Amankah Pakai Heating Pad untuk Redakan Sakit Pinggang Saat Hamil?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Hampir sebagian besar ibu hamil mungkin pernah memiliki masalah sakit pinggang dan nyeri punggung. Terjadinya perubahan hormon hingga berat badan bertambah cukup drastis, biasanya menjadi beberapa faktor penyebab sakit pinggang saat hamil. Kalau sudah begini, banyak ibu hamil yang memilih pakai heating pad guna meredakan nyeri. Sebenarnya, aman atau tidak, ya?

Amankah, pakai heating pad untuk redakan sakit pinggang saat hamil?

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, Anda mungkin akan lebih sering merasakan sakit punggung dan pinggang akibat perut yang semakin membesar. Rasanya tentu sangat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebagai jalan pintas untuk redakan sakit pinggang saat hamil, tak jarang ibu memilih untuk pakai heating pad (bantalan kompres panas) yang diyakini bisa menghilangkan rasa sakit. Ini karena heating pad bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah sekaligus meningkatkan aliran darah. Akhirnya, mampu meredakan nyeri pada sendi dan otot yang sering dialami oleh ibu hamil.

Dilansir dari laman Medical News Today, pakai heating pad saat hamil sebenarnya sah-sah saja, kok. Dengan catatan, sebaiknya hindari suhu yang terlalu panas saat menggunakannya. Pilihlah pengaturan suhu rendah, karena Anda tetap harus mempertimbangkan kondisi bayi dalam perut.

Tak lupa, gunakan bantalan kompres panas hanya di bagian yang mengalami nyeri saja, misalnya pada pinggang, pinggul, atau punggung. Hindari menggunakannya tepat di perut Anda selama masa kehamilan.

Menariknya, sebuah penelitian di tahun 2013 yang dimuat dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, menemukan bahwa gabungan beberapa perawatan, seperti heating pad, latihan aerobik, serta perawatan chiropractic, dinilai bisa semakin mempercepat hilangnya rasa sakit pinggang saat hamil.

Sumber: International Pharmaceutical Agency

Adakah manfaat pakai heating pad saat hamil?

Dibandingkan harus minum obat pereda nyeri yang belum tentu aman bagi Anda dan bayi, pakai heating pad bisa jadi pilihan lain. Bukan tanpa alasan, sebab sensasi panas dari heating pad bisa membantu mempercepat redakan nyeri.

Tidak hanya itu, masih ada banyak manfaat heating pad yang baik bagi kehamilan, seperti:

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Mengantarkan pasokan oksigen serta nutrisi dalam darah
  • Melancarkan kerja otot yang kaku
  • Meredakan nyeri otot
  • Bertindak sebagai pereda nyeri sementara

Sebelum menggunakan bantalan pemanas, pastikan Anda tidak menggunakan alat ini di bagian tubuh yang sedang memiliki luka terbuka dan mati rasa. Anda juga tidak dianjurkan untuk memakai heating pad saat sedang demam.

Ikuti panduan menggunakan heating pad yang tepat

Kondisi saat hamil tentu berbeda dengan sebelum Anda hamil, maka usahakan ada batasan waktu penggunaan bantalan pemanas ini. Jangan terlalu lama, apalagi sampai terbawa tidur semalaman. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan khasiat dari heating pad selama kurun waktu 10-15 menit saja.

Di sisi lain, hindari menempelkan perangkat pemanas langsung pada kulit Anda. Coba untuk menggunakan perantara berupa handuk tipis yang dibungkus pada alat pemanas sebelum memakainya.

Yang penting untuk diingat, sebaiknya hentikan penggunaan heating pad saat hamil bila dirasa sakit dan membuat Anda tidak nyaman.

Jika ingin lebih aman lagi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda bila masih ada pertanyaan sebelum menggunakan heating pad saat hamil.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca