit banyak terganggu. Hal ini bisa menjadi salah satu yang bisa memastikan, apakah Anda sudah siap atau belum memulai hubungan baru setelah bercerai.

Rasakan apa yang ada di dalam diri, apa Anda sudah merasa nyaman kembali dengan kerjaan sehari-hari, apa Anda sudah merasa produktif kembali seperti sedia kala. Jika semua itu telah Anda rasakan, sepertnya Anda sudah move on dan siap menyambut hidup yang baru.

4. Minta diperkenalkan oleh teman

Jika 3 tanda perasaan di atas sudah Anda dapatkan, sekarang waktunya Anda mencari. Tidak usah terburu-buru. Salah satu cara terbaik untuk bertemu dengan pasangan baru adalah melalui sebuah rekomendasi. Hal yang harus Anda lakukan adalah membiarkan teman atau orang lain tahu kalau Anda sudah dalam status lajang kembali.

Mintalah teman Anda untuk mengenalkan Anda di pesta atau pertemuan sosial. Anda juga bisa mengikuti berbagai kegiatan sosial yang memungkinkan Anda bertemu dengan orang banyak. Semakin Anda bergaul dan punya lingkup sosial yang luas, niscaya semakin mudah juga untuk Anda memulai hubungan baru setelah bercerai.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Ada Orang yang Punya Ingatan Fotografis?

Pernah dengar orang yang punya ingatan fotografis (photographic memory), alias daya ingat yang kuat dan akurat? Apakah ini mungkin?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Bisakah Wanita Orgasme Hanya dengan Merangsang Payudara?

Sudah tahu caranya bikin wanita orgasme dengan stimulasi klitoris? Apakah orgasme pada wanita juga bisa dipicu dengan merangsang payudara?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Daftar Makanan Penambah Darah untuk Orang Anemia (Plus Pantangannya)

Anemia umumnya bisa diatasi dengan mudah. Anda bisa mengonsumsi makanan penambah darah ataupun menjauhi pantangan untuk anemia. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Usia Berapa Gigi Lansia Akan Mulai Ompong?

Orang tua lebih rentan mengalami gigi ompong. Lantas, pada usia berapa gigi lansia akan mulai ompong dan bagaimana cara mencegah kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Oral, Gigi dan Mulut 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyebab mata berair

9 Penyebab Mata Anda Terus Berair dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit
ventilasi

Pentingnya Ventilasi Udara yang Baik di Dalam Rumah untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
manfaat crystal x mengencangkan vagina

Crystal X, Tongkat Ajaib Pengencang Vagina yang Justru Bahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit