5 Kiat Alami Mengencangkan Kulit Kendur Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 06/03/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kulit kendur setelah melahirkan membuat para ibu baru jadi kurang percaya diri. Hal ini merupakan akibat dari kenaikan berat badan saat hamil, sehingga kulit yang semula kencang berubah jadi melonggar. Begitu melahirkan, kulit yang telanjur meregang jadi sulit dikembalikan ke bentuk semula. Lantas, adakah cara mengencangkan kulit kendur secara alami?

Cara alami mengencangkan kulit kendur setelah melahirkan

Setiap wanita yang baru saja melahirkan pasti mendambakan tubuh langsing dan kulit kembali kencang seperti saat sebelum hamil dulu. Tenang, hal ini bukan hanya sekadar mimpi, kok!

Ya, Anda bisa mendapatkan kembali kulit yang kencang dan bersinar setelah melahirkan. Sembari mengurus si kecil, lakukan beberapa cara alami berikut ini untuk mengencangkan kulit kendur setelah melahirkan.

1. Jaga pola makan

makanan sehat kunci kesehatan mental

Selain mempercepat proses pemulihan, mengatur pola makan yang baik setelah melahirkan juga bisa membantu mengencangkan kulit, lho! Supaya kulit Anda bisa kembali kencang dan kenyal, coba tambahkan berbagai sumber protein di dalam menu makanan Anda.

Makanan sumber protein seperti telur, daging, dan kacang-kacangan sangat baik untuk perkembangan otot-otot tubuh. Protein juga mengandung kolagen yang dapat membantu mengencangkan kulit yang mengendur, baik di lengan, paha, perut, wajah, dan bagian tubuh lainnya.

Menurut Angka Kecukupan Gizi milik Kemenkes RI, jumlah kebutuhan protein wanita usia 19-49 tahun sekitar 56-57 gram. Nah, karena saat ini Anda sedang menyusui, maka Anda wajib menambahkan 20 gram protein ke dalam makanan setiap hari.

2. Perbanyak minum air putih

Bukan cuma sekadar melepas dahaga, minum air putih yang cukup setiap hari juga bisa membuat kulit jadi lebih elastis. Semakin rutin Anda minum air putih, maka kondisi kulit akan semakin lembap dan pada akhirnya mengurangi kulit kendur secara bertahap.

Minum air putih juga dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dan mengurangi penumpukan air di perut. Alhasil, kulit longgar di perut perlahan-lahan akan mengencang dan membuat Anda tampak langsing seperti saat sebelum hamil.

3. Olahraga rutin

olahraga sambil menonton tv

Sudah mengatur pola makan dan minum air putih yang cukup? Jangan lupa seimbangkan dengan olahraga rutin, ya! Bukan cuma membantu menurunkan berat badan, olahraga setelah melahirkan juga dapat membantu mengencangkan kulit kendur di beberapa bagian tubuh.

Tak perlu repot-repot mencoba olahraga intensitas tinggi supaya lemak di kulit cepat berkurang. Anda bisa melakukan olahraga kardio yang ringan seperti jalan cepat, jogging, berenang, atau bersepeda, asalkan dilakukan secara konsisten.

Jika sudah terbiasa, tambahkan latihan kekuatan untuk membentuk dan mengencangkan otot. Mulai dari yang sederhana seperti sit-up dan push-up, atau boleh juga mengambil kelas yoga atau pilates. Gerakan-gerakan tersebut dapat mengencangkan otot-otot inti, pinggul, dan bokong dalam waktu yang lama.

Supaya lebih aman, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter mengenai waktu dan jenis olahraga yang tepat untuk Anda. Ini bertujuan untuk menghindari risiko cedera yang mungkin terjadi saat olahraga nanti.

4. Rajin menyusui

makan pedas saat menyusui

Siapa sangka bahwa menyusui si kecil juga bisa menjadi cara terampuh mengencangkan kulit kendur setelah melahirkan? Selain menjadi sumber nutrisi yang sehat untuk bayi, menyusui juga bermanfaat bagi kesehatan ibu.

Saat menyusui, kalori dalam tubuh Anda akan diubah menjadi air susu untuk si kecil. Semakin banyak dan sering Anda menyusui, maka lemak di dalam tubuh Anda akan semakin berkurang. Bahkan, para ahli mengungkapkan bahwa seorang ibu menyusui cenderung kehilangan berat badan lebih cepat daripada ibu yang tidak menyusui.

5. Pijat dengan minyak esensial

meredakan stres

Minyak esensial memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang dapat memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih kencang. Supaya hasilnya maksimal, coba gunakan minyak almond atau minyak kelapa yang ampuh menghilangkan stretch mark di perut.

Oleskan minyak esensial ke bagian perut, lengan, atau kaki, lalu pijat pelan-pelan. Rutin melakukan pijat setelah melahirkan membuat aliran darah di bawah kulit jadi lebih lancar, sehingga kulit jadi lebih kencang.

Dengan kata lain, kombinasi pijat dan minyak esensial dapat memaksimalkan usaha Anda untuk mengencangkan kulit kendur setelah melahirkan. Apalagi kalau dilakukan secara rutin, maka kulit Anda akan semakin sehat, kencang, dan bercahaya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sindrom Sheehan dan Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentangnya

Sindrom sheehan termasuk kondisi yang cukup langka. Maka itu, diperlukan pengetahuan yang lebih untuk menghindari komplikasi dari penyakit ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 02/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Afirmasi Positif Ibu Hamil dan Ibu Melahirkan Bagi Kesehatan Jiwanya

Afirmasi positif dapat melindungi ibu hamil dan melahirkan dari stres, baby blues, hingga depresi. Lantas, apa itu afirmasi positif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Melahirkan, Kehamilan 30/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Menghitung Hari Perkiraan Lahir untuk Kehamilan IVF (Bayi Tabung)

Setiap kehamilan pasti punya tanggal HPL. Apabila hamil lewat bayi tabung atau IVF, bagaimana cara menghitung hari perkiraan lahir yang benar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Melahirkan, Kehamilan 16/12/2019 . Waktu baca 4 menit

5 Kiat Ampuh Mengurangi Stres Menjelang Persalinan

Baik selama kehamilan maupun menjelang persalinan, ibu hamil rentan mengalami stres. Lantas, bagaimana cara mengurangi stres menjelang persalinan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Melahirkan, Kehamilan 24/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit
asi tidak keluar

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . Waktu baca 10 menit
ayah ibu depresi postpartum

5 Peran Ayah dalam Membantu Ibu yang Mengalami Depresi Postpartum

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 6 menit
bayi terinfeksi COVID-19

Melahirkan di Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020 . Waktu baca 5 menit