Berapa Lama Perut Bisa Kembali Mengecil Setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Banyak perubahan yang terjadi selama kehamilan, termasuk yang terjadi pada tubuh. Hal ini membuat beberapa ibu mungkin takut bentuk tubuhnya akan berubah setelah hamil. Namun, dengan sedikit usaha (olahraga dan mengatur asupan makan), tidak mustahil para ibu bisa mendapatkan bentuk tubuhnya kembali. Jangan khawatir, perut setelah melahirkan akan segera kembali mengecil lagi. Tapi, kapan?

Kapan perut setelah melahirkan mulai mengecil lagi?

Selama sembilan bulan, perut Anda terus membesar saat hamil. Ini membuat otot perut Anda meregang. Jadi, wajar saja jika tubuh Anda membutuhkan waktu untuk mengembalikan bentuknya seperti saat sebelum hamil.

Tapi, jangan terlalu dipikirkan, karena perut Anda akan mengecil segera setelah melahirkan. Bayi, plasenta, dan cairan ketuban yang keluar saat melahirkan, membuat perut Anda tidak sebesar seperti saat Anda hamil. Anda akan kehilangan sekitar 5 kg berat badan setelah Anda melahirkan.

Walaupun sudah kehilangan beberapa berat badan setelah melahirkan, tapi perut Anda mungkin tetap terlihat seperti saat hamil beberapa bulan. Ini normal terjadi dan hanya butuh waktu beberapa minggu untuk membuatnya lebih kecil.

Dibutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu bagi rahim untuk menyusut kembali. Namun, diperlukan waktu beberapa bulan bagi kulit untuk mengembalikan keelastisitasannya. Waktu yang dibutuhkan untuk perut sampai kembali ke ukuran seperti sebelum hamil mungkin akan berbeda-beda tiap ibu. Ini tergantung dari banyak faktor, seperti:

Beberapa hal bisa dilakukan untuk mempercepat perut mengempis

Beberapa hal bisa Anda lakukan untuk membuat ukuran perut Anda kembali mengecil seperti sebelum hamil. Di antaranya, yaitu:

Menyusui

Menyusui membuat tubuh membakar kalori lebih banyak, sekitar 500 kalori per hari. Hal ini tentu membantu Anda dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan. Sehingga, perut Anda pun akan lebih cepat mengecil. Tak hanya itu, saat menyusui tubuh juga melepaskan hormon yang memicu kontraksi rahim. Hal ini membuat rahim lebih cepat menyusut, sehingga perut setelah melahirkan bisa mengecil lebih cepat.

Hal ini juga harus didukung dengan asupan makanan yang cukup. Jika Anda makan lebih banyak dari kebutuhan Anda, tentu hal ini justru dapat membuat penurunan berat badan berjalan lebih sulit.

Atur pola makan

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), kebiasaan makan sehat yang sudah dimulai selama kehamilan dapat membuat Anda lebih cepat mendekati berat badan normal beberapa bulan setelah melahirkan.

Walau Anda ingin mendapatkan bentuk tubuh Anda seperti semula, tapi Anda tidak disarankan untuk membatasi asupan makan Anda. Anda hanya perlu mengatur pola makan Anda. Beberapa hal yang dapat membantu Anda mencapai berat badan normal setelah melahirkan adalah:

  • Jangan melewatkan waktu sarapan
  • Makan banyak sayur dan buah, setidaknya lima porsi per hari
  • Banyak makan makanan berserat, seperti gandum, oat, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Anda bisa mengganti sumber karbohidrat utama Anda dengan yang memiliki lebih banyak serat, seperti nasi merah, roti gandum, pasta gandum, atau kentang
  • Atur porsi makan Anda, jangan sampai berlebihan
  • Perhatikan jumlah dan jenis makanan ringan yang Anda makan

Olahraga

Untuk mengimbangi kalori yang masuk ke tubuh, Anda perlu melakukan olahraga. Olahraga bisa membantu membakar kalori lebih banyak dan juga membantu mengencangkan otot perut sehingga perut akan mengecil lebih cepat.

Mulailah olahraga dengan jenis olahraga ringan. Melakukan latihan dasar panggul atau kegel dapat membantu Anda mengencangkan otot perut. Berjalan santai di pagi hari sambil membawa bayi Anda jalan-jalan juga bisa Anda lakukan. Intinya, jaga agar tubuh Anda tetap aktif.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/05/2020 . Waktu baca 7 menit

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/05/2020 . Waktu baca 14 menit

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan foto Adele yang terlihat langsing di akun Instagramnya. Nyatanya, penyanyi terkenal ini menjalani sirtfood diet.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Berita Luar Negeri, Berita 12/05/2020 . Waktu baca 6 menit

Segudang Manfaat yang Ditawarkan Dari Bermain Golf yang Sayang Dilewatkan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup populer di segala usia. Manfaat dari bermain golf pun cukup banyak, apa saja ya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kebugaran, Hidup Sehat 17/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit
diet south beach

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . Waktu baca 5 menit
ayah ibu depresi postpartum

5 Peran Ayah dalam Membantu Ibu yang Mengalami Depresi Postpartum

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 6 menit