home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Penyebab Lansia Susah Makan dan Bahaya yang Mungkin Terjadi

Berbagai Penyebab Lansia Susah Makan dan Bahaya yang Mungkin Terjadi

Seiring bertambahnya usia, maka masalah kesehatan lansia akan semakin banyak, termasuk masalah susah makan. Memang orang yang telah memasuki usia senja memang, cenderung kehilangan nafsu untuk makan. Namun, ini bukan bagian dari proses penuaan, sehingga Anda tidak boleh menganggap remeh. Pasalnya, susah makan pada lansia dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Lalu, apa saja penyebab susah makan pada lansia? Nah, baca penjelasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Berbagai penyebab susah makan yang sering dialami lansia

Salah satu kelompok usia yang rentan mengalami malnutrisi adalah kelompok lanjut usia. Hal ini terjadi karena gangguan makan yang sangat sering terjadi. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab lansia susah makan, seperti berikut ini:

1. Gangguan kesehatan gigi

Jangan sepelekan masalah kesehatan gigi dan mulut lansia. Pasalnya, tak jarang lansia malas membersihkan area mulut, sehingga kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga. Padahal, hal ini secara tidak langsung dapat memengaruhi fungsi mulut dan lidah, termasuk untuk makan.

Saat mulut penuh bakteri, rasa makanan yang masuk ke dalam mulut menjadi tidak enak. Pada akhirnya, hal ini yang memengaruhi rasa makanan secara keseluruhan dan menjadi penyebab lansia susah makan. Selain itu, bakteri pada mulut membuat lansia susah menelan, mengecap, serta mengunyah makanan.

Pastikan untuk membersihkan area mulut dan gigi setiap hari. Tak hanya itu, lansia juga tetap perlu memeriksakan kondisi kesehatan gigi setiap enam bulan sekali demi menjaga kebersihannya. Jika memang memiliki gangguan kesehatan gigi dan mulut, buatlah makanan dalam bentuk yang lebih lunak agar lansia lebih mudah mengunyahnya.

Memilih Jenis Makanan dan Menu yang Sehat untuk Lansia

2. Penurunan kemampuan indera pengecap

Setiap manusia normal memiliki lidah sebagai indera pengecap. Lidah akan mengirim rasa makanan ke otak, kemudian otak akan memberi tahu Anda apa rasa dari makanan yang terasa pada lidah. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, seseorang akan mengalami penurunan kemampuan mengecap.

Hal ini menyebabkan kemampuan lansia dalam mengecap makanan sudah tidak sebaik dahulu lagi. Nah, salah satu penyebab lansia susah makan adalah lidah yang tak lagi peka dengan berbagai rasa-rasa dari makanan. Pasalnya, makanan yang masuk ke dalam mulut akan terasa hambar, kurang bumbu, atau bahkan tidak ada rasa sama sekali.

Jika memang tidak dapat meningkatkan kembali kemampuan mengecap makanan, sebaiknya perawat lansia memberikan makanan yang memiliki warna serta dekorasi yang menarik. Dengan begitu, lansia akan lebih tertarik untuk mengonsumsinya.

Sementara itu, untuk mengakali kepekaan lidah terhadap makanan yang semakin menurun, Anda bisa menambahkan lebih banyak rempah-rempah ke dalam makanan. Hal ini membantu makanan memiliki rasa yang lebih kuat.

3. Tidak nafsu makan

Penyebab lain dari lansia yang susah makan adalah hilangnya nafsu makan. Hal ini bisa terjadi jika makanan yang tersedia tidak sesuai dengan selera. Tentu saja, ini adalah hal yang perlu menjadi perhatian orang-orang di sekitarnya. Pastikan untuk mengetahui jenis makanan yang sesuai dengan selera lansia agar ia lebih tertarik makan.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memastikan apakah lansia bisa mengonsumsi makanan yang tersedia dengan baik. Pasalnya, lansia mungkin sudah tidak lagi bisa mengonsumsi makanan yang terlalu keras atau terlalu pedas. Hal ini juga bisa membuatnya kehilangan nafsu makan.

Selain dari segi makanan, lansia mungkin merasa tidak nafsu untuk makan karena harus makan sendirian. Oleh karena itu, sisihkan waktu untuk bisa menemaninya makan bersama. Biasanya, jika ada teman untuk makan dengan lingkungan dan suasana rumah yang nyaman, lansia lebih termotivasi untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

4. Berbagai masalah kesehatan lain

Ternyata, berbagai masalah kesehatan lain yang terjadi pada lansia juga bisa menjadi penyebab susah makan. Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang berpotensi menjadi penyebabnya:

  • Infeksi mulut dan tenggorokan.
  • Penyakit liver kronis.
  • Depresi.
  • Gagal ginjal.
  • Beberapa jenis kanker.
  • Sakit kronis.
  • Penyakit Alzheimer dan demensia.

Masalah kesehatan yang mungkin terjadi jika lansia susah makan

Jika kondisi lansia yang susah makan tak segera diatasi, hal tersebut mungkin menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi:

1. Malnutrisi

Salah satu penyebab malnutrisi pada lansia adalah susah makan. Tentu hal ini akan membuata semakin sulit memenuhi kebutuhan nutrisi lansia. Padahal, lansia membutuhkan berbagai nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatannya.

Terlebih lagi, malnutrisi yang berkepanjangan dapat menyebabkan daya tahan tubuh lansia melemah, massa tulang berkurang, otot melemah, hingga risiko kematian yang semakin tinggi. Maka itu, sebelum mengalami malnutrisi, segera cari tahu bagaimana mengatasi lansia yang susah makan.

2. Turun berat badan secara drastis

Masalah lain yang mungkin terjadi sebagai akibat dari lansia yang susah makan adalah turunnya berat badan. Padahal, mempertahankan berat badan ideal lansia juga penting. Artinya, upayakan agar lansia tidak memiliki berat badan berlebih atau berkurang, melainkan berat badan normal. Mengapa?

Jika obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius seperti diabetes atau penyakit jantung, kekurangan berat badan pada lansia dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tulang rentan patah. Oleh karena itu, atasi penyebab susah makan pada lansia dan pastikan untuk membantu lansia memiliki berat badan ideal.

3. Sembelit

Salah satu masalah kesehatan yang juga bisa terjadi pada lansia saat kekurangan nutrisi akibat susah makan adalah sembelit. Menurut sebuah penelitian pada American Family Physician, hal ini bisa terjadi saat lansia kekurangan asupan air dan serat.

Jika sembelit pada lansia tak kunjung teratasi, kondisi tersebut bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih serius. Sebagai contoh, wasir, atau bahkan kanker usus. Itu sebabnya, penting untuk membantu lansia memenuhi kebutuhan nutrisi dengan membantunya mengatasi susah makan dan menerapkan pola makan sehat untuk lansia.

4. Osteoporosis

Kekurangan nutrisi akibat susah makan pada lansia ternyata juga bisa menjadi penyebab osteoporosis. Ini adalah gangguan muskuloskeletal yang mungkin terjadi saat tubuh lansia kekurangan asupan kalsium dan vitamin D. Sementara itu, kedua nutrisi tersebut bisa lansia dapatkan dari makanan.

Jika tak segera diatasi, osteporosis bisa menyebabkan patah tulang yang tentu saja membahayakan bagi lansia. Oleh sebab itu, bantu lansia mengatasi masalah susah makan agar lansia hidup sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai penyakit.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
The Importance of Maintaining a Healthy Weight in Seniors. Retrieved 18 March 2021, from https://www.presbyterianseniorliving.org/blog/healthy-weight-seniors
Keeping your weight up in later life. Retrieved 18 March 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/keeping-your-weight-up-in-later-life/
Dealing with Loss of Appetite in Seniors. Retrieved 18 March 2021, from https://www.athomehealth.org/blog/2016/may/dealing-with-loss-of-appetite-in-seniors/
Is Loss Appetite in Seniors Normal? Retrieved 18 March 2021, from https://www.westernhomecommunities.org/blog/loss-appetite-seniors-normal
Senior health: How to prevent and detect malnutrition. Retrieved 18 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/caregivers/in-depth/senior-health/art-20044699
Mounsey, A., Raleigh, M., & Wilson, A. (2015). Management of Constipation in Older AdultsAmerican family physician92(6), 500–504.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Annisa Hapsari pada 24/03/2021
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x