home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Kosmetik yang Paling Direkomendasikan untuk Usia 50 Tahun Ke Atas

5 Kosmetik yang Paling Direkomendasikan untuk Usia 50 Tahun Ke Atas

Banyak pakar kesehatan kulit dan ahli kecantikan sepakat merekomendasikan mulai pakai produk antiaging pada usia 20-30an. Saran penggunaan produk ini sedini mungkin untuk mencegah kemunculan keriput, garis halus, flek hitam, dan masalah kulit lain. Lantas, bagaimana jika baru mulai pakai produk kosmetik antiaging pada usia 50 tahun ke atas? Apakah efeknya akan sama, alias keriput dan garis halus yang sudah terlanjur ada bakal menghilang? Cari tahu faktanya di sini.

Pakai kosmetik antiaging untuk wajah pada usia 50 tahun ke atas, bermanfaatkah?

paraben dalam kosmetik berbahayakah?

Semakin bertambah usia, garis dan kerutan halus di wajah akan menjadi lebih terlihat jelas. Ini karena kulit Anda cenderung lebih kering, lebih tipis, dan lebih sensitif. Kulit mungkin juga terlihat longgar karena mulai kehilangan kolagen dan elastin.

Kolagen adalah protein yang bertugas untuk membangun kulit serta menjaga kekenyalannya. Sementara elastin adalah protein yang menjaga kulit tetap kencang.

Selain usia yang menua, paparan sinar matahari langsung pada kulit selama bertahun-tahun juga akan menampakkan wujudnya dalam bentuk flek-flek hitam sehingga warna kulit terlihat menjadi tidak merata. Nah, apakah semua ini bisa “teratasi” dengan memakai produk kosmetik antiaging untuk wajah di usia 50 tahun ke atas?

Sampai saat ini memang belum ada penelitian yang bisa membuktikan pakai skincare antiaging di usia senja bisa membatalkan efek penuaan yang sudah terlanjur terjadi. Dengan kata lain, menggunakan produk antiaging pada usia 50 tahun ke atas tidak akan serta-merta membuat kulit Anda kembali ke kondisi prima sebagaimana usia remaja.

Namun, sebetulnya tidak ada kata terlambat untuk mulai memakai produk perawatan kulit atau skincare di usia 50 tahun ke atas. Anda hanya perlu mengubah tujuan awalnya; sudah bukan lagi untuk mencegah penuaan, tapi untuk merawat dan menyediakan nutrisi bagi kulit tua Anda.

Artinya, kemunculan keriput dan garis halus mungkin akan tetap berlangsung di usia ini, namun kondisi kulit Anda secara keseluruhan masih bisa dijaga agar tampak lebih sehat.

Rekomendasi kosmetik untuk usia 50 tahun ke atas

produk skincare

Pada usia 50-an, wajah mungkin sudah memiliki banyak keriput, kerutan, dan garis-garis halus. Meski demikian, bukan berarti kulit yang sudah tua tidak perlu lagi Anda rawat.

Dilansir dari Nortwestern Medicine, berikut adalah produk kosmetik untuk wajah yang perlu Anda pakai pada usia 50 tahun ke atas.

1. Sabun pembersih wajah

Seperti skincare pada kelompok usia lainnya, Anda yang berusia 50 tahun ke atas juga perlu pembersih wajah. Produk ini bisa membantu membersihkan debu, minyak, dan kotoran lainnya yang menempel pada wajah Anda. Pilih produk pembersih wajah yang bebas alkohol, pewangi, dan pewarna karena ini lebih aman untuk kulit Anda.

2. Pelembap sebagai bagian kosmetik untuk usia 50 tahun ke atas

Banyak orang tua yang memiliki “zona” kulit kering kasar bersisik hanya pada area tubuh tertentu, seringnya pada hidung, pipi, atau dagu. Nah, untuk mengatasi dan mencegahnya kembali lagi, Anda perlu rajin pakai pelembap.

Memakai pelembap adalah langkah perawatan kulit yang paling mendasar dan harus dilakukan oleh siapa pun di usia berapa pun. Oleh karena itu, produk kosmetik ini wajib untuk Anda miliki dan gunakan pada usia 50 tahun ke atas.

Fungsi dari produk ini adalah menjaga kulit Anda tetap lembap, lembut, dan tidak kering. Pasalnya, membiarkan kulit kering akan memperjelas penampakan kerut dan garis halus pada wajah.

Untuk kulit yang menua, pilihlah krim pelembap yang berbahan dasar minyak alami seperti minyak jojoba atau minyak biji jarak (castor seed oil), sekaligus juga mengandung agen pengental seperti gliserin dan asam hialuronat yang dapat menarik air kembali ke kulit Anda.

Pastikan juga pelembap anda mengandung vitamin C untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan akibat sinar radiasi matahari, serta mengandung Alpha Hidroxy Acid (AHA). Kandungan AHA berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih halus dan sehat, sehingga akan lebih optimal menyerap produk skincare selanjutnya.

3. Tabir surya (sunscreen)

Produk kosmetik selanjutnya untuk wajah pada usia 50 tahun ke atas adalah tabir surya. Penggunaan tabir surya setiap hari dapat membantu melindungi kulit dari terpaan radiasi sinar matahari.

Perlu Anda ketahui bahwa sinar matahari menjadi penyebab munculnya kerutan, warna kulit tidak merata, dan kulit kehilangan kekencangannya. Penggunaan sunscreen ke kulit, bisa Anda gambarkan sebagai payung yang melindungi kulit. Dengan begitu, kulit tetap terjaga dan terawat meski sudah masuk usia lanjut.

4. Krim malam mengandung retinoid

Selain pemakaian pelembap biasa untuk pada pagi dan siang hari, skincare antiaging usia 50 tahun ke atas juga perlu menambahkan krim malam (night cream) setiap kali mau tidur.

Pilih cream yang mengandung retinoid. Retinoid adalah bahan turunan dari vitamin A yang bekerja meningkatkan produksi kolagen agar kulit tampak lebih muda. Retinoid juga dapat menyamarkan efek penuaan pada wajah yang berupa keriput, garis-garis halus, serta flek cokelat kehitaman.

5. Exfoliator

Kulit yang tampak kusam serta rona warna dan tekstur kulit yang tidak rata adalah sekian dari beberapa keluhan terkait efek penuaan pada usia 50 tahun-an.

Untuk menjaga dan merawat kulit di usia 50 tahun ke atas, mulailah gunakan produk kosmetik eksfoliator yang mengandung AHA. AHA adalah zat asam yang berfungsi membantu mengelupaskan lapisan kulit mati dan merangsang pergantian kulit baru yang lebih sehat, sehingga tampilan dan warna kulit Anda akan lebih terlihat merata. Kulit juga akan tampak lebih halus karena keriput dan garis halus lebih tersamarkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Wrinkle creams: Your guide to younger looking skin. (2019, November 20). Retrieved March 25, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/in-depth/wrinkle-creams/art-20047463.

Northwestern Medicine. Do you really need a skin care routine? Retrieved March 25, 2021, from https://www.nm.org/healthbeat/healthy-tips/do-you-really-need-a-skin-care-routine.

Tang, S. C., & Yang, J. H. (2018). Dual Effects of Alpha-Hydroxy Acids on the SkinMolecules (Basel, Switzerland)23(4), 863. https://doi.org/10.3390/molecules23040863.

Skin care and aging. National Institite of Aging. Retrieved March 25, 2021, from https://www.nia.nih.gov/health/skin-care-and-aging.

Skin care in your 40s and 50s. Retrieved March 25, 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/skin-care-in-your-40s-and-50s.

Moisturizers: Options for softer skin. (2019, October 18). Retrieved March 25, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/in-depth/moisturizers/art-20044232.

How to select anti-aging skin care products. Retrieved March 25, 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/selecting-anti-aging-products.

Why does skin wrinkle with age? What is the best way to slow or prevent this process? (2005, September 26). Retrieved March 25, 2021, from https://www.scientificamerican.com/article/why-does-skin-wrinkle-wit/.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 10/04/2021
x