Kesehatan Lansia

Seiring dengan bertambahnya usia, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Tak perlu cemas, menjadi lebih tua bukan berarti tak sehat. Ketahui tips dan trik supaya menjadi lansia yang bugar dan sehat di bawah ini.

FAQ

Apa itu masa tua yang sehat?

Icon Chevron

Masa tua yang sehat merujuk pada kemampuan Anda untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, hidup mandiri, dan menjaga kualitas hidup seiring bertambahnya usia. Masa tua yang sehat tidak serta-merta berarti Anda bebas dari semua penyakit atau keterbatasan. Banyak orang lanjut usia (lansia) akhirnya mengalami kondisi medis tertentu seiring waktu. Namun, bila kondisi medis ini dapat dikelola dengan baik, dampaknya akan lebih kecil terhadap kualitas hidup mereka.

Bagaimana cara mempersiapkan masa tua yang sehat?

Icon Chevron

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan masa tua yang sehat yakni: ikut serta dalam olahraga dan aktivitas fisik; makan lebih sehat dengan memilih makanan padat gizi seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan; tidur cukup dan nyenyak; menghindari rokok dan konsumsi alkohol; mengunjungi dokter secara rutin; serta bersosialisasi dan tetap berhubungan dengan teman.

Apa itu geriatri dalam kedokteran?

Icon Chevron

Geriatri adalah spesialisasi dalam kedokteran yang berfokus pada perawatan kesehatan lansia, mencegah, mengelola, dan mengobati berbagai kondisi dan penyakit yang berkaitan dengan usia mereka. Dokter geriatri mengkhususkan diri dalam menangani pasien lanjut usia sebagai penyedia perawatan utama mereka, juga bekerja dengan penyedia kesehatan lainnya untuk menangani beberapa masalah kesehatan sekaligus atau kondisi medis yang kompleks.

Apakah Anda harus mengunjungi dokter spesialis geriatri?

Icon Chevron

Anda tidak harus menunggu hingga usia tertentu atau memiliki kondisi medis serius untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis geriatri. Dokter geriatri dapat membantu Anda menjaga kesehatan secara keseluruhan, mendeteksi masalah kesehatan sebelum muncul, dan membantu Anda mengelola pengobatan dan mencegah reaksi yang merugikan atau efek samping.

Apa saja penyakit yang paling umum dialami lansia?

Icon Chevron

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kondisi medis atau penyakit yang paling umum terjadi pada lansia meliputi: kehilangan pendengaran, katarak dan kelainan refraksi, nyeri punggung dan leher serta pengapuran sendi, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), diabetes, depresi, serta demensia.

Temukan lebih banyak topik Kesehatan Lansia