Waktu yang Tepat untuk Kembali Olahraga Setelah Operasi Caesar

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 12/06/2018
Bagikan sekarang

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran tubuh, bahkan jika Anda baru saja pulih dari menjalani operasi besar seperti kelahiran caesar. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk kembali olahraga setelah caesar? Berikut jawabannya.

Kapan bisa kembali olahraga setelah caesar?

Ibu yang melahirkan bayinya lewat operasi caesar butuh waktu lebih lama untuk pulih sepenuhnya daripada ibu yang melahirkan normal.

Lama proses pemulihan pascaoperasi caesar bagi setiap perempuan tentu berbeda. Namun umumnya, Anda butuh waktu sekitar 6-8 minggu untuk beristirahat di rumah dan menunggu sampai jahitan sembuh sebelum bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Mungkin butuh waktu lebih lama lagi jika ada komplikasi atau infeksi pada luka jahitan.

Jika setelah 6 minggu memulihkan diri Anda sudah merasa fit dan dokter sudah memberikan lampu hijau untuk Anda lanjut olahraga setelah caesar, maka sah-sah saja untuk melakukannya.

Meski begitu, tentu jenis olahraga yang boleh dilakukan setelah caesar tidak boleh yang terlalu berat dulu.

Mulai olahraga dengan pemanasan ringan

Anda bisa mulai kembali perlahan dengan senam Kegel untuk melatih otot dasar panggul atau latihan mengangkat kedua kaki lurus bergantian ke atas sembari berbaring. Jika Anda merasa kesakitan saat mengangkat kaki — khususnya di daerah sayatan — ini tandanya Anda terlalu cepat untuk mulai berolahraga. Anda dapat mengulangi tes angkat kaki tersebut setiap minggu sampai Anda merasa tidak sakit.

Alternatifnya, Anda bisa melakukan latihan memperbaiki postur tubuh saat berdiri sebanyak dan sesering mungkin. Mungkin akan muncul rasa nyeri, tapi ini wajar karena Anda sudah terbiasa membungkuk selama hamil dan adanya bekas jahitan.

Bila latihan memperbaiki postur tubuh sudah benar, barulah setelah empat bulan hingga enam bulan melahirkan Anda dapat memulai olahraga yang memperkuat otot perut. Caranya dengan membaringkan tubuh dan menekuk kedua kaki. Lalu angkat pantat Anda ke atas secara perlahan. Latihan-latihan yang sudah disebutkan akan menekan jahitan, tapi seharusnya tidak terlalu menyakitkan.

olahraga setelah caesar

Ingat: meski Anda sudah yakin benar badan Anda sudah kuat dan fit, tetap sangat penting untuk berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mulai olahraga lagi untuk menghindari risiko terbukanya bekas jahitan.

Jenis olahraga setelah caesar yang aman dilakukan

Jika Anda sudah mendapat lampu hijau dari dokter untuk melakukan jenis olahraga yang lebih intens daripada pemanasan-pemasan di atas, selamat!

Olahraga yang tergolong aman bagi ibu setelah melahirkan caesar adalah jalan santai atau jalan cepat, lari, berenang, dan yoga. Jenis olahraga tersebut menyehatkan tapi tidak menyebabkan tekanan pada luka bekas operasi. Namun bagi wanita yang mengalami prolaps panggul setelah melahirkan, sebaiknya hindari olahraga lari dan jenis-jenis latihan yang menekan perut atau mengharuskan Anda tengkurap seperti sit-up dan squat, karena bisa memberikan tekanan besar pada perut.

Anda bisa berolahraga dalam ruangan atau jika di luar ruangan, pilih tempat yang teduh. Jangan lupa untuk selalu bawa air minum supaya tubuh tetap terhidrasi dan luangkan waktu istirahat agar tidak kelelahan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Pernahkah Anda sakit perut setelah buka puasa? Bisa jadi ini karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Apa lagi sebab lainnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Bridge pose menjadi salah satu pose yoga yang memiliki banyak manfaat. Ragam manfaat tersebut mulai dari kesehatan fisik hingga menjaga kesehatan mental.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

tips olahraga

Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020
obat maag ibu hamil

Pilihan Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020
bayi terinfeksi COVID-19

Melahirkan di Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
makanan sahur untuk ibu hamil

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020